Alasan Mengapa Kamu Sering Merasa Ngantuk Setelah Makan

Tidak hanya kenyang, ternyata makan juga membuat seseorang merasa ngantuk

30 November 2020

Alasan Mengapa Kamu Sering Merasa Ngantuk Setelah Makan
Freepik/Senivpetro

Mungkin Mama salah satu orang yang sering mengalami rasa kantuk sesaat setelah makan. Setelah perut terisi makanan, justru tubuh menjadi terasa lelah dan mengantuk.

Bahkan, banyak yang mengaitkan beberapa makanan tertentu terhadap kemampuan kandungannya yang menyebabkan rasa ngantuk tersebut. Salah satu makanan yang sering menjadi kambing hitam penyebab rasa ngantuk adalah daun kangkung.

Ternyata, hal ini ada alasan secara ilmiahnya mengapa setelah makan merasa ngantuk. Kali ini Popmama.com berkesempatan untuk memberikan rangkuman tentang alasan mengapa setelah makan merasa ngantuk.

Simak penjelasan berikut ini ya, Ma!

1. Jenis makanan yang dikonsumsi merangsang hormon tidur

1. Jenis makanan dikonsumsi merangsang hormon tidur
Freepik

Beberapa jenis makanan memang bisa membuat seseorang merasa ngantuk setelah makan. Biasanya, jenis makanan itu adalah makanan dengan kandungan protein tinggi dan juga karbohidrat.

Protein pada makanan akan dicerna oleh tubuh untuk diubah menjadi asam amino. Salah satu asam amino, yaitu triptofan akan merangsang hormon serotonin keluar.

Hormon serotonin berfungsi untuk mengatur suasana hati. Begitu hormon ini melonjak maka tubuh akan merasa rileks dan mengantuk.

Sedangkan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana juga akan memberikan efek merasa ngantuk setelah makan. Lonjakan kadar gula pada tubuh akan membuat tubuh mengalami food coma. Hal tersebut adalah kondisi dimana tubuh mengalami rasa letih, pusing, dan sulit berkonsentrasi.

Editors' Picks

2. Porsi makan yang terlalu besar membuat tubuh lelah mencerna

2. Porsi makan terlalu besar membuat tubuh lelah mencerna
Freepik/xb100

Hal lain yang membuat tubuh merasa ngantuk setelah makan bisa jadi disebabkan oleh porsi makan yang terlalu besar. Seseorang yang mengonsumsi makanan terlalu banyak akan membuat tubuh lebih mudah merasa lelah.

Hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh yang harus bekerja lebih ekstra untuk mencerna makanan dalam jumlah yang banyak. Sehingga menjelang sore hari, tubuh merasa kelelahan.

3. Kebiasaan tidur malam yang buruk dan tidak teratur

3. Kebiasaan tidur malam buruk tidak teratur
Pexels/Ivan Oboleninov

Ternyata, kebiasaan tidur malam yang buruk dan tidak teratur juga mudah menyebabkan seseorang merasa ngantuk setelah makan. Sebab, saat perut dalam kondisi kenyang maka tubuh akan merasa rileks. Jika tubuh tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup maka tubuh akan lebih merasa lelah.

4. Kurang melatih fisik untuk bergerak

4. Kurang melatih fisik bergerak
Freepik/cookie_studio

Seseorang yang jarang melatih fisiknya maka akan mudah merasa letih. Termasuk mudah merasa ngantuk setelah makan.

Beberapa penelitian juga menemukan fakta bahwa melakukan olahraga secara rutin dapat meningkatkan stamina tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah merasa letih dan lesu.

5. Gangguan kelenjar tiroid yang membuat tubuh sulit mengubah energi makanan

5. Gangguan kelenjar tiroid membuat tubuh sulit mengubah energi makanan
Freepik
joker with card

Jika tubuh mudah merasa ngantuk setelah makan bisa disebabkan adanya gangguan kelenjar tiroid. Gangguan kelenjar tiroid akan membuat tubuh kesulitan merubah gula menjadi energi. Akibatnya, tubuh akan kekurangan energi dan cepat merasa lelah.

Coba periksakan kondisi tubuh jika keluhan mudah merasa ngantuk setelah makan ini mengganggu aktivitas sehari-hari. Ubah pola hidup lebih sehat dan jaga tingkat stress.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.