Menyehatkan! Ini 7 Manfaat Konsumsi Makanan dan Minuman Fermentasi

Makanan atau minuman fermentasi lainnya ada yoghurt, asinan sawi, kimchi, tempoyak, tape, dan keju

29 Agustus 2020

Menyehatkan Ini 7 Manfaat Konsumsi Makanan Minuman Fermentasi
Pexel/Life of Pix

Proses fermentasi dapat menambah nilai nutrisi pada suatu makanan dan minuman. Sebab, makanan dan minuman yang difermentasi mengalami proses yang melibatkan mikroba baru yang akan memberikan manfaat bagi seseorang yang mengonsumsinya.

Fermentasi sendiri adalah proses alami yang melibatkan bakteri atau ragi untuk memecah gula menjadi asam atau alkohol. Jadi, wajar jika makanan fermentasi memiliki rasa yang lebih asam.

Makanan fermentasi sangat mudah didapatkan di Indonesia, salah satu contoh yang paling mudah ditemukan adalah tempe. Makanan atau minuman fermentasi lainnya ada yoghurt, asinan sawi, kimchi, tempoyak, tape, keju, dan masih banyak lain.

Jika kita lihat, makanan-makanan fermentasi tadi adalah jenis makanan yang sehat. Sangat baik dikonsumsi harian dalam jumlah yang tepat. Sebab, makanan dan minuman fermentasi memiliki begitu banyak manfaatnya.

Di kesempatan kali ini, Popmama.com akan uraikan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi makanan dan minuman fermentasi.

1. Makanan dan minuman fermentasi membantu pencernaan

1. Makanan minuman fermentasi membantu pencernaan
Freepik/nikitabuida

Makanan dan minuman fermentasi dapat membantu pencernaan seseorang. Hal itu dikarenakan adanya bakteri baik yang aktif dan bisa membantu mencerna makanan-makanan yang masuk ke dalam usus.

2. Proses fermentasi dapat memecah nutrisi yang sulit dicerna menjadi lebih mudah

2. Proses fermentasi dapat memecah nutrisi sulit dicerna menjadi lebih mudah
Freepik/nensuria

Saat proses fermentasi, bakteri atau ragi yang digunakan untuk memproses suatu makanan dan minuman akan memecah nutrisi yang sulit dicerna.

Sebagai contoh fermentasi susu menjadi yoghurt. Bakteri yang digunakan untuk menjadikan yoghurt akan memecah protein laktosa yang sulit dicerna oleh manusia. Sehingga seseorang yang memiliki masalah dengan susu akan lebih mudah menerima yoghurt. 

Begitupun dengan gula. Bakteri fermentasi akan memecah dan memakan gula yang terkandung di dalamnya. Sehingga wajar jika makanan dan minuman fermentasi terasa lebih asam.

Editors' Picks

3. Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit

3. Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit
freepik/tirachardz

Makanan dan minuman fermentasi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mikroorganisme yang terdapat dalam makanan dan minuman fermentasi dapat menjaga respon imun tubuh.

Di samping itu, jika kondisi usus seseorang dalam keadaan baik makan nutrisi makanan akan terserap dengan baik. Sehingga kebutuhan nutrisi tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

4. Dapat mencegah risiko terkena kanker prostat

4. Dapat mencegah risiko terkena kanker prostat
Health-articles.info

Makanan dan minuman fermentasi memiliki kandungan vitamin K2 yang tinggi. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa peningkatan konsumsi vitamin K2 dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Selain itu, senyawa isoflavon dari makanan dan minuman fermentasi bisa menurunkan lemak darah yang menyebabkan sel kanker.

5. Makanan dan minuman fermentasi akan membantu proses detoksifikasi

5. Makanan minuman fermentasi akan membantu proses detoksifikasi
Pixabay/imissyou

Kandungan asam dan bakteri yang ada pada makanan dan minuman fermentasi mampu membersihkan berbagai macam racun dan logam berat yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh akan melakukan proses detoksifikasi setelah mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi.

6. Makanan dan minuman fermentasi mampu menjaga tekanan darah

6. Makanan minuman fermentasi mampu menjaga tekanan darah
pixabay/stevepb

Mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi memiliki efek yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dengan demikian, seseorang yang rutin mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi akan tercegah terkena risiko penyakit jantung koroner atau penyakit lainnya akibat hipertensi.

7. Makanan dan minuman yang difermentasi memiliki manfaat untuk kecantikan kulit

7. Makanan minuman difermentasi memiliki manfaat kecantikan kulit
Freepik/diana.grytsku

Hal yang paling menarik bagi perempuan adalah bagaimana mendapatkan kulit yang cantik dan bersih. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi ternyata dapat membuat kindisi kulit menjadi lebih bagus.

Seorang dokter kulit menyarankan pasiennya untuk konsumsi tempe mentah setiap pagi sebagai treatment mengatasi jerawat pada kulitnya. Kecantikan kulit wanita Korea pun dikatakan karena kebiasaan orang Korea dalam mengonsumsi makanan fermentasi, salah satunya kimchi.

Dari berbagai uraian di atas, disebutkan bahwa memang makanan dan minuman fermentasi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Tidak hanya kesehatan pencernaan, bahkan juga baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.