Fakta Dita Karang, Member Girlband Korea Secret Number dari Indonesia

Berasal dari Yogyakarta, Dita Karang merupakan member girlband Korea 'Secret Number'

12 Agustus 2020

Fakta Dita Karang, Member Girlband Korea Secret Number dari Indonesia
Instagram.com/secretnumber.official

Setelah kelompok tari anak dari Sukabumi yang memenangkan kontes cover dance Blackpink, ada sosok Dita Karang yang menjadi member girlband Korea Selatan, Secret Number. Meski sudah debut pada 19 Mei 2020 lalu, Dita Karang belum banyak dikenal sebagai sosok yang menginspirasi.

Dita karang adalah penyanyi kelahiran 25 Desember 1996. Dalam girlband di bawah VINE Entertaiment tersebut ia mengisi posisi sebagai main dancer atau penari utama. Bangganya ketika mengenalkan dirinya saat debut ia menyebutkan kalau dirinya berasal dari Indonesia.

“Halo, saya Dita, main dancer yang memiliki mata tajam. Aku dari Indonesia, mohon kerja samanya,” kata Dita di atas panggung dengan bahasa Korea yang fasih.

Untuk Mama yang penasaran dengan sosok Dita, berikut Popmama.com rangkum berbagai fakta Dita Karang sebagai orang Indonesia pertama yang debut menjadi artis KPop!

1. Menjadi orang Indonesia pertama yang debut di Korea

1. Menjadi orang Indonesia pertama debut Korea
Instagram.com/secretnumber.official

Dita Karang memiliki nama lengkap Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang. Perempuan berusia 24 tahun ini menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil debut menjadi artis KPop di Korea Selatan. Ia debut bersama girlband Secret Number yang memiliki lima anggota.

Dita sendiri menjadi main dancer lho dalam grup perempuan Korea Selatan itu. Selain pintar menari, suara Dita juga tak kalah bagus. Secret Number debut pada tanggal 19 Mei 2020 dengan lagu ‘Who Dis?’.

2. Berasal dari Yogyakarta

2. Berasal dari Yogyakarta
Instagram.com/dita.karang

Tak disangka, Dita Karang merupakan perempuan yang berasal dari Yogyakarta. Meski ia besar dan tinggal di Yogyakarta, ia ternyata memiliki darah Bali dari orangtuanya. Wah, jadi selain bisa bahasa Indonesia, Korea dan Inggris apakah Dita Karang juga fasih bahasa Jawa?

Editors' Picks

3. Dita punya hobi menari sejak kecil

3. Dita pu hobi menari sejak kecil
Instagram.com/secretnumber.official

Diketahui ternyata Dita berasal dari keluarga yang mencintai seni. Karena latar belakang keluarganya itu, Dita sudah gemar menari sejak kecil. Sejak SD hingga remaja Dita sudah mengikuti les balet. Semakin tumbuh, kegemarannya itu malah makin besar.

Dita sendiri mengenal industri KPop dengan belajar tarian grup dari negeri Ginseng itu. Ia bahkan saat itu belum berpikir kalau bercita-cita menjadi idola KPop. Namun, ketika lulus SMA layaknya remaja di Indonesia, ia harus memilih jalan hidupnya. Dita pun ingin menjadi performer dan melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat.

4. Pernah menempuh pendidikan di New York

4. Pernah menempuh pendidikan New York
Instagram.com/dita.karang

Setelah SMA, Dita memutuskan terbang ke New York, Amerika Serikat untuk melanjutkan pendidikan di AMDA College and Conservatory of the Performing Arts. Di Amerika, ia juga menjalani masa pelatihan atau trainee di Born Star Training Center.

5. Bergabung di studio tari terkemuka di Korea sebelum debut

5. Bergabung studio tari terkemuka Korea sebelum debut
Instagram.com/secretnumber.official

Perempuan yang hobi minum kopi dan makan es krim ini pernah tergabung dalam proyek kecil di 1MILLION dance studio. Perlu Mama tahu bahwa studio tari tersebut merupakan komunitas dance yang terkenal di Korea Selatan. Guru yang mengajar di sana sudah membuat berbagai koreografi untuk sederet artis KPop dari Mamamoo, BTS hingga artis-artis di bawah YG Entertaiment.

6. Mengagumi 2NE1 dan memfavoritkan lagu Crisye

6. Mengagumi 2NE1 memfavoritkan lagu Crisye
Instagram.com/secretnumber.official

Ia menyebut bahwa girlband 2NE1 adalah sosok yang membuatnya termotivasi untuk menjadi artis KPop. Dita menyebutkan hal itu pada sesi wawancara showcase debut Secret Number.

Faktanya, selain 2NE1 ia juga ternyata mengidolakan penyanyi solois Korea, IU terutama lagu Blueming. Sementara itu, untuk lagu Indonesia favorit idol Kpop ini adalah Kangen yang dinyanyikan oleh Chrisye.

7. Tak langsung berhasil, Dita berulang gagal masuk agensi hiburan

7. Tak langsung berhasil, Dita berulang gagal masuk agensi hiburan
Instagram.com/dita.karang

Karena debut menjadi artis KPop, banyak orang Indonesia yang mendukung langkah Dita Karang ini. Ia menjadi orang pertama yang bisa menembus industri KPop dengan keringat dan air mata.

Diambil dari berbagai sumber, Dita pernah melamar ke berbagai agensi drama musical di Amerika Serikat. Ia mengaku bahwa mengikuti audisi-audisi di sana tidak lah mudah karena harus bersaing ketat dengan ratusan orang yang juga mengikuti seleksi. Berulang kali gagal, ia tak pernah berhenti.

Ketika pertama datang ke Korea, ia pun berusaha untuk melamar di berbagai agensi hiburan. Hingga akhirnya ia bertemu dengan agensi VINE Entertainment yang melihat bakat dan tekadnya yang pekerja keras. Karena hal itu, agensi VINE Entertaiment pun memberi kesempatan Dita bergabung hingga berhasil debut sebagai member Secret Number.

Itulah tadi sederet fakta Dita Karang yang menjadi orang Indonesia pertama yang debut di Korea Selatan sebagai artis Kpop. Tekad kuat dan semangat Dita tentunya bisa menjadi contoh remaja Indonesia untuk percaya terhadap mimpinya. Tak lupa, dukungan orangtua juga perlu untuk mengembangkan bakat anak!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.