5 Bunga yang Bisa Dijadikan Minuman Teh

Siapa bilang teh hanya terbuat dari daun saja? Beberapa bunga ini bisa menjadi minuman berkhasiat!

24 Februari 2019

5 Bunga Bisa Dijadikan Minuman Teh
Pexels/Thought Catalog

Teh menjadi minuman favorit mayoritas masyarakat Indonesia. Teh yang beredar kebanyakan terbuat dari pucuk daun teh dan ada pula yang dilengkapi dengan tambahan bunga melati agar aromanya harum dan menggugah selera.

Ternyata tidak hanya bunga melati lho yang bisa dijadikan sebagai minuman teh. Beberapa bunga lainnya juga memiliki aroma dan rasa yang memikat.

Apa saja sih kira-kira? Yuk simak 5 jenis bunga yang lezat dijadikan minuman teh berikut ini:

1. Lavender

1. Lavender
Pexels/Pixabay

Bunga lavender yang dikenal bisa menangkal gigitan nyamuk ini ternyata juga bisa dijadikan teh lho Ma! Manfaatnya untuk kesehatan sangat banyak diantaranya dapat merilekskan tubuh dan pikiran, mengatasi insomnia, mempercepat penyembuhan luka, mengatasi rambut rontok dan menstabilkan mood.

Bunga yang berwarna ungu cantik ini berasal dari negara Prancis dan banyak digunakan sejak jaman dahulu untuk kegiatan ritual keagamaan.

Cara membuat teh lavender ini tidak sulit, kamu hanya perlu mengeringkan bunga lavender dan menyeduhnya dengan air. Maka teh bunga lavender pun siap dinikmati!

2. Chamomile

2. Chamomile
Pexels/Pixabay

Minuman teh yang terbuat dari jenis bunga yang satu ini sudah umum dikonsumsi masyarakat karena cita rasanya yang manis sehingga disukai khalayak ramai.

Sama seperti lavender, bunga Chamomile juga memiliki manfaat meredakan stress dan menenangkan pikiran sehingga secara tidak langsung akan memperbaiki kualitas tidur seseorang.

Editors' Picks

3. Rosella

3. Rosella
gardeningsolutions.ifas.ufl.edu

Bunga Rosella banyak ditemukan di Indonesia. Bunga yang berwarna merah pekat keunguan dengan bentuk khas seperti kuncup ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan teh.

Manfaatnya cukup banyak diantaranya menjaga kesehatan, kecantikan kulit dan mencegah sariawan karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Cara membuat teh Rosella tidak sulit, kamu cukup menjemurnya kemudian diseduh saat bunga telah cukup kering.

4. Globe amaranth

4. Globe amaranth
orientalteastore.com

Bunga Globe amaranth dapat kamu jumpai di Indonesia, tetapi paling banyak ditemukan di negara tetangga yakni Australia. Bunga yang jika dipegang bertekstur kering ini memiliki warna ungu yang sangat cantik. Tidak heran bila bunga ini sering ditanam di sisi jalan atau pekarangan rumah.

Cara membuat teh Globe amaranth sangat mudah, kamu hanya perlu mengeringkan bagian bunga-nya kemudian dapat segera diseduh. Teh Globe amaranth dipercaya mampu memperbaiki mood dan meredam stress.

5. Aster

5. Aster
Pexels/Pixabay

Bunga berwarna ungu ini merupakan salah satu bunga yang sudah sangat umum dijadikan bahan pembuatan teh.

Bunga yang teksturnya seperti kertas ini memiliki banyak manfaat yakni penawar racun, obat infeksi dan pengusir nyamuk. Teh yang berasal dari bunga Aster juga kaya akan antioksidan sehingga baik bagi kesehatan.

Nah, itulah 5 jenis bunga yang lezat dan berkhasiat dijadikan minuman teh. Ternyata bunga tidak hanya indah dipandang mata ya Ma, tetapi berkhasiat bagi kesehatan.

Baca juga: