Berikan 5 Makanan Ini Saat Anak Mengalami Diare Ma!

Ada beberapa makanan yang dapat membantu meredakan diare pada anak

28 September 2019

Berikan 5 Makanan Ini Saat Anak Mengalami Diare Ma
Freepik

Rasa khawatir biasanya akan Mama rasakan saat anak sakit, tak terkecuali saat anak menderita diare. Diare pada anak sebenarnya umum terjadi, namun Mama tidak boleh menyepelekan penyakit ini saat anak mengalaminya.

Diare pada anak harus teratasi dengan baik karena bisa-bisa anak mengalami dehidrasi Ma. Diare biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, namun Mama perlu untuk memerhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi anak agar diare yang diderita cepat tertangani dan tidak semakin parah.

Pemberian makanan olahan, junk food, makanan cepat saji sebaiknya Mama hindari agar diare yang diderita anak dapat segera pulih. Juga hindari pemberian buah dan sayur yang bisa memicu gas seperti brokoli, paprika, kol, buncis, kacang polong, dan buah beri. Daftar makanan untuk anak saat diare dilansir dari Healthline dan beberapa sumber lainnya di antaranya adalah:

1. Sup ayam

1. Sup ayam
safebee.com

Bukan rahasia umum lagi jika sup ayam menjadi salah satu asupan yang direkomendasikan saat seseorang mengalami diare, termasuk pada anak.

Sup menjadi asupan yang direkomendasikan karena kandungan kaldu ayam yang terdapat pada sup dapat membuat perut terasa nyaman sekaligus membantu pemenuhan cairan tubuh yang hilang.Jadi, jangan lupa untuk membuatkan anak sup ya Ma saat mereka mengalami diare.

Editors' Picks

2. Pisang

2. Pisang
Freepik

Salah satu makanan yang dapat Mama berikan saat anak mengalami diare adalah pisang Ma. Pisang menjadi salah satu pilihan sehat karena pisang memiliki tekstur yang lembut dan mudah untuk dicerna.

Kandungan peptin pada pisang mampu membantu penyerapan cairan usus sehingga pergerakan feses dapat menjadi lebih lancar.

Selain itu, kandungan potassium yang terdapat pada pisang juga dapat membantu mengganti elektolit tubuh yang hilang selama anak menderita diare.

3. Yogurt

3. Yogurt
Pixabay/anaterate
Apa saja sih, yang boleh aku masukkan ke dalam mulut, Ma?

Nah, selain kedua makanan tersebut, yogurt juga bisa menjadi alternatif makanan yang Mama berikan kepada anak saat mereka mengalami diare.

Yogurt mengandung prebiotik sehingga mampu meningkatkan bakteri baik di usus sehingga diyakini dapat membantu meringankan penyakit diare yang diderita anak maupun orang dewasa.

4. Nasi putih

4. Nasi putih
freepik.com

Nasi putih merupakan salah satu asupan yang bisa Mama berikan saat anak mengalami diare. Nasi putih termasuk makanan yang mudah dicerna sehingga tidak membuat saluran cerna bekerja keras untuk mecernanya.

Mama dapat memberikan anak nasi putih dengan lauk kesukaannya atau sup ayam hangat agar diare yang diderita anak segera teratasi. Tapi ingat Ma, jangan berikan anak nasi bersamaan dengan makanan pedas, berminyak atau makanan yang terbuat dari bahan susu karena makanan tersebut masuk ke dalam golongan yang sebaiknya dihindari saat mengalami diare.

5. Kentang

5. Kentang
Freepik/Jcomp

Jika anak tidak berselera untuk mengonsumsi nasi putih, Mama dapat mengakalinya dengan memberikan kentang. Tumbuh kentang hingga halus atau teksturnya lembut agar lebih mudah dicerna. Kentang termasuk ke dalam makanan yang tinggi potassium sehingga konsumsi kentang selama diare cukup disarankan.

Namun jangan berikan kentang beserta kulit-kulitnya ya Ma karena kulit kentang mengandung serat yang tinggi sehingga tidak disarankan saat diare menyerang. Juga hindari memberikan tambahan garam dan margarin terlalu banyak ya saat mengolah kentang sebagai makanan untuk mengatasi diare!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.