Jika Alami Ciri Ciri Usus Buntu Ini, Segera Periksa ke Dokter

Jangan tunda, kenali dan tangani jika mengalami ciri-ciri usus buntu seperti ini

18 September 2019

Jika Alami Ciri Ciri Usus Buntu Ini, Segera Periksa ke Dokter
Pixabay/derneuemann

Penyakit usus buntu atau dalam istilah medisnya disebut dengan apendisitis merupakan kondisi yang menyebabkan peradangan pada organ usus buntu. Kondisi ini membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin jika sudah terdeteksi ciri-cirinya.

Rasa nyeri di perut bagian kanan bawah menjadi salah satu gejala usus buntu yang paling mudah dikenali. Selain sakit perut, ciri ciri usus buntu di bawah ini juga penting untuk kamu ketahui.

Meski begitu, tidak semua orang yang terkena penyakit usus buntu ini mudah mengetahui secara dini bahwa dirinya tengah mengalami sakit ini. Jadi, bagaimana cara mengenali ciri-ciri usus buntu sejak dini agar bisa segera ditangani?

Berikut Popmama.com sebutkan ciri-ciri umum usus buntu yang sering dialami para penderitanya:

1. Mual, muntah, dan nafsu makan berkurang

1. Mual, muntah, nafsu makan berkurang
tasogs.com

Pertama, ciri-ciri usus buntu selain sakit perut yaitu mual dan muntah. Hal ini bisa terjadi karena dalam beberapa kasus radang usus buntu terkadang berdampak pada saluran pencernaan dan sistem saraf, sehingga memungkinkan kamu untuk mengalami mual dan muntah.

Inilah yang mengakibatkan nafsu makan kamu akan berkurang secara drastis.

2. Gangguan pencernaan

2. Gangguan pencernaan
Freepik

Mengalami beberapa gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare juga menjadi salah satu ciri-ciri usus buntu yang dialami oleh banyak orang. Tak hanya itu, bahkan beberapa orang juga mengalami kesulitan buang angin atau kentut.

Jika kamu salah seorang yang mengalami kesulitan untuk buang angin, maka wajib bagi kamu untuk waspada karena kemungkinan besar penyumbatan pada usus sudah terjadi sebagian atau menyeluruh.

Editors' Picks

3. Demam ringan

3. Demam ringan
Youtube.com/Wochit News

Ciri ciri usus buntu selanjutnya yaitu demam. Demam yang mengindikasikan suatu gejala usus buntu biasanya berkisar antara 37 sampai 38 derajat Celcius. Jika semakin parah, maka demam bisa mencapai 38 derajat Celcius disertai dengan peningkatan denyut jantung.

Demam ini terjadi sebagai reaksi alami sistem kekebalan tubuh saat melawan infeksi. Dan ini berguna untuk mengurangi jumlah bakteri jahat yang akan menyerang tubuh.

Baca juga: Cegah Demam Berdarah dengan 5 Langkah Ini

4. Sering buang air kecil

4. Sering buang air kecil
allsingaporestuff.com

Apabila akhir-akhir ini kamu sering buang air kecil, maka kamu harus waspada karena itu juga termasuk ciri-ciri usus buntu. Usus buntu terletak di bawah panggul, sehingga posisinya terbilang dekat dengan kandung kemih.

Ketika kandung kemih bersinggungan dengan usus buntu yang sedang meradang, maka akan mempengaruhi kandung kemih.

Akibatnya, kandung kemih pun akan mengalami peradangan. Inilah yang membuat kamu jadi lebih sering buang air kecil. Dalam beberapa kasus, orang yang mengalaminya akan merasakan buang air kecil yang sedikit menyakitkan.

Nah, itu dia ciri-ciri usus buntu pada umumnya yang sangat penting untuk diketahui. Khusus untuk anak kecil dan ibu hamil tentu ciri-ciri atau gejala usus buntu yang ditimbulkan berbeda.

Apabila kamu mengalami tanda-tanda seperti yang baru saja disebutkan di atas, segera periksa ke dokter.

Kemungkinan terburuknya jika lambat mendapat penanganan adalah usus buntu dapat pecah dan menyebabkan infeksi berat yang dapat mengancam keselamatan.

Oleh sebab itu, penting untuk kamu mewaspadai tanda dan gejala awal dari usus buntu. Ini akan membantu kamu dalam mengurangi risiko komplikasi dari penyakit ini di kemudian hari.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!