Viral di TikTok Keramas Pakai Kopi, Apakah Bisa Bikin Rambut Sehat?

Apakah berbahaya? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

4 Oktober 2021

Viral TikTok Keramas Pakai Kopi, Apakah Bisa Bikin Rambut Sehat
Unsplash/Spencer Davis

Menjaga penampilan dan kesehatan sangat penting bagi Mama dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tidak perlu ribet, banyak aktivitas yang mudah dilakukan untuk merawat diri seperti keramas.

Aktivitas mencuci rambut ini jelas menguntungkan dari segi dua hal. Segi kesehatan dan bisa membuat penampilan menjadi lebih memesona. Perlu diketahui bahwa banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat rambut lebih sehat.

Nah, baru-baru ini sempat viral di TikTok terkait keramas menggunakan campuran sampo dan kopi. Memang ada manfaatnya, ya?

Untuk menjawab hal tersebut, Popmama.com sudah merangkum informasinya terkait manfaat penggunaan kopi untuk rambut. Yuk Ma, disimak dengan baik!

1. Mengembalikan pertumbuhan rambut

1. Mengembalikan pertumbuhan rambut
Pexels/Gratisography

Seperti dilansir dari Healthline, kerontokan rambut dapat terjadi seiring bertambahnya usia. Ini akan terjadi, baik pada laki-laki maupun perempuan.

Mencampurkan kopi dengan sampo ke rambut dan kulit kepala dapat menghentikan kerontokan, bahkan mendorong pertumbuhan rambut kembali secara perlahan-lahan.

Dalam beberapa kasus kebotakan, rambut rontok terjadi ketika folikel rambut rusak. Kerusakan folikel rambut terjadi secara bertahap, akhirnya menyebabkan kebotakan.

Selain itu, kafein dalam kopi dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan rambut. Hal tentu dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat dan kuat, bahkan bisa memberikan rambut menjadi semakin tebal. 

Editors' Picks

2. Bisa bikin rambut lembut dan berkilau

2. Bisa bikin rambut lembut berkilau
Pexels/RODNAE Productions

Jika rambut tampak kusam, rapuh serta kering, maka mencampurkan kopi bubuk hitam dapat menghidupkan kembali penampilan menjadi lebih berkilau.

Dengan cara membilas rambut dengan kopi juga dapat memperbaiki rambut kusam karena mengandung flavonoid. Kandungan tersebut akan mendorong regenerasi rambut.

Batang rambut perlahan-lahan bisa menjadi lebih halus dari sebelumnya. Ini juga dapat mengatasi masalah rambut keriting, menghasilkan rambut yang lebih lembut dan lebih mudah untuk diurai.

Namun, kafein tidak bisa menghilangkan minyak pada rambut. Sebaliknya, ini dapat membantu mempertahankan kelembapan dan menciptakan kilau alami.

Peningkatan sirkulasi darah pun akan membantu memindahkan nutrisi ke akar rambut, menghasilkan rambut yang lebih sehat dan berkilau.

3. Rambut lebih kuat dan sehat

3. Rambut lebih kuat sehat
Pexels/Andrea Piacquadio

Semua pencinta kopi pasti tahu bahwa kopi banyak mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi rambut, nih.

Merawat rambut rusak secara teratur dengan kopi memungkinkan sifat antioksidan untuk memperbaiki dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Belum lagi, hal ini juga akan berpengaruh pada beberapa hal, seperti:

  • Menghilangkan penumpukan produk tanpa bahan kimia sintetis
  • Menyeimbangkan kembali tingkat pH rambut dan kulit kepala
  • Melembutkan serta menghaluskan rambut kering dan keriting
  • Walau tidak dapat mencegah rambut berminyak, namun bisa mempertahankan kelembapan alami pada rambut

4. Langkah memulai keramas dengan serbuk kopi

4. Langkah memulai keramas serbuk kopi
blush.me

Sebelum Mama mencobanya, alangkah baiknya mempersiapkan bahan yang akan dilakukan sebelum keramas.

  • Langkahpertama, Mama bisa mempersiapkan kopi bubuk tanpa gula, kemudian campurkan dengan sampo. Pastikan perbandingannya sampo harus lebih banyak daripada kopi.
  • Langkahkedua, tuang kopi bubuk tadi sebanyak satu sendok makan.
  • Langkah ketiga, campurkan kopi dan sampo yang ada di tangan. Jika ternyata samponya kurang banyak, bisa ditambah sedikit lagi.
  • Langkah keempat, setelah keramas, bilas dengan air mengalir dan bersihkan hingga bersih sampai ampas kopinya hilang.

Nah, ternyata kopi bukan hanya enak untuk diminum saja, namun kandungan kopi juga baik untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. 

Semoga informasi ini membantu Mama yang ingin mencoba menambahkan kopi dalam sampo. Semoga rambut menjadi tetap kuat dan sehat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.