Agar Selalu Segar, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Menanam Tanaman Gantung

Tentunya tanaman gantung akan memberikan keindahan tersendiri

22 Agustus 2019

Agar Selalu Segar, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Menanam Tanaman Gantung
FlorAccess.com

Pastinya punya rumah bertipe urban dan minimalis selalu dikaitkan dengan suasana yang ramai, pengap, dan kurang segar.

Sementara untuk membuat rumah terasa lebih sejuk dan asri tanpa menggunakan lahan ialah menanam tanaman gantung di teras rumah.

Kini banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa dijadikan tanaman gantung.

Ya, budidaya tanaman gantung dapat dilakukan dengan cara menggantung tanaman beserta media tanam dan wadahnya yang berukuran kecil. Bahkan perawatannya cukup mudah.

Lalu kamu ingin mencoba memelihara tanaman gantung di rumah? Berikut ini ada 5 hal yang harus diperhatikaan saat menanam tanaman gantung. Yuk, cek ulasannya dari Popmama.com :

1. Kenali jenis tanaman hias yang akan ditanam

1. Kenali jenis tanaman hias akan ditanam
Freepik

Sebenarnya tanaman apa pun bisa ditanam dalam pot gantung sesuai keinginan.

Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan memilih tanaman dengan akar ekstensif seperti jenis semak, hal ini dapat merusak wadahnya.

Agar tumbuh optimal, sebaiknya menanam bunga tropis yang mampu tumbuh subur, mekar sepanjang tahun, tahan panas dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya seperti Fuschia atau Lili Paris.

Editors' Picks

2. Tentukan pot yang sesuai jenis tanamannya

2. Tentukan pot sesuai jenis tanamannya
Freepik

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan saat menanam tanaman gantung adalah wadahnya.

Pemilihan pot tergantung jenis tanamannya karena akan berpengaruh secara fisik terhadap keindahan bunganya.

Sementara ada beberapa jenis pot yang dapat digunakan, yakni ada pot berbahan plastik, tanah liat hingga anyaman tambang sesuai selera.

Untuk pot plastik, wadah tersebut memang memiliki bobot yang paling ringan dan praktis. Sedangkan penggunaan pot dari tanah liat mudah pecah meski mampu menjaga kelembapan media tanam. 

Jadi sebaiknya pilih pot dengan ukuran kecil, tidak mudah pecah dan pastikan pada bagian tepi potnya terdapat dua lubang pengait.

3. Perhatikan tali gantung yang akan digunakan

3. Perhatikan tali gantung akan digunakan
Amazon.com

Setelah menentukan pot, hal yang perlu perhatikan adalah talinya. Kini tali gantung khusus untuk tanaman hias banyak dijual di toko bunga. 

Pilihlah tali yang kuat dan mampu menahan berat dari tanaman hias beserta potnya. 

Di mana kekuatan tali sangat memengaruhi proses pertumbuhan tanaman yang akan kamu tanam nantinya.

Hindari menggantung tanaman hias dengan tali atau kawat yang dibuat sendiri, risikonya terlihat kurang rapi atau kurang kuat saat menahan berat pot tanaman.

4. Peletakan tanaman gantung di tempat yang sejuk

4. Peletakan tanaman gantung tempat sejuk
Unplash/Skyla Design

Agar tanaman gantungmu bisa tumbuh maksimal dan tidak terlihat kering, sebaiknya letakkan tanaman di tempat yang lebih teduh dan terlindungi dari matahari langsung di dalam rumah.

Selain itu kamu harus memerhatikan sistem penyinaran pada tanaman. Lakukan penyinaran ke arah matahari secara rutin selama 1-2 jam di setiap pagi hari.

Namun perlakuan ini juga tergantung jenis tanaman yang ditanam. Jika tanaman memerlukan cahaya langsung seperti kaktus maka bisa diletakkan di luar ruangan.

Hindari juga peletakan tanaman gantung di tempat yang sering dilewati untuk mencegah benturan kepala orang saat melintas.

5. Lakukan perawatan yang tepat

5. Lakukan perawatan tepat
Freepik

Satu hal yang paling penting kamu perhatikan ialah perawatan pada tanaman gantung.

Untuk menghindari tanaman menjadi layu, maka lakukanlah penyiraman harian demi menjaga kesegarannya.

Sebaiknya gunakan plant spray bottle untuk menyemprot daun maupun bunganya. Dengan begitu daun akan selalu tampak segar. Lakukan pemangkasan apabila menemukan daun atau ranting yang kering.

Selain itu tanaman gantung juga membutuhkan pemupukan untuk mendukung pertumbuhan tanamannya. Kamu bisa memakai pupuk NPK atau pupuk kandang dengan cara menaburkannya di media tanam setiap sekitar 2 bulan sekali.

Demikianlah 5 hal yang harus diperhatikan saat menanam bunga gantung yang bisa dijadikan acuanmu. Di mana tanaman gantung juga menjadi solusi bagi kamu yang tinggal di apartemen namun tetap ingin memelihara tanaman hias. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.