Niat Puasa Senin Kamis, Tata Cara dan Manfaatnya

Jangan sampai ada yang terlewat ya, Ma

23 November 2020

Niat Puasa Senin Kamis, Tata Cara Manfaatnya
Freepik

Salah satu amalan puasa sunnah yang dianjurkan adalah puasa Senin Kamis. Sesuai dengan namanya, puasa ini dilaksanakan pada hari Senin dan Kamis saja disetiap minggunya. 

Jika dilihat dari hukumnya, dalil puasa Senin Kamis adalah sunnah. Puasa Senin Kamis juga merupakan puasa sunnah yang sering dikerjakan dan dianjurkan oleh Rasulullah.

Kalau Mama ingin melaksanakan puasa Senin Kamis, berikut Popmama.com rangkum bagaimana niat puasa Senin Kamis, tata cara dan pelasanaan puasa Senin Kamis tersebut.

Editors' Picks

1. Niat puasa Senin Kamis

1. Niat puasa Senin Kamis
Pixabay/aamiraimer

Sama seperti puasa wajib di bulan ramadan, puasa Senin Kamis yang hukumnya sunnah juga memiliki niat puasanya.

Namun, perbedaan antara keduanya yakni jika puasa ramadan biasanya dibacakan malam hari sebelum melaksanakan ibadah puasa. Sementara niat puasa Senin Kamis boleh dibaca pada hari Senin atau Kamis selama pada hari itu seorang muslim belum makan, minum, atau melakukan hal-hal lain yang bisa membatalkan puasa.

Adapun bacaan doa niat puasa Senin Kamis yang terbagi menjadi dua, ada yang khusus dibacakan untuk hari senin dan juga khusus untuk hari Kamis.

Bacaan Niat Puasa Senin:

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

"Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala,"

Bacaan Niat Puasa Kamis:

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

"Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala,"

2. Tata cara puasa Senin Kamis

2. Tata cara puasa Senin Kamis
Pixabay/freebiespic

Setelah mengetahui doa niat puasa Senin Kamis, selanjutnya adalah tata cara puasa Senin Kamis. Mama tidak perlu bingung karena tata cara puasa sunnah Senin Kamis tidak jauh berbeda dengan puasa ramadan. Namun, agar lebih jelas berikut penjabarannya:

  • Membaca niat

Niat puasa Senin Kamis sebaiknya dilakukan di malam hari atau sebelum terbit fajar. Namun karena sifatnya yang puasa sunnah, kalau Mama lupa dan belum sempat niat pada malam atau sebelum fajar, maka di pagi hari pun masih sah niatnya. Asalkan Mama belum melakukan hal apapun yang membatalkan puasa.

  • Makan sahur

Makan sahur merupakan salah satu sunnah puasa yang jika dilakukan akan mendapat pahala dan keberkahan. Namun jika tidak dilakukan, misalnya karena bangunnya terlambat, puasanya tetap sah. Hanya saja untuk kesehatan, sebaiknya tidak melewatkan waktu sahur ya, Ma.

  • Menahan diri dari hal yang membatalkan puasa

Seperti halnya puasa wajib ramadan, puasa sunnah Senin Kamis di mulai sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Selanjutnya yang paling penting melaksanakan puasa Senin Kamis adalah menahan diri dari hal yang bisa membatalkan puasa. Adapun hal-hal yang membatalkan puasa yakni makan, minum, berhubungan dengan istri dan lain-lain. Tak hanya itu, Mama juga dianjurkan untuk menahan diri dari yang membatalkan pahala puasa, antara lain bohong, ghibah, dan segala bentuk kemaksiatan.

  • Berbuka puasa

Buka puasa dilakukan ketika matahari terbenam yaitu saat masuk waktu salat Maghrib. Menyegerakan buka puasa merupakan salah satu sunnah puasa. Dengan mengkuti semua tata cara ini, maka Mama bisa mendapatkan manfaat Puasa Senin Kamis dengan maksimal.

3. Manfaat puasa Senin Kamis

3. Manfaat puasa Senin Kamis
Freepik/rawpixel.com

Selain menambah pahala dan ketakwaan kepada Allah SWT, melakukan puasa ternyata bermanfaat terhadap kesehatan tubuh. Selain secara fisik, puasa juga bisa membantu kesehatan mental hingga kepribadian.

Berikut Popmama.combagikan sederet manfaat puasa Senin Kamis

  • Membuat tubuh lebih sehat

Menurut sejumlah studi, puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah penelitiannya yakni penelitian Intermountain Heart Collaborative di Utah Amerika Serikat di tahun 2008dilakukan pada 4.629 orang yang terkait puasa dengan risiko penyakit arteri koroner yang lebih rendah, serta risiko diabetes yang secara signifikan lebih rendah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

  • Melatih diri dari kebiasaan makan dan minum yang buruk

Kalau tidak berpuasa, kadang kita sering lupa mengonsumsi apapun makanan dan minuman yanga da. Dengan puasa Senin Kamis dapat melatih untuk mengurangi kebiasaan buruk ini. Misalnya, terlalu banyak mengonsumsi kafein, gula atau makanan-makanan manis. Sehingga dengan berpuasa, konsumsi makanan atau minuman tersebut menjadi berkurang.

  • Melatih disiplin

Apaa hubungannya puasa Senin Kamis dengan disiplin? Ternyata ketika kita menjalankan puasa dan menghindari dari hal-hal yang membatalkan puasa secara tidak langsung melatih mawas diri. Karena kita menghindari segala hal yang dapat menimbulkan dosa atau dapat membatalkan puasa.

Selain itu, dengan berpuasa juga akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan lainnya yang pastinya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT.

  • Latihan melawan hawa nafsu

Manfaat puasa senin kamis lainnya adalah melatih untuk menekan hawa nafsu. Tentunya ini akan membantu bagaimana kita bisa mengendalikan emosi buruk dalam diri masing-masing. Karena ketika puasa, kita cenderung untuk melakukan hal-hal baik untuk terus beribadah. Dengan begitu, Mama bisa meredam hawa nafsu untuk melakukan perbuatan yang tidak dibolehkan oleh Allah SWT.

Menjalankan puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah yang berpahala. Niat puasa Senin Kamis juga sudah semestinya tulus untuk beribadah. Dengan melakukan puasa Senin Kamis, Mama tidak hanya memetik manfaat secara batin tapi juga secara fisik. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.