Marhaban ya Ramadan, Ini Keutamaan Bulan Puasa

Meningkatkan keimanan dan ketakwaan

1 April 2021

Marhaban ya Ramadan, Ini Keutamaan Bulan Puasa
Pexels/Talha R

Bulan Ramadan sebentar lagi akan datang. Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat mulia, bulan tarbiyah (pembinaan) untuk mencapai derajat yang paling tinggi, atau derajat takwa.

Hal itu sesuai dengan dalil Al-Quran mengenai Bulan Ramadan:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa. (QS Al Baqarah: 183)."

Predikat takwa ini tidak mudah untuk diperoleh, ada beberapa ujian yang dilewati manusia saat bulan Ramadan. Beberapa diantaranya, menahan amarah hingga nafsu.

Lalu, apa saja keutamaan bulan Ramadan yang dirangkum oleh Popmama.com?

1. Bulan Tarbiyah (pembinaan) untuk mencapai derajat takwa

1. Bulan Tarbiyah (pembinaan) mencapai derajat takwa
Freepik/wayhomestudio

Dengan berpuasa, keimanan, dan ketakwaan akan meningkat. Juga bukti dari bisa menahan cobaan selama berpuasa.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa. (QS Al Baqarah: 183).

Editors' Picks

2. Bulan diturunkannya Al Qur’an.

2. Bulan diturunkan Al Qur’an.
Freepik

Bulan Ramadan, Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk untuk umat manusia. Selain itu, juga sebagai pedoman dalam hidup, dan sebagai pemisah (yang haq dan yang batil) (QS AlBaqarah: 185).

3. Bulan yang paling utama

3. Bulan paling utama
Pexels/Gabby K

Bulan Ramadan dianggap sebagai bulan penuh berkah. Dari jurnal yang dikeluarkan Unpad.ac.id, bulan yang paling utama adalah bulan Ramadan, dan hari yang paling utama adalah hari Jumat (HR At-Thabarani)

Dari Ubadah bin Ash-Shamit , bahwa Rasulullah SAW–pada suatu hari, ketika Ramadan telah tiba ber sabda:

“Ramadan telah datang kepada kalian, bulan yang penuh berkah, pada bulan itu Allah SWT memberikan naungan-Nya kepada kalian. Dia turunkan Rahmat-Nya. Dia hapuskan kesalahan-kesalahan, dan Dia kabulkan doa. Pada bulan itu Allah SWT akan melihat kalian berpacu melakukan kebaikan. Para malaikat berbangga dengan kalian, dan perlihatkanlah kebaikan diri kalian kepada Allah. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang pada bulan itu tidak mendapat Rahmat Allah SWT”. (HR Ath-Thabarani)

4. Bulan yang penuh pengampunan dosa

4. Bulan penuh pengampunan dosa
Pexels/Michael Burrows

Bulan Ramadan juga dianggap sebagai momen penghapus dosa. Menjadi peluang emas melakukan ketaatan.

Rasulullah saw bersabda:

“Salat lima waktu, dari Jumat ke Jumat, dari Ramadan ke Ramadan, dapat menghapuskan dosa-dosa, apabila dosa-dosa besar dihindari“. (HR Muslim). “Barang siapa yang melakukan ibadah di malam hari bulan Ramadan, karena iman dan mengharapkan ridha Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu diampuni. (Muttafaqun‘alaih). Apabila Ramadan datang, maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan syaithon-syaithon dibelenggu“. (Muttafqun ‘alaih).
 

5. Bulan dilipat gandakannya amal saleh

5. Bulan dilipat gandakan amal saleh
Pixabay/adelbayoumi

Setiap perbuatan baik yang dilakukan di Bulan Ramadan, akan mendapatkan amal dan pahala berlipat. Bulan Ramadan dianggap sebagai momen yang pas dalam mengupulkan amal saleh. Maka dari itu, berlomba-lombalah dalam melakukan kebjikan.

”Setiap perbuatan baik dilipat gandakan pahalanya sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa, puasa itu untuk-Ku, dan Akulah yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai yang melindungi dari api neraka. Bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih wangi dari pada parfum misik. Apabila orang bodoh berlaku jahil kepada seseor ang diant ar a kamu yang t engah ber puasa, hendaknya ia katakan: ”Aku sedang ber puasa, aku sedang berpuasa”. (HR At-Tirmidzi)

Yuk, mengisi bulan Ramadan itu berbagai kegiatan yang baik dan menyikapinya dengan benar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.