Ide Olahan Nasi Untuk Bekal Papa di Kantor. Dijamin Kenyang Ma!

Bosan dengan bekal yang itu-itu saja? Coba kreasi olahan nasi yang satu ini yuk!

31 Maret 2018

Ide Olahan Nasi Bekal Papa Kantor. Dijamin Kenyang Ma
Pexels/rawpixels

Sehat dan mengenyangkan merupakan dua kunci utama yang harus Mama penuhi saat menyiapkan bekal untuk Papa di kantor. Tingginya aktifitas yang dilakukan oleh Papa dapat membuatnya lebih cepat lelah jika tidak ada asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya.

Makanan yang sehat sudah pasti harus Mama sediakan untuk meningkatkan sistem immune pada tubuh Papa. Selain sehat, makanan yang mengenyangkan seperti karbohidrat merupakan pilihan yang tepat juga lho Ma!

Nah, kali ini Popmama.com akan memberikan 7 kreasi olahan nasi yang bisa Mama jadikan referensi untuk bekal Papa di kantor. Mudah, sehat dan mengenyangkan!

1. Bibimbap

1. Bibimbap
Pixabay/changupn

Makanan khas Korea yang satu ini tidak hanya lezat, namun makanan yang kaya akan vitamin ini juga sangat baik bagi kesehatan tubuh Papa.

Bahan-bahannya pun mudah untuk Mama dapatkan, Mama hanya perlu menyiapkan wortel iris, jamur kuping iris, bayam, tauge, jagung pipil, dan satu buah telur.

Setelah menyiapkan bahannya, Mama bisa mulai menumis semua sayuran dengan minyak wijen dan bawang putih, namun lakukan secara terpisah ya, Ma! Lalu goreng telur mata sapi sebagai pelengkapnya. Sajikan dengan nasi hangat.

Mama juga bisa menambahkannya dengan siraman chichken teriyaki diatasnya. Mudah, lezat, dan menyehatkan ya, Ma!

2. Bento

2. Bento
Freepik/xb100

Makanan Jepang di dalam lunchbox yang satu ini pastinya sudah sangat terkenal ya, Ma?

Nah, Mama bisa nih membuatkan bekal Papa sekotak bento yang lengkap dengan salad dan chicken katsu krispi.

Untuk mempersingkat waktu di pagi hari, Mama bisa langsung menggoreng chichken katsu olahan yang sudah dalam kemasan. Lalu Mama hanya perlu mengiris kol, wortel dan mentimun jepang setipis batang korek api, lalu campurkan dengan mayonnaise dan saus sambal.

3. Nasi goreng gila

3. Nasi goreng gila
Pixabay/42 images

Nasi goreng memang nggak ada matinya untuk terus menjadi makanan favorite orang Indonesia!

Dengan sedikit tambahan kreasi, Mama bisa menyajikan nasi goreng gila spesial yang unik dan berbeda dari biasanya.

Mama hanya perlu menyiapkan satu buah telur, sosis iris, baso iris, sawi iris, dan kol iris. Untuk bumbunya, Mama memerlukan bawang merah, bawang putih, dan cabai yang sudah dihaluskan.

Setelah itu, tumis bumbu sampai harum, masukan bahan, tambahkan saus tiram, lalu yang terakhir campurkan dengan nasi. Masak hingga harum dan matang.

Sajikan dengan bawang goreng dan kerupuk bawang.

Editors' Picks

4. Nasi lengko

4. Nasi lengko
Zomato.com/dhevyzhen

Makanan khas Cirebon yang satu ini mungkin sudah jarang Mama temui di kota besar. Namun, bukan berarti Mama tidak bisa membuatnya sebagai bekal lho!

Membuat nasi lengko sangatlah mudah. Mama hanya perlu menyiapkan tauge rebus, tahu goreng, daun kucai, dan mentimun.

Setelah itu, semua bahan tersebut bisa langsung Mama letakan diatas nasi lalu tuang dengan saus kacang dan kecap. Untuk sentuhan terakhir, taburkan bawang goreng.

So yumm!

5. Gado-gado

5. Gado-gado
Flickr.com/avlxyz

Selain lezat, makanan khas Jakarta yang satu ini sangatlah menyehatkan. Cocok sekali untuk Papa yang membutuhkan asupan makanan yang baik.

Membuat gado-gado pun tidak membutuhkan waktu lama. Mama cukup menyiapkan kentang rebus, kangkung rebus, jagung rebus, kol rebus, labu rebus, pare rebus, serta tempe dan tahu goreng.

Setelah itu, letakkan sayuran rebus yang sudah dipotong tersebut pada kotak bekal, lalu pisahkan saus kacang, emping, bawang goreng, dan jeruk nipis.

Papa bisa menuangkan saus kacangnya ketika ingin disantap dikantor.

6. Loco moco

6. Loco moco
Flickr/dnyluong

Makanan khas Hawaii yang satu ini mungkin jarang Mama dengar ya?

Loco moco merupakan nasi yang disiram dengan saus burger diatasnya, lalu disajikan dengan daging burger dan telur mata sapi.

Mama bisa campurkan jamur kancing pada, dan irisan bawang bombay pada saus burger yang berfungsi untuk meningkatkan stamina.

7. Katsudon

7. Katsudon
Flickr.com/Guilhem Vellut

Yang terakhir adalah Katsudon. Untuk memersingkat waktu di pagi hari, Mama bisa membeli chicken katsu olahan yang bisa Mama temukan di super market terdekat.

Setelah Mama menggoreng chicken kastu, Mama bisa langsung mengocok satu butir telur lalu mencampurkannya dengan irisan bawang bombay, garam, dan lada.

Setelah tercampur rata, goreng telur setengah matang didalam wajan, masukkan chicken katsu yang sudah digoreng. Biarkan menyatu. Sajikan.

Letakan nasi dan chichken katsu yang sudah menyatu dengat telur diatasnya. Sebagai pelengkap, Mama bisa tambahkan kecap asin, cabai bubuk, dan salad sayur.

Nah, ternyata bekal yang mudah juga bisa menyehatkan ya, Ma? Jadi mulai sekarang, Papa nggak perlu lagi nih jajan di luar!

Happy cooking!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!