7 Tanda Sahabat Merasa Iri Padamu, Harus Hati-hati Nih!

Setiap orang punya rasa iri dengan orang lain, tak terkecuali sahabatmu sendiri

23 Mei 2021

7 Tanda Sahabat Merasa Iri Padamu, Harus Hati-hati Nih
Freepik

Mempunyai teman dekat atau sahabat memang menyenangkan. Kamu tak perlu merasa sendiri atau kesepian saat menjalani hari.

Tentunya kamu juga tak perlu bingung harus cerita pada siapa ketika sedang senang ataupun sedih, karena sahabat tentu siap menjadi pendengar yang baik untukmu.

Namun meskipun begitu, sahabat juga tetaplah manusia biasa yang bisa merasa iri kepada satu sama lain. Nah, berikut ini adalah 7 tanda bahwa sahabatmu merasa iri padamu, yuk diperhatikan agar bisa lebih berhati-hati!

1. Mencari topik lain ketika kamu berbagi kabar gembira

1. Mencari topik lain ketika kamu berbagi kabar gembira
Freepik

Tanda sahabatmu merasa iri padamu adalah ketika kamu membagikan kabar gembira padanya dan dia segera membahas topik lain. Ini menjadi tanda paling terlihat jelas karena dia tak tahan mendengar kamu merasa bahagia. 

2. Tidak senang melihatmu bahagia

2. Tidak senang melihatmu bahagia
Freepik/tirachardz

Wajarnya sih sahabat akan ikut merasa bahagia ketika kamu sedang berbahagia. Tapi, bila dia mendadak merasa tak senang lewat ekspresi wajah atau pancaran matanya, besar kemungkinan dia merasa iri padamu. 

Jika sudah begitu, tanda pertama tadi akan jelas dia lakukan, dia akan beralih ke cerita lain yang membuatmu lupa menceritakan kebahagiaanmu.

Editors' Picks

3. Melontarkan pujian tidak tulus padamu

3. Melontarkan pujian tidak tulus padamu
Bustle.com

Kamu harus tau bahwa tak semua pujian itu tulus. Ada pujian yang sebenarnya hanya untuk menutupi perasaan dongkol dan iri. Biasanya, pujian tak tulus disertai kalimat yang mengungkit kelemahanmu.

Seperti, "Wah, selamat, ya! Padahal kamu kan pelupa ya tapi bisa diterima di perusahaan tersebut." Nah jika sudah begitu, bisa jadi dia merasa iri padamu.

4. Sikapnya berubah dingin padamu

4. Sikap berubah dingin padamu
Freepik/Galinkahzi

Rasa iri dan dengki bisa mengubah sikap seseorang yang awalnya hangat dan bersahabat menjadi dingin. Jika seseorang berubah sikapnya seperti itu, bisa jadi dia merasa kesal dan iri atas apa yang telah kamu capai.

Jadi, hati-hati bila sahabatmu mendadak bersikap dingin padamu. Bisa saja dia telah terserang rasa iri hati dan menjadi tak senang melihatmu bahagia.

5. Berusaha mengunggulimu dalam berbagai hal

5. Berusaha mengunggulimu dalam berbagai hal
Freepik/Vgstockstudio

Kalau kamu merasa sahabatmu mulai berusaha mengunggulimu dalam berbagai hal, itu tandanya dia merasa iri padamu. Biasanya dia akan ikut serta dalam hal apapun yang dia tau kamu juga ikut andil di dalamnya. Misalnya saja saat ikut perlombaan. Dengan mengunggulimu, dia akan merasa puas dan lebih hebat darimu.

6. Suka membicarakanmu di belakang

6. Suka membicarakanmu belakang
Freepik

Jika sahabatmu mulai merasa iri padamu, bisa jadi dia mulai membicarakanmu di belakang. Jika tiba-tiba tersebar gosip yang tak benar dari teman-temanmu, bahkan ada teman baik yang bercerita kepadamu bahwa ada orang yang menyebarkan sebuah berita buruk tentangmu.

Hal ini tentu saja menjengkelkan sekali. Kamu perlu berhati-hati, bisa jadi orang yang menyebarkan kabar tak benar itu adalah sahabatmu yang tak menyukaimu karena merasa iri. 

7. Senang jika melihatmu gagal mencapai sesuatu

7. Senang jika melihatmu gagal mencapai sesuatu
Freepik/Rawpixel-com

Kegagalan adalah hal yang wajar dalam hidup. Namun jika ada orang yang justru senang saat kamu mengalami kegagalan, sepertinya kamu harus berhati-hati karena sebenarnya dia iri denganmu.

Wajarnya jika ada sahabat yang merasa gagal akan suatu pencapaian, mereka akan memberikan bantuan dan menyemangatimu, bukan justru berpura-pura sedih namun sebenarnya merasa puas dan senang melihatmu gagal.

Itulah 7 tanda jika sahabat iri padamu. Jika menemukan tanda-tanda di atas pada sahabatmu, segera ajak dia bicara baik-baik ya.

Tanyakan apa benar dia merasa iri. Jika benar, tanyakan apa penyebabnya. Dengan begitu kamu dan sahabatmu bisa mencari solusi agar persahabatan kalian pun tetap berjalan baik.

Jadi, sudah tahu belum nih siapa sahabat yang iri padamu?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.