7 Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan

Meski memiliki cita rasa yang asam, belimbing wuluh membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan

5 Juli 2019

7 Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan
Flickr.com/dinesh valke

Di Indonesia, belimbing wuluh merupakan salah satu bahan tambahan yang dapat membuat cita rasa masakan menjadi lebih enak. Beragam makanan tradisional di Indonesia menambahkan belimbing wuluh agar masakannya menjadi lebih sedap.

Nah, dibalik manfaatnya dalam menyedapkan makanan, belimbing wuluh atau overrhoa bilimbi rupanya mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Dalam belimbing wuluh, terkandung vitamin B, vitamin C, zat besi, fosfor, serat, dan juga antioksidan.

Adapun karena mengandung berbagai macam nutrisi penting, belimbing wuluh memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari rndhealthtips.com dan healthybenefits.info, berikut beragam manfaat belimbing wuluh:

1. Meredakan batuk

1. Meredakan batuk
Freepik

Belimbing wuluh merupakan salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk. Cara memanfaatkan belimbing wuluh sebagai obat batuk cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan beberapa butir adas dengan 3 buah belimbing wuluh berukuran sedang dan tambahkan sedikit gula serta air. Lalu rebus ramuan tersebut selama satu jam hingga airnya berkurang dan tinggal sedikit, dinginkan, dan saring airnya.

Dengan mengonsumsi air rebusan belimbing wuluh dua kali sehari setelah makan, maka batuk yang kamu derita dapat mereda.

2. Meredakan pilek

2. Meredakan pilek
Freepik/evening_tao

Tak hanya mampu meredakan batuk saja, air rebusan daun belimbing juga telah dipercaya mampu meredakan demam dan flu.

Hal ini karena dalam belimbing wuluh terkandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Meredakan nyeri otot                         

3. Meredakan nyeri otot                         
Freepik

Kamu sedang menderita nyeri otot? Mungkin ramuan belimbing wuluh bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Hal ini karena belimbing wuluh dipercayai mampu meringankan nyeri otot yang diderita.

Cara mendapatkan manfaatnya cukup mudah, kamu hanya perlu menumbuh beberapa lembar daun belimbing wuluh hingga halus lalu aplikasikan ke otot yang mengalami nyeri. Dengan melakukan perawatan ini, secara perlahan nyeri otot yang kamu derita dapat mereda.

Editors' Picks

4. Mengatasi masalah jerawat

4. Mengatasi masalah jerawat
Freepik/bearfotos

Meski perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, belimbing wuluh juga diyakini mampu mengatasi masalah jerawat pada kulit. Hal ini berkat kandungan asam oksalat dan vitamin A didalamnya.

Cara memanfaatkan belimbing wuluh sebagai obat jerawat sebenarnya tidak sulit. Kamu hanya perlu menumbuk belimbing wuluh hingga halus, lalu oleskan ke wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama 30 menit lalu basuh dengan air hangat.

Bagi kamu yang ingin mencoba, coba aplikasikan terlebih dahulu di kulit ya. Jika ada reaksi berupa kulit gatal dan memerah, mungkin kamu patut mencoba cara lain untuk menghilangkan jerawat di kulitmu.

5. Meredakan gatal

5. Meredakan gatal
Freepik/doucefleur

Selain mampu meredakan nyeri otot, daun belimbing wuluh juga diyakini dapat meredakan gatal pada kulit.  Cara memanfaatkan daun belimbing wuluh sebagai obat gatal juga cukup mudah.

Kamu hanya perlu menghaluskan daun belimbing wuluh tersebut, lalu aplikasikan ke kulit yang gatal. Serapan air daun belimbing wuluh mampu meredakan gatal akibat gigitan serangga.

6. Mengatasi sakit gigi

6. Mengatasi sakit gigi
momtricks.com
Kenapa Mama bisa sakit gigi saat sedang menjalani proses kehamilan, ya?

Belimbing wuluh juga diklaim mampu mengobati sakit gigi. Kamu yang sedang mengalami sakit gigi, dapat memanfaatkan belimbing wuluh sebagai obat tradisional. Caranya mudah, hancurkan belimbing wuluh (jangan sampai halus) dan oleskan ke area gigi yang sakit.

Diamkan selama 1 jam lalu berkumurlah dengan air hangat. Rasa nyeri atau sakit gigi yang kamu alami mungkin bisa mereda dengan melakukan cara ini.

7. Mengatasi gondok leher

7. Mengatasi gondok leher
Freepik

Meski perlu diteliti lebih lanjut terkait efektivitasnya, belimbing wuluh diyakini menjadi salah satu obat tradisional yang bisa meredakan penyakit gondok leher. Belimbing wuluh dianggap mampu membantu mengurangi rasa sakit gondok yang diderita.

Cara memanfaatkan belimbing wuluh untuk mengatasi gondok leher juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa buah belimbing wuluh muda dan 3-4 siung bawang putih dan bawang merah, lalu haluskan. Oleskan ke area leher yang terkena gondok dan dalam beberapa hari, bengkak pada leher dapat berkurang jika kamu melakukannya secara rutin.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!