Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

16 Makanan Ikan Cupang yang Bergizi Baik untuk Masa Pertumbuhan

Makanan ikan cupang ini mudah untuk ditemui dan bernutrisi tinggi

23 November 2022

16 Makanan Ikan Cupang Bergizi Baik Masa Pertumbuhan
Pexels/Ondosan Sinaga

Pada tahun 2022 sempat terjadi fenomena viralnya salah satu ikan yang banyak diburu masyarakat, khususnya pecinta ikan hias. Ikan cupang dengan segala keunikannya menjadi salah satu hewan yang paling dicari.

Sebelum viral ikan ini tak begitu asing di kuping para masyarakat. Namun saat munculnya beberapa jenisnya yang langka, keviralan mulai terjadi.

Banyak penjual ikan hias yang memasang harga begitu luar biasa untuk ikan cupang ini. Hal itu yang ramai menjadi perbincangan masyarakat, tetapi melihat bentuk dan corak yang unik tak heran harga ikan cupang melangit.

Ikan cupang yang sebelumnya dianggap sebelah mata ini, memiliki cara pemeliharaan yang berbeda. Makanannya pun beragam karena menyesuaikan dengan jenis-jenisnya.

Berikut ini, Popmama.com telah merangkum 16 makanan ikan cupang yang bergizi baik untuk masa pertumbuhan ikan. Apabila tertarik untuk memeliharan ikan cupang, yuk simak informasi berikut!

1. Jentik nyamuk

1. Jentik nyamuk
Instagram.com/risfamily.betta

Makanan yang menempati urutan pertama untuk ikan cupang ialah jentik nyamuk. Hal ini karena jentik nyamuk menjadi makanan favorit ikan cupang.

Selain itu, jentik nyamuk mudah ditemukan dan sangat umum untuk segala jenis ikan. Satu hal terpenting dari jentik nyamuk ialah kandungan gizinya yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan.

Para penggiat ikan hias pun mengakui hal ini. Sangat disarankan memang jentik nyamuk diberikan kepada ikan cupang remaja karena kadar proteinnya tinggi. 

2. Cacing darah

2. Cacing darah
Instagram.com/hafiyyanbetta

Cacing darah juga menjadi salah satu makanan ikan cupang yang cukup direkomendasikan. Sama seperti jentik nyamuk, cacing darah diketahui memiliki protein yang tinggi sehingga bagus untuk masa pertumbuhan ikan cupang.

Banyak yang percaya bahwa ikan yang diberi makan cacing darah ini, bisa menghasilkan warna yang lebih menarik. Hal ini terbukti dari beberapa pencinta ikan hias yang memberikan cacing darah sebagai makanan utama cupang mereka.

3. Cacing sutra

3. Cacing sutra
Pexels/Karolina Grabowska

Jenis cacing selanjutnya yang biasa dikonsumsi oleh ikan cupang ialah sutra. Biasanya cacing ini banyak dijual di toko ikan hias, atau kamu bisa mencarinya di selokan dekat rumah.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika memberi makan ikan cupang dengan cacing sutra, yakni perlu membersihkan cacing sutra terlebih dahulu dengan air.

Hal ini dilakukan agar bakteri dan kotoran pada cacing tidak terbawa hingga ke dalam akuarium.

4. Cacing renik

4. Cacing renik
Instagram.com/savagefishshack

Jenis cacing yang sering dikenal dengan nama Microworms, yaitu salah satu pakan alami yang baik untuk ikan cupang. Ukuran cacing ini sangatlah kecil, sehingga ia cocok untuk masuk dalam mulut dan perut ikan cupang.

Cara budidaya cacing renik dapat dilakukan dengan membeli pakannya di toko ikan hias, lalu masukan dalam toples dan berikan remahan roti tawar di dalamnya. Nantinya Microworms akan berkembangbiak sendiri hingga jumlah yang banyak.

Hal ini cukup mudah untuk dilakukan sehingga tak heran mengapa banyak penggiat ikan hias yang gemar memelihara ikan cupang.

5. Kutu air

5. Kutu air
Pexels/Maria Tsegelnik

Kutu air memang terdengar sedikit menjijikan, umumnya kita mengetahui hewan ini berbahaya untuk kulit manusia. Namun di balik hal tersebut, ternyata kutu air merupakan makanan yang sangat bagus untuk ikan cupang.

Bahkan menjadi salah satu makanan favoritnya. Kandungan lemak yang rendah pada kutu air membuat ikan cupang dapat berkembang dengan baik.

Di samping itu, untuk membuat variasi makanan pada ikan cupang. Kamu bisa mencampurkan kutu air dengan pakan lainnya agar nafsu makan ikan cupang meningkat.

6. Lalat

6. Lalat
Pexels/the name is karupu

Lalat yang terkenal sebagai hewan kotor, ternyata cukup berguna untuk makanan ikan cupang. Hewan ini adalah pakan pilihan yang bergizi, meskipun untuk mendapatkannya cukup sulit.

Pemberian makan ikan cupang dengan lalat perlu diperhatikan, jangan sampai terlalu banyak atau sedikit. Setidaknya berikan dua hingga tiga lalat untuk satu ekor ikan cupang.

Lalu, buanglah kepala lalat sebelum diberikan pada ikan ini.

7. Burayak Guppy

7. Burayak Guppy
Instagram.com/grandchiefer

Burayak guppy adalah istilah yang digunakan untuk anak ikan guppy. Ikan cupang jenis giant sangat dianjurkan untuk memakan burayak guppy, karena kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya membuat pertumbuhan cupang menjadi lebih cepat.

Makanan ikan yang unik ini bisa menjadi alternatif lain, ketika ikan cupangmu sudah tak mau makan pakan utamanya. Umumnya burayak guppy dapat ditemukan di toko ikan hias.

Editors' Picks

8.Artemia

8.Artemia
Instagram.com/autoctonosdeuguay

Artemia adalah jenis udang kecil yang hidup di laut, biasanya hewan ini dikenal dengan nama brine shrimp. Ukurannya yang begitu kecil menjadi alasan mengapa ia cocok menjadi makanan ikan cupang.

Selain itu, artemia mengandung nutrisi dan protein yang tinggi. Sehingga ia cukup banyak dicari oleh pemelihara ikan cupang, karena  bagus untuk pertumbuhannya.

Hal yang perlu diperhatikan saat memberi makan ikan cupang dengan artemia yaitu, bilaslah udang garam. Hal ini dilakukan agar kadar garam yang menempel ditubuhnya, tak begitu mengganggu keseimbangan asupan yang dikonsumsi ikan cupang.

9. Vinnegar eels

9. Vinnegar eels
Instagram.com/cabin_aquarium

Vinnegar Eels adalah pakan ikan cupang yang sejenis dengan belut, hewan ini biasanya ditemukan di permukaan air dan ukurannya sangat kecil. Sehingga untuk mendapatkannya terkadang cukup sulit.

Makanan satu ini dianjurkan lebih banyak diberikan kepada anak ikan cupang, karena kandungan nutrisinya bagus untuk pertumbuhan dan mampu menambah gairah ikan.

10. Daphnia magna

10. Daphnia magna
Instagram.com/science_learning.point

Makanan ikan cupang satu ini sejenis dengan kutu air, tetap ukurannya lebih besar. Tak jarang orang menyebut hewan ini adalah kutu air besar.

Daphnia magna berasal dari Amerika Utara, tetapi kini sudah banyak ditemukan di berbagai daerah terutama pada penjual makanan ikan hias. 

11. Infusoria

11. Infusoria
Instagram.com/yoshelbey

Infusoria adalah makanan ikan cupang alami yang kini tengah popular saat ikan hias viral. Hewan ini sejenis dengan invertebrata kecil yang hidup di air, berdasarkan ukurannya hewan ini cocok untuk dijadikan pakan ikan cupang dewasa.

Apabila kamu ingin membudidayakan Infusoria di rumah, hal ini cukup mudah untuk dilakukan.

Gunakanlah kol atau sawi yang telah membusuk, lalu rebus dan ambil sarinya dengan di peras. Setelah itu, campurkan sari tersebut ke dalam toples bersama air dari akuarium, dan ampas dari perasan sawi dan kol.

Diamkan cairan ini selama tiga hari di tempat yang teduh. Di hari ketiga, akan muncul hewan-hewan kecil berwarna putih yang disebut Infusoria.

Apabila hewan ini sudah muncul dalam jumlah yang banyak, segera berikan pada ikan cupang karena daya tahan Infusoria hanya selama satu minggu. Variasikan pakan ikan cupang alami ini dengan makanan lainnya, agar kebutuhan nutrisi ikan terpenuhi dengan baik.

12. Spirulina

12. Spirulina
Instagram.com/dyt.tutkuseven

Biasanya kita sering mendengar spirulina dijadikan masker untuk perawatan wajah. Namun tak hanya itu, fungsi dari alga hijau ini ternyata dapat menjaga kesehatan dan warna pada ikan cupang.

Namun, dalam pemberian spirulina sebagai makanan ikan cupang, anda harus mencampurkannya dengan pakan lain karena ikan cupang adalah jenis hewan karnivora. Biasanya alga hijau ini dicampurkan dalam pelet ikan.

13. Kuning telur

13. Kuning telur
Pexels/Ron Lach

Ikan cupang dalam masa pertumbuhannya membutuhkan asupan protein yang tinggi. Dalam hal ini, warna serta ukuran dari ikan cupang dipengaruhi oleh nutrisi yang ia dapatkan selama pertumbuhan.

Maka dari itu, kuning telur yang kaya akan protein menjadi pilihan makanan terbaik untuk ikan cupang. Cara pemberiannya pun cukup mudah, rebus dan kukuslah kuning telur secukupnya dan masukan ke dalam akuarium.

Makanan satu ini tidak dianjurkan untuk terlalu sering diberikan pada ikan cupang. Hal ini karena sisa-sisa pakan kuning telur bisa mengotori akuarium dan berujung pada terganggunya kesehatan ikan.

14. Pelet ikan

14. Pelet ikan
Instagram.com/agastian_dika

Pelet adalah makanan ikan cupang yang paling banyak ditemukan di pasaran. Seluruh ikan maupun hias atau ternak pasti menggunakan pelet ini.

Produk ini tersedia dengan jenis dan kualitasnya yang bervariasi. Pelet yang baik untuk ikan cupang adalah pelet sedikit mengandung bahan pengisi, dan lebih banyak bahan berkualitasnya untuk membantu ikan cupang berkembangbiak.

Pada beberapa pelet ikan cupang, ada yang bisa mengembang secara signifikan setelah terkena air. Hal ini menyebabkan ikan merasa kembung, bahkan berisiko terjadi masalah pencernaan.

Solusi untuk mengatasi kondisi ini dapat dilakukan dengan merendamnya dalam air untuk menghidrasi pelet ikan.

15. Makanan serpihan

15. Makanan serpihan
Pexels/Monstera

Umumnya makanan serpihan untuk ikan cupang telah diformulasikan sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Maka dari itu, tidak semua jenis ikan bisa mengonsumsi makanan serpihan ini.

Bentuk makanannya yang tipis dan kecil cocok untuk menjadi makanan sehari-hari ikan cupang, tetapi sayangnya hal ini  berisiko dapat mengotori akuarium. Alangkah baiknya, jika kamu melihat serpihan berlebih tenggelam di dasar akuarium segera bersihkan menggunakan saringan.

16. Makanan beku

16. Makanan beku
Pexels/Valeria Boltneva

Perlu diketahui bahwa ikan cupang termasuk hewan karnivora yang agresif saat diberik makanan. Dengan memberi makan ikan cupang dalam keadaan beku dan segar, naluri alam ikan cupang akan muncul sehingga bermanfaat untuk mereplikasi habitat alami dan sumber makanan mereka.

Namun yang perlu diperhatikan pada jenis makanan satu ini yaitu, biasanya makanan segar dan beku sering mengandung parasit dan penyakit lainnya. Maka dari itu, apabila kamu tertarik untuk memelihara ikan ini, pastikan bahwa sumber makanannya higienis.

Lalu, makanan ikan cupang yang dibekukan ini juga dapat memperpanjang daya simpan. Sebelum memberikan makanan beku pada ikan cupang, cairkanlah terlebih dahulu agar lebih mudah dikonsumsi ikan.

Perhatikan porsi pemberian makan ikan cupang, agar tidak ada yang tersisa. Hal ini harus dilakukan karena makanan beku yang sudah dicairkan tidak boleh dibekukan kembali, karena berisiko akan terkena bakteri.

Nah, itulah tadi 16 makanan ikan cupang yang bergizi baik untuk masa pertumbuhan ikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Mama dan Papa yang ingin mulai memelihara ikan hias viral ini ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk