IWF 2021: Cara Menulis Caption yang Menarik di Media Sosial

Yuk cari tahu bagaimana cara menulis caption yang bisa menarik perhatian pembaca!

30 Oktober 2021

IWF 2021 Cara Menulis Caption Menarik Media Sosial
Freepik/drobotdean

Di era digital saat ini, kita memang sulit terlepas dari yang namanya media sosial. Bagaimana tidak, media sosial telah menawarkan banyak sekali kemudahan bagi para penggunanya untuk mengakses informasi, berbagi cerita, bahkan banyak sekali orang yang mencari pendapatan lewat media sosial. 

Agar penggunaan media sosial lebih menyenangkan dan menguntungkan, biasanya orang akan melakukan berbagai cara untuk menarik perhatian pengguna internet agar mendapat banyak followers dan likes. Cara yang dilakukan bisa berupa membuat konten yang bermanfaat bagi banyak orang, memposting foto yang bagus, serta membuat caption yang menarik.

Salah satu yang mungkin menjadi permasalahan bagi banyak orang ketika mengunggah sebuah konten adalah bingung untuk menulis caption. Padahal, caption merupakan faktor penting dalam menentukan apakah konten yang dibuat memiliki daya tarik hingga bisa meningkatkan brand awareness bisnis atau personal branding di media sosial.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum informasi mengenai cara menulis caption yang menarik di media sosial. Langsung saja disimak yuk, Ma!

1. Rangkailah kata-kata yang bisa sampai ke hati pembaca

1. Rangkailah kata-kata bisa sampai ke hati pembaca
Dok. IWF

“Memang tidak semua harus diekspresikan dengan kata-kata, tetapi kata-kata merupakan salah satu bahasa cinta yang bisa menunjukan bahwa kita mencintai hidup, pekerjaan, pasangan, dan keluarga. Jadi, semua berawal dari kata-kata,” ujar Zarry Hendrik, penulis dan founder Kapitulis.id, saat menjadi pembicara di acara Indonesia Writers Festival 2021 by IDN Times (IWF 2021) pada Jumat (29/10). 

Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menulis caption adalah merangkai kata-kata yang menarik sehingga bisa sampai ke hati para pembaca. Cobalah untuk menggunakan kata-kata yang kuat sehingga bisa menarik perhatian ataupun menyentuh perasaan pembaca.

Editors' Picks

2. Pahami berbagai gaya bahasa

2. Pahami berbagai gaya bahasa
Freepik/tirachardz

Hal selanjutnya yang harus dipikirkan saat menulis caption adalah gaya bahasa. Banyak sekali gaya bahasa atau majas yang bisa dirangkai untuk membentuk tulisan yang lebih menarik. Gaya bahasa bisa berupa analogi, metafora, simile, dan masih banyak lagi. 

“Tulisan tanpa gaya bahasa mungkin bisa dimengerti, tetapi tidak terlalu menarik sehingga tidak bisa sampai ke hati pembaca,” ujar Zarry Hendrik. Jadi, gaya bahasa sangat penting agar pembaca lebih dapat menangkap pesan yang disampaikan melalui caption yang telah dibuat.

3. Maksimalkan kalimat pembuka

3. Maksimalkan kalimat pembuka
Freepik/rawpixel.com

Kalimat pembuka sangatlah penting dan harus dibuat semenarik mungkin. Jika kalimat pembuka caption tidak menarik, orang akan cenderung tidak berminat untuk lanjut membaca kalimat-kalimat berikutnya.

Oleh karena itu, pastikan kalimat pembuka ditulis semaksimal dan semenarik mungkin untuk mendapat perhatian pembaca. Saat kalimat pembuka bisa menarik perhatian pembaca, maka pembaca tersebut kemungkinan besar akan lanjut membaca caption sampai tuntas.

Sebagai contoh, jika ingin mempromosikan produk untuk dijual, buatlah kalimat pembuka caption dengan informasi mengenai diskon atau giveaway. Hal ini bisa menggiring pembaca untuk terus membaca tentang produk yang dipromosikan.

4. Berikan pertanyaan

4. Berikan pertanyaan
Freepik/benzoix

Mengajukan pertanyaan kepada audiens di dalam caption, dan meminta mereka menjawab di komentar bisa menghasilkan lebih banyak interaksi. Hal ini bisa membantu meningkatkan peringkat algoritma pada postingan kamu.

Followers atau audiens biasanya siap untuk menjawab pertanyaan dan memberikan pendapat mereka. Oleh karena itu, mintalah mereka untuk menjawab di kolom komentar sehingga dapat meningkatkan interaksi di unggahan tersebut.

5. Menjadi positif dalam bermedia sosial

5. Menjadi positif dalam bermedia sosial
Freepik/diana.grytsku

Dalam bermedia sosial, sebaiknya hindari membagikan hal-hal yang kurang baik demi menarik perhatian pengguna internet. Buatlah konten-konten yang positif yang bisa membuat banyak orang senang dan terinspirasi oleh postingan kamu.

Kamu bisa menulis mengenai pendapat tentang isu terkini atau memberikan informasi yang bermanfaat. Dengan begitu, kamu akan melekat di hati pengikut media sosial kamu dengan citra yang baik dan positif.

Nah, itulah 5 tips membuat caption yang menarik di media sosial. Dengan caption yang menarik, unggahan kita di media sosial tentunya bisa mendapat perhatian dan mendorong interaksi audiens. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.