5 Alat Wajib Membuat Bento Box Lucu dan Menggemaskan ala Jepang

Kamu ingin bisa membuat bento box lucu dan menggemaskan? Miliki dulu 5 benda wajib berikut ini!

21 Desember 2018

5 Alat Wajib Membuat Bento Box Lucu Menggemaskan ala Jepang
fathomaway.com

Kreasi bento yang lucu dan menggemaskan saat ini sedang digemari.

Biasanya para Mama meluangkan waktu untuk membuat bento lucu untuk si Kecil.

Tetapi tidak hanya untuk si Kecil, bento yang indah ini bisa juga kamu buat untuk bekal makan siangmu dan pasangan.

Bayangkan betapa senang dan bahagianya perasaan pasangan saat membuka bekal yang imut dan mengggemaskan.

Agar lancar dalam berkreasi membuat bento, setidaknya kamu memerlukan 5 benda wajib berikut ini:

1. Cetakan nasi

1. Cetakan nasi
m.elevenia.co.id

Cetakan nasi sangat populer di negara Jepang dan dimanfaatkan untuk membentuk onigiri. Bentuk cetakan nasi ini sangat bervariasi, mulai dari bentuk binatang, kartun, buah, dan bunga. Bahkan tersedia juga dalam bentuk segitiga, kotak maupun lingkaran.

Supaya nasi mudah terbentuk, kamu harus memasaknya hingga pulen. Oleskan bagian dalam cetakan dengan air, lalu isi menggunakan nasi yang masih hangat hingga semua rongganya tertutupi. Tekan hingga memadat.

Kalau kamu ingin memberi isian tertentu di dalam cetakan nasi, maka tuang nasi hingga separuh cetakan kemudian beri isian yang diinginkan. Setelah itu tutup kembali dengan rapi.

Setelah itu kamu bisa menghias bagian muka nasi dengan nori atau lembaran rumput laut. Nori bisa dipotong sesuai keinginan misalnya untuk membuat mata, kumis dan telinga kucing.

2. Cetakan telur

2. Cetakan telur
fathomaway.com

Cetakan telur ini berfungsi untuk merubah bentuk telur dari oval menjadi bentuk yang kita inginkan. Bentuk yang indah bermanfaat dalam menghias bento hingga menjadi lebih cantik dan enak dipandang.

Biasanya alat ini memiliki ukuran yang kecil sehingga hanya cocok untuk telur puyuh.

Taruh telur di dalam wadah, lalu tutup dengan sisi cetakan yang lainnya selama beberapa saat. Maka telur pun akan berubah bentuk menyesuaikan wadah.

Editors' Picks

3. Cetakan roti

3. Cetakan roti
zahra.org

Selain nasi kamu juga bisa membentuk roti menjadi berbagai macam bentuk yang kamu inginkan. Cetakan kue atau bread cutter ini adalah jawabannya.

Kamu bisa mengisi roti dengan berbagai bahan yang kaya gizi dan nutrisi misalnya sayuran, tomat, keju, daging maupun telur dan lengkapi dengan saos dan mayonaise agar lebih nikmat.

4. Tusukan makanan

4. Tusukan makanan
Tokopedia/Bento Daiso Indonesia

Tusuk makanan berfungsi seperti garpu. Tusukan makanan ini memiliki berbagai bentuk menarik dan lucu sehingga bisa menjadikan keseluruhan penampilan bekal makanan menjadi menarik.

Menu yang biasanya bisa kamu lengkapi dengan tusukan makanan diantaranya buah, nugget, sandwich yang dipotong, maupun lauk-pauk berukuran kecil.

5. Kotak bekal

5. Kotak bekal
Tokopedia/laris_88 computer

Kotak bekal bisa membuat tampilan makan siang menjadi lebih menarik. Sebaiknya pilih yang memiliki sekat banyak sehingga antar satu menu dengan yang lain tidak tercampur. Selain itu bermanfaat dalam mengatur porsi makan sehingga tidak terlalu banyak.

Itulah 5 benda wajib yang harus kamu miliki jika ingin membuat bento box dengan berbagai variasi bentuk yang lucu dan menggemaskan.

Sudah tidak sabar mencobanya kan?