TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hari Ini, Presiden Jokowi Menerima Vaksin Booster Kedua

Jalani vaksinasi dosis booster kedua hari ini di Istana Bogor, Jokowi terima vaksin IndoVac

24 November 2022

Hari Ini, Presiden Jokowi Menerima Vaksin Booster Kedua
Youtube.com/Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Kamis (24/11/2022), telah menerima vaksin Covid-19 dosis booster kedua. Dengan demikian, Presiden Jokowi telah disuntik vaksin Covid-19 untuk keempat kalinya.

Kabar mengenai Presiden Jokowi menerima vaksin booster kedua dibenarkan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

"Iya, sesuai anjuran Menkes," ujar Bey kepada awak media seperti dikutip dari IDN Times.

Untuk mengetahui kabar Presiden Jokowi menerima vaksin booster kedua secara lebih dalam, kali ini Popmama.com merangkum informasinya.

1. Jokowi disuntik vaksin IndoVac

1. Jokowi disuntik vaksin IndoVac
Instagram.com/jokowi

Menurut kabar yang beredar, Jokowi telah menerima vaksin booster kedua di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. IndoVac digunakan sebagai vaksin yang disuntikkan ke Jokowi kali ini.

"Vaksin yang dipakai pada pagi hari ini, yaitu vaksin IndoVac, produk 100 persen dalam negeri," ujar Jokowi, Kamis (24/11/2022).

Sebagai informasi, Presiden Jokowi sudah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama pada tanggal 13 Januari 2021 lalu. Vaksin yang diterima Jokowi kala itu ialah Sinovac. Kemudian pada 27 Januari 2021, Jokowi menerima vaksin Covid-19 dosis kedua.

2. Jokowi ajak masyarakat untuk menerima vaksin Covid-19

2. Jokowi ajak masyarakat menerima vaksin Covid-19
Pexels/FRANK MERIÑO

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut mengajak masyarakat untuk menerima vaksin Covid-19. Ia pun menyoroti soal angka vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Dia menyebut pemerintah sudah menyuntikkan 205 juta dosis pertama dan 172 juta vaksin dosis kedua.

"Saya ajak seluruh masyarakat utamanya tenaga kesehatan, utamanya lansia dan juga orang-orang yang interaksinya tinggi antar masyarakat," ucapnya.

"Karena sampai hari ini, kita untuk dosis 1 telah menyuntikkan 205 juta dosis, kemudian dosis yang kedua 172 juta dosis, dan untuk vaksin booster untuk yang pertama telah disuntikkan 66 juta dosis, dan untuk booster yang kedua memang masih kecil sekali masih 730 ribu dosis vaksin," tambah Jokowi.

3. Kemenkes resmi berikan izin vaksinasi booster kedua untuk lansia

3. Kemenkes resmi berikan izin vaksinasi booster kedua lansia
Pexels/ FRANK MERIÑO

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) resmi mengizinkan pemberian vaksin Covid-19 dosis booster kedua, atau suntikan keempat, kepada kalangan lansia berusia di atas 60 tahun.

Kebijakan tersebut telah tercantum dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 bagi Kelompok Lanjut Usia.

"Kebijakan tersebut dilakukan untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap kelompok rentan, untuk mengurangi tingkat keparahan, bahkan kematian akibat Covid-19," kata Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), M Syahril, Rabu (23/11/2022).

Jadi, itulah rangkuman informasi yang telah disusun mengenai Presiden Jokowi menerima vaksin booster kedua hari ini. Mengenai perkembangan kabar vaksin booster kedua, kita tunggu saja informasi terbarunya, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk