5 Cara Menghemat Kuota Internet Selama WFH

#DiRumahAja bikin kuota cepat habis? Yuk coba cara ini

31 Maret 2020

5 Cara Menghemat Kuota Internet Selama WFH
Freepik/tirachardz

Bekerja #DiRumahAja atau Work From Home (WHF) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menangani penyebaran pandemi COVID-19.

Jika biasanya pekerja dapat dengan mudah mengakses internet dengan memanfaatkan fasilitas WiFi kantor, adanya WFH ini tentu membuat mereka harus rela menghabiskan kuota internet lebih cepat karena pekerjaan yang dilakukan di rumah.

Kamu merasakan hal serupa? Jika iya, tenang! Yuk, intip tips Popmama.com berikut ini bagaimana cara menghemat kuota internet selama WFH.

1. Cari tahu aplikasi apa yang menyedot banyak kuota

1. Cari tahu aplikasi apa menyedot banyak kuota
Pexels/Lisa Fotios

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari tahu aplikasi apa saja yang banyak menyedot kuota internet. Dengan begitu kamu bisa mengantisipasi penggunaannya atau jika tidak dibutuhkan kamu bisa menghapusnya.

Nah bagaimana cara mengetahuinya? Kamu bisa pergi ke menu Setting > Data Usage dan scroll kebawah hingga menemukan daftar-daftar aplikasi yang sekiranya memakan banyak kuota.

Editors' Picks

2. Gunakan mode offline pada fitur Maps

2. Gunakan mode offline fitur Maps
Freepik/rawpixel.com

Cara satu ini dirasa cukup ampuh dalam mengurangi penggunaan kuota internet. Saat ini ternyata masih banyak yang tidak menyadari bahwa fitus Maps itu sendiri bisa menjadi pemicu terkurasnya kuota internet.

Meski #DiRumahAja dan fitur ini tidak digunakan untuk sementara waktu, kamu bisa mengaktifkan mode offline agar ketika ingin digunakan kembali kamu tak perlu mengeluarkan banyak kuota.

Caranya mudah kok, untuk pengguna android, kamu bisa klik ‘search bar’ yang terdapat di atas aplikasi Maps dan geserlah hingga kamu menemukan pilihan ‘save map to use offline’. Sedangkan untuk pengguna IOS, kamu hanya perlu merubah pengaturan ke flight mode.

3. Perhatikan penggunaan browser

3. Perhatikan penggunaan browser
Freepik/Katemangostar

Tanpa disadari, ternyata penggunaan browser juga memengaruhi habisnya kuota internet lho. Terutama yang sering menggunakanbrowser bawaan dari smartphone tersebut, kamu sebaiknya tidak menggunakannya lagi karena diyakini dapat menyedot kuota internet lebih banyak.

Agar lebih efisien dan menghemat kuota, kamu bisa mengunduh aplikasi browser seperti Opera Mini yang banyak terbukti mampu menyimpan kuota internet secara primer dengan mengompres situs yang kamu kunjungi.

4. Membatasi penggunaan data dan mengaktifkan peringatan

4. Membatasi penggunaan data mengaktifkan peringatan
Freepik

Jika selama bekerja kamu merasa sudah menghabiskan cukup banyak kuota, setelahnya kamu bisa mematikan mobile data agar tidak semakin habis. Untuk mengurangi pembengkakan penggunaan kuota internet, kamu bisa mengaktifkan fitur peringatan data.

Fitur ini merupakan pengingat apabila penggunaan kuota internet melebihi limit, maka kamu bisa mematikan mobile data terlebih dahulu. Caranya pun mudah, kamu bisa masuk ke menu Setting > Data Usage > Cellular Data > Set Cellular Data Limit dan klik untuk mengaktifkan fitur peringatan.

5. Matikan fitur update otomatis

5. Matikan fitur update otomatis
Freepik

Setiap aplikasi tentunya membutuhkan update secara berkala untuk pembaharuan sistem dan sebagainya. Hal ini sering terjadi ketika kita lupa mengubah pengaturan sehingga aplikasi terseut justru ter-update dengan sendirinya ketika menyalakan mobile data.

Tidak hanya digunakan untuk bekerja dirumah, mungkin kuota mu cepat habis karena pengaturan update aplikasi kamu belum diubah nih.

Yuk coba dicek dengan cara masuk ke Play Store dan pilih menu Setting > Auto-Update Apps > Auto-Update Apps Over Wifi Only. Dengan demikian pembaharuan apps hanya bisa dilakukan dengan menggunakan wifi saja tanpa menguras kuota internet.

Itulah cara-cara yang cukup ampuh dalam menghemat penggunaan kuota internet. Kamu sudah pernah coba atau punya cara ampuh lainnya? Yuk, berbagi dikolom komentar!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.