Tak Sekadar Senang Melakukannya, Ini 5 Alasan Pentingnya Memiliki Hobi

Melakukan apa yang disukai akan mendorong seseorang melakukannya dengan sebaik mungkin

1 Maret 2021

Tak Sekadar Senang Melakukannya, Ini 5 Alasan Penting Memiliki Hobi
Pixabay/Foundry

Melakukan hal yang kita sukai tentu sangat menyenangkan. Hal itu biasa kita kenal dengan hobi. Walaupun sering gagal saat melakukan atau mengerjakan sebuah hobi, tidak akan menyerah atau bosan untuk melakukannya kembali.

Ternyata, melakukan sebuah hobi bukan hanya untuk kesenangan saja. Ada manfaat lain yang bisa didapatkan dengan kita melakukan hobi. Apalagi jika hobi dilakukan dengan serius dan bersungguh-sungguh. Hobi bisa bukan sekadar hal yang kita sukai saja.

Setidaknya ada 5 alasan pentingnya memiliki hobi bagi seseorang. Berikut penjelasan Popmama.com terkait manfaat hobi.

1. Membantu meredakan stres

1. Membantu meredakan stres
Freepik

Bagi sebagian orang, melakukan hobi adalah sebagai pelepas stres dari rutinitas harian. Hobi yang dilakukan bisa mengalihkan pikiran yang penuh tekanan kepada hal yang menyenangkan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Matthew Zawadzki, asisten profesor psikologi di University of California menemukan bahwa seseorang yang melakukan hobinya memiliki detak jantung dan tingkat stres yang lebih rendah.

Itulah mengapa pentingnya memiliki hobi untuk menjaga kondisi mental tetap sehat.

Editors' Picks

2. Mengisi waktu luang dengan hal yang lebih produktif

2. Mengisi waktu luang hal lebih produktif
Freepik/pvproductions

Memiliki waktu luang bisa dimanfaatkan dengan melakukan hobi agar hidup menjadi lebih produktif. Memanfaatkan waktu luang dengan melakukan hobi dapat meningkatkan kemampuan terhadap hobi tersebut.

Sebagai contoh, Mama memiliki ketertarikan dengan fotografi. Mama akan berlatih setiap ada waktu luang. Lalu, tanpa disadari kemampuan Mama menjadi lebih baik karena terus menerus melakukannya. 

3. Bisa menjadi sumber penghasilan

3. Bisa menjadi sumber penghasilan
Freepik/Karlyukav

Pentingnya memiliki hobi tidak hanya sekadar melakukan apa yang disukai. Sebagian orang bisa menjadikan hobi sebagai sumber penghasilannya utamanya. Atau, sebagian lainnya menjadikan hobi sebagai penghasilan tambahan.

Ya, memang hobi bisa menjadi kesempatan kita untuk mendapatkan penghasilan. Ambil contoh, hobi menulis bisa menjadikan seseorang menjadi penulis, hobi memasak bisa menjadikan peluang bisnis, atau hobi fotografi bisa menjadikan seseorang menjadi fotografer, dan sebagainya.

4. Memperluas jaringan sosial

4. Memperluas jaringan sosial
Freepik/tirachardz

Tanpa disadari, pentingnya memiliki hobi bisa membawa seseorang bertemu dengan orang-orang dengan ketertarikan yang sama. Ketika melakukan hal yang disukai, kita cenderung mencari tahu lebih terhadap hal tersebut.

Hal ini secara tanpa sadar membuat kita menjadi lebih aktif untuk mencari tahu lebih dalam tentang hobi kita. Bisa dengan mengikuti komunitas hobi tertentu, mengikuti acara pelatihan atau seminar, dan sebagainya.

Inilah yang akan membuat jaringan sosial dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan sejenis menjadi lebih luas.

5. Memperkuat identitas diri

5. Memperkuat identitas diri
Freepik

Seseorang yang memiliki hobi dan serius melakukannya biasanya cenderung memiliki identitas yang kuat.

Sebab biasanya, ketika kita menyukai sesuatu hal, kita cenderung akan menceritakan hal tersebut kepada orang lain berulang-ulang.

Saat menceritakan hal tersebut pun kita cenderung bersemangat dan antusias karena berharap orang yang mendengarkan akan menyukai hal yang kita sukai. Hal ini akan membentuk identitas diri kita terhadap hobi tersebut.

Jadi, di balik alasan pentingnya memiliki hobi ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Bukan hanya sekadar melakukan yang disukai tapi juga bisa memberikan dampak positif terhadap diri sendiri. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.