Penting! Ketahui 4 Fakta Mengenai Senam Kegel untuk Perempuan

Ketahui manfaat dan cara tepat untuk melakukannya!

8 Februari 2019

Penting Ketahui 4 Fakta Mengenai Senam Kegel Perempuan
theculturetrip.com

Semakin sadarnya masyarakat akan kesehatan, maka semakin meningkat pula rutinitas olahraga mereka. Salah satu jenis olahraga yang kerap kali dilakukan oleh banyak orang, terutama perempuan adalah senam kegel.

Awalnya, senam ini lebih dikenal sebagai senam bagi ibu hamil yang baru saja bersalin.

Namun, senam kegel ternyata menawarkan segudang manfaat yang tak hanya baik untuk perempuan yang baru saja melahirkan.

Oleh karena itu, kini senam kegel juga dianjurkan bagi siapa saja yang ingin melatih atau mengencangkan otot-otot panggul.

Jangan khawatir dulu, walaupun disebut sebagai senam, sebenarnya latihan otot ini tidak membutuhkan kekuatan atau ketahanan fisik tertentu.

Senam kegel pun mudah dilakukan oleh siapa pun dan di mana pun.

Nah, untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai jenis senam yang satu ini, berikut Popmama.com telah meragkum beberapa faktanya. 

1. Apa itu senam kegel?

1. Apa itu senam kegel
movementformodernlife.com

Senam kegel adalah salah satu jenis olahraga yang dimanfaatkan untuk menjaga bentuk tubuh seorang perempuan serta bermanfaat untuk merapatkan vagina seperti semula. Solusi untuk permasalahan vagina yang longgar dan kendur dapat disiasati dengan melakukan senam kegel untuk merapatkan area vagina. Prinsip dasar dalam melakukan senam kegel sebenarnya hanya meliputi tiga gerakan utama, yaitu jepit, tahan, dan lepas.

Walaupun gerakan-gerakan dalam senam kegel terlihat sederhana, namun manfaatnya sangatlah besar.

Manfaat senam kegel yang paling utama adalah untuk perempuan adalah untuk merapatkan area vagina. Senam kegel tak hanya populer dikalangan perempuan, laki-laki pun dapat melakukan senam yang satu ini.

Namun, khusus untuk perempuan, senam kegel berfungsi untuk beberapa hal yang berkaitan dengan organ reproduksi dan juga kemampuan melakukan hubungan seksual. 

2. Apa saja manfaatnya?

2. Apa saja manfaatnya
stylecraze.com

Perempuan yang rutin melakukan senam ini akan merasakan perubahan dan manfaatnya.

Mengingat bahwa senam kegel merupakan latihan otot yang terfokus pada otot dasar panggul yang terletak di area organ intim perempuan, maka jangan heran jika nantinya kamu akan merasakan beberapa perubahan berikut:

  • Merapatkan vagina setelah proses persalinan normal
  • Mempercepat pemulihan vagina setelah episiotomi (gunting vagina saat melahirkan). Senam kegel diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah yang lancar ke area vagina. Darah yang mengandung oksigen dan berbagai nutrisi sangat diperlukan untuk meregenerasi beragam sel dan jaringan vagina yang mengalami kerusakan akibat episiotomi.  
  • Membantu mengatasi wasir (ambeien), terutama setelah melahirkan lewat vagina. Kegel juga diketahui dapat melancarkan peredaran darah menuju dubur dan vagina.
  • Mengencangkan vagina yang sudah mengendur, misalnya pada saat perempuan memasuki usia menopause. Manfaat ini bisa membantu mewujudkan performa seksual yang lebih memuaskan.
  • Membantu mengatasi gejala-gejala prolaps organ panggul. Prolaps organ panggul yaitu kondisi saat otot dan ligamen yang menopang organ-organ di area panggul melemah. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian oleh para ahli dari Norwegia tahun 2012. Penelitian ini dimuat dalam Journal of Urology.
  • Melancarkan proses persalinan untuk ibu hamil. Proses persalinan merupakan proses yang paling sulit dalam perjalanan hidup seorang perempuan. Persalinan ini sangatlah rumit untuk dilakukan tanpa ada latihan-latihan sebelum persalinan yang perlu dilakukan. Maka dari itu, seorang perempuan perlu melakukan senam kegel untuk membantu proses persalinannya. Terlebih lagi untuk membantunya dalam proses penguatan otot-otot saat proses persalinan berlangsung.
  • Membuka jalan lahir untuk janin. Kebiasaan dalam rutinitas melakukan senam kegel diketahui juga bermanfaat untuk membuka jalan lahir untuk janin yang akan lahir. Gerakan-gerakan dalam senam kegel diketahui mampu membantu otot-otot yang dibutuhkan merenggang saat melahirkan dapat merenggang. Itulah sebabnya mengapa ibu hamil yang melakukan senam kegel secara rutin, biasanya memiliki proses persalinan yang lebih mudah karen jalan lahirnya telah terbuka.

Editors' Picks

3. Cara melakukan senam kegel untuk perempuan

3. Cara melakukan senam kegel perempuan
Pixabay/lograstudio

Senam Kegel perempuan bisa dilakukan sambil berbaring, duduk, berdiri, atau berjalan kaki.

Jika ini adalah pertama kalinya kamu mencoba latihan otot panggul bawah ini, sebaiknya lakukanlah sambil berbaring, dengan kedua lutut menekuk.

Posisi ini akan meminimalisir gaya gravitasi sehingga tubuh mu pun akan lebih rileks.

Untuk menentukan letak otot dasar panggul, cobalah untuk mengencangkan otot di area vagina seolah kamu sedang menahan laju urine ketika buang air kecil.

Otot yang berkontraksi itulah otot dasar panggul mu.

Jika sudah mengetahui letak otot dasar panggul, simak cara melakukan senam kegel perempuan berikut ini:

  • Kencangkan otot panggul bawah selama kira-kira 3 detik
  • Selama mengencangkan otot ini, jangan menahan napas atau mengencangkan otot perut, paha, dan pantat.
  • Lemaskan kembali otot panggul bawah selama 3 detik.
  • Ulangi latihan otot ini hingga 10 kali.
  • Untuk hasil yang maksimal, lakukan latihan ini sebanyak 3 kali sehari.
  • Setelah kamu terbiasa melakukan senam kegel, cobalah untuk menahan otot dasar panggul lebih lama lagi. Mulailah dengan menahan selama 5 detik, sampai kamu bisa menahan selama 10 detik. Berikan jeda yang sesuai, yaitu 5-10 detik. Jangan lupa untuk bernapas seperti biasa selama melakukan senam kegel perempuan.

Kamu bisa melatih otot dasar panggul di mana saja dan kapan saja, misalnya ketika duduk di balik meja kerja atau saat menonton televisi.

Namun, jangan menahan otot dasar panggul ketika kamu buang air kecil karena bisa membahayakan kandung kemih.

4. Apakah ada dampak buruknya?

4. Apakah ada dampak buruknya
Pixabay.com/leninscape

Seperti yang sudah diketahui secara umum bahwa setiap aktivitas memiliki efek samping berupa dampak dan bahaya.

Begitu juga dengan senam kegel. Selain memiliki manfaat yang berlimpah, senam kegel ini ternyata juga memiliki dampak negatif dan bahaya saat melakukannya. 

Apa sajakah dampak negatif dan bahaya dari senam kegel?

Simak penjelasannya berikut ini!

  • Senam kegel memang memiliki banyak manfaat, namun apapun yang berlebihan akan mendatangkan ketidakbaikkan. Senam kegel yang berlebihan pun dapat mendatangkan ketidakbaikan. Pada beberapa kasus misalnya, senam kegel dapat menyebabkan ejakulasi dini. Padahal sebenarnya, perempuan melakukan senam kegel untuk merapatkan area vagina. Tapi bukannya mendapatkan kehidupan hubungan seksual yang memuaskan, malah menjadi muncul masalah baru. Itulah sebabnya, melakukan senam kegel pun harus dilakukan dalam batas-batas tertentu yang tidak merugikan.
  • Pada kasus lainnya, senam kegel pun diketahui dapat memunculkan dampak negatif lain. Misalnya ketika seseorang melakukan senam kegel tanpa pengawasan profesional. Ternyata seseorang dapat mengalami keseleo otot dan kemudian dapat menyebabkan kelumpuhan gerak. Oleh karena itu, lakukanlah senam kegel dalam pengawasan profesional untuk menghindari bahaya keseleo otot yang mengancam.

Nah, itulah beberapa fakta mengenai senam kegel untuk perempuan. 

Ternyata gerakan-gerakan sederhana yang dilakukan saat senam kegel memiliki banyak manfaat untuk perempuan ya.

Tak hanya itu, senam yang satu ini juga ternyata sangat baik untuk dilakukan oleh ibu hamil. 

Baca juga: