Ini Bahan-Bahan Alami yang Dapat Sembuhkan Sariawan dengan Cepat

Sariawan bisa membuat rasa tak nyaman ketika makan, minum maupun berbicara

21 Juli 2021

Ini Bahan-Bahan Alami Dapat Sembuhkan Sariawan Cepat
Freepik/diana.grytsku

Seriawan atau lebih dikenal sebagai sariawan adalah luka akibat iritasi atau peradangan pada gusi, lidah, bibir dan lapisan dalam mulut. Luka pada sariawan umumnya berwarna putih atau kemerahan dan dikelilingi peradangan di sekitarnya.

Meskipun lukanya berukuran kecil tetapi sariawan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Seseorang yang mengalami sariawan biasanya tak nyaman untuk makan, minum maupun berbicara.

Sariawan pada lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam dapat terjadi akibat infeksi virus atau jamur, alergi makanan, dan kekurangan nutrisi tertentu. Terkadang kondisi ini juga dapat terjadi ketika sedang mengalami stres.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh yang bermasalah, perubahan hormon, siklus menstruasi, kebiasaan merokok, mulut kering, dan luka di mulut juga bisa menjadi penyebab timbulnya sariawan. Melansir Medical News Today, umumnya sariawan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari.

Namun, ada beberapa bahan alami yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi rasa nyeri sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka sariawan. Berikut informasi selengkapnya yang sudah dirangkum Popmama.com.

1. Kumur dengan larutan garam

1. Kumur larutan garam
Pxhere/CC0 Public Domain

Air garam menjadi pengobatan rumahan sariawan yang populer karena sifat antiseptik pada garam membantu meredakan beberapa rasa sakit dan ketidaknyamanan yang dialami selama sariawan.

Berkumur dengan larutan garam diketahui efektif untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terkena sariawan. 

Caranya adalah mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat kemudian berkumur menggunakan larutan tersebut selama 15–30 detik.

2. Kompres dengan kantong teh chamomile

2. Kompres kantong teh chamomile
Freepik/tetenio

Chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan evomenol, yang diketahui dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Caranya dengan merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut. Kompres selama kurang lebih 5 menit sebanyak 3–4 kali sehari.

Editors' Picks

3. Mengoleskan madu

3. Mengoleskan madu
Freepik/Racool-studio

Madu memiliki banyak khasiat bermanfaat yang terkandung di dalamnya. Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga baik untuk mengobati sariawan.

Sifat antibakteri pada madu dapat membantu memperbaiki luka terbuka dengan cepat. Selain mengatasi sariawan, madu juga melindungi area tersebut dari infeksi.

Oleskan madu pada sariawan sebanyak 3–4 kali sehari hingga sariawan sembuh. Jenis madu yang paling baik untuk menyembuhkan sariawan adalah jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi.

4. Oleskan bawang putih

4. Oleskan bawang putih
Freepik/8photo

Biasanya bawang putih digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, bawang putih juga bisa menjadi obat yang efektif untuk sariawan.

Senyawa alisin pada bawang putih menjadikannya antimikroba berfungsi membantu melawan berbagai infeksi.

Untuk menggunakan bawang putih, potong satu siung menjadi dua dan oleskan di area sariawan selama satu atau dua menit.

Setelah selesai, bersihkan mulut untuk menghilangkan bau bawang putih mentah dari napas. Hal ini bisa diulangi dua bahkan tiga kali setiap hari.

Oleskan minyak kelapa

Oleskan minyak kelapa
nutrition.org.uk

Mirip dengan madu, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba yang membantu mengurangi sariawan secara alami. Senyawa yang sama juga bertindak sebagai pengobatan anti-inflamasi dan analgesik untuk sariawan.

Cukup oleskan sedikit minyak kelapa pada permukaan sariawan dan diamkan. Minyak kelapa juga bisa bisa dioleskan pada sariawan ketika akan tidur di malam hari. Mengoleskan minyak kelapa juga dapat mengurangi rasa sakit akibat sariawan.

6. Konsumsi sayuran dan buah-buahan

6. Konsumsi sayuran buah-buahan
Freepik/sommail

Agar sariawan bisa cepat sembuh, disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B12, vitamin C, zinc, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. 

Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan sariawan dapat menyebabkan mulut kering dan meningkatkan risiko dehidrasi. Oleh karena itu, perbanyak minum air putih agar sariawan bisa cepat sembuh.

Nah, itulah bahan-bahan alami yang dapat menyembuhkan sariawan secara optimal. Jangan lupa untuk berhati-hati ketika makan agar tidak tergigit dan menimbulkan luka di mulut.

Sikat gigi secara rutin juga tak kalah penting untuk mencegah sariawan. Selalu ingat untuk menjaga kesehatan, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.