Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Makanan Cepat saat Sahur! Ini 5 Ide Mudah Memasak Telur

Masak telur jadi lebih variatif

13 Mei 2020

Makanan Cepat saat Sahur Ini 5 Ide Mudah Memasak Telur
Pixabay/baljeetmusiccomposer

Saat hujan paling enak menyantap semangkuk mie rebus yang dimasak dengan irisan cabai rawit. Nikmatnya bagaikan hidangan mewah yang tak tergantikan kelezatannya.

Apalagi jika ditambah dengan telur yang dimasak bersamaan dengan rebusan mie. Hidangan mie rebus menjadi lebih lezat karena rasa gurihnya mie menyatu dengan gurihnya telur.

Telur memang makanan yang mudah digemari siapa pun. Tak perlu penambahan bumbu terlalu banyak, telur sendiri sudah gurih dan enak untuk disantap. Untuk bisa menikmatinya pun tidak perlu masak terlalu rumit. Apalagi jika Mama terpaksa memasak sajian dengan telur karena telat bangun sahur. 

Kali ini Popmama.com akan berikan ide variasi memasak telur yang cocok jadi makanan saat sahur. Yuk disimak!

1. Scrambled egg, telur urak-arik yang lembut

1. Scrambled egg, telur urak-arik lembut
cookinglight.com

Jika memasak bukan hal yang mudah dilakukan, membuat scrambled egg ini relatif mudah. Tidak perlu teknik khusus untuk membuatnya.

Cukup dengan memanaskan panci dan menambahkan sedikit minyak, telur bisa langsung dimasak sambil diurak-arik hingga matang.. 

Untuk menambahkan tekstur lembut pada scrambled egg maka perlu ditambahkan sedikit susu. Rasa telur urak arik akan menjadi lebih enak dan terasa lembut di mulut.

Editors' Picks

2. Masak cepat dengan telur mata sapi

2. Masak cepat telur mata sapi
Freepik/jcomp

Teknik memasak telur cepat berikutnya adalah telur mata sapi. Hampir sama metode memasaknya dengan scrambled egg

Bedanya adalah tidak diperlukan mengurak-arik telur saat memasaknya. Cukup didiamkan samoai bagian bawah telur matang, dan jika ingin matang sempurna maka baliklah telurnya sehingga permukaan atas akan matang.

Jika ingin telur mata sapi memiliki bentuk sempurna maka diperlukan teknik khusus dalam membuatnya.

Peralatan yang dibutuhkan antara lain penggorengan, spatula, dan cetakan telur berbentuk lingkaran.

Panaskan penggorengan dengan sedikit minyak. Minyak yang digunakan harus diratakan ke seluruh permukaan penggorengan dan jangan ada minyak yang menggenang. 

Kemudia oleskan juga cetakan telur dengan minyak.

Jika sudah cukup panas, masukkan telur ke dalam cetakan. Beri sedikit air di luar area cetakan. Lalu tutup panci dan diamkan selama kurang lebih 3 menit. 

Tanpa perlu membaliknya, telur sudah siap diangkat dan disajikan di atas piring.

3. Telur rebus dengan berbagai tingkat kematangan

3. Telur rebus berbagai tingkat kematangan
thestayathomechef.com

Membuat telur rebus juga tak kalah mudahnya. Tanpa perlu memecahkan cangkang yang akan berisiko pecahan cangkang ikut termasak, telur bisa langsung dimasukkan ke dalam panci dan dimasak.

Jika Mama menginginkan tingkat kematangan tertentu yang perlu diperhatikan adalah waktu.

Selain itu, masukkan telur saat air sudah mencapai titik didih. Ini penting karena akan sangat berpengaruh pada penghitungan waktu dan tingkat kematangan yang diinginkan.

Semakin lama waktu merebus maka telur akan semakin matang. Jika Mama ingin mendapatkan kuning telur yang setengah matang maka percepat durasi merebus telurnya.

4. Pouch egg si telur kantong

4. Pouch egg si telur kantong
simplyhomecooked.com

Memasak telur ini membutuhkan teknik khusus saat proses memasaknya. Sebab, tidak mudah untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Walaupun membuat pouch egg membutuhkan teknik dalam proses memasaknya, tetapi masih tetap mudah dilakukan. Sebab, Mama hanya membutuhkan air dan garam serta tentu saja telurnya. Telur yang digunakan harus dalam suhu ruang.

Cara membuatnya adalah panaskan air hingga muncul sedikir gelembung. Usahakan air tidak sampai mendidih sempurna karena bisa menghancurkan telur yang akan dibuat.

Kemudian masukkan satu sendok garam. Fungsi garam bukan hanya sebagai penambah rasa pada telur tapi juga akan membuat telur langsung menyatu di air. 

Kemudian masukkan telur yang sudah dikeluarkan dari cangkangnya.

Biarkan selama 3 menit dalam keadaan panci tertutup.

5. Telur dadar sebagai hidangan lengkap

5. Telur dadar sebagai hidangan lengkap
Freepik/Mrsiraphol

Ide memasak telur yang berikutnya adalah telur dadar. Membuat telur dadar pun sangat mudah untuk dibuat.

Hanya perlu mengocok telur hingga putih dan kuning telur menyatu sebelum telur dipanaskan di atas panci.

Hal yang lebih menyenangkannya lagi, Mama bisa menambahkan berbagai jenis makanan di dalam kocokan telur, seperti bayam, tomat, wortel, daun bawang, hingga ayam.

Memasak hidangan komplit menjadi mudah dan cepat untuk dilakukan. Terutama untuk makanan yang cepat dimasak saat sahur.

Jika memiliki persediaan telur di rumah cukup banyak, cobalah untuk memvariasikan olahan telur. Walaupun hanya berasal dari satu jenis makanan, apabila dibuat dengan variasi teknik pengolahannya maka setiap hari akan terasa menyantap makanan lainnya.

Hal terpenting yang perlu diingat bahwa telur adalah makanan lezat yang akan selalu lezat bagaimana pun ia diolah. Yuk, mulai variasikan memasak telur di rumah!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk