Nyaman dan Terlihat Simple! 7 Inspirasi Kamar Tidur Minimalis

Selain bersih dan rapi, konsep minimalis membuat kamar terlihat luas

25 September 2020

Nyaman Terlihat Simple 7 Inspirasi Kamar Tidur Minimalis
home-designing.com

Saat ini, ada beragam konsep desain interior yang bisa Mama pilih sesuai selera. Salah satu yang banyak digemari adalah konsep minimalis.

Pasalnya, konsep ini membuat ruangan Mama terlihat bersih dan rapi. Ia juga sangat tepat untuk diterapkan pada lahan yang terbatas karena akan membuat ruangan terlihat lebih luas.

Nah, jika Mama sedang membangun rumah atau sedang ingin merombak kamar, Mama bisa menerapkannya pada kamar tidur Mama. Dengan kesederhanaannya, konsep ini akan membuat Mama lebih nyaman dan tenang saat beristirahat.

Yuk, intip inspirasi untuk membuat kamar tidur minimalis yang telah Popmama.com rangkum berikut:

1. Batasi penggunaan warna

1. Batasi penggunaan warna
mydomaine.com

Warna memainkan peranan penting dalam konsep minimalis. Ide utama dari konsep ini adalah menggunakan sedikit warna agar ruangan terlihat sederhana secara keseluruhan.

Warna hitam, putih, dan abu-abu menjadi pilihan yang banyak digunakan. Bahkan saking populernya, konsep minimalis sering dikaitkan dengan ketiga warna ini.

Meski demikian, Mama boleh menggunakan warna-warna lain lho. Yang penting adalah membatasi penggunaan warna agar tetap sederhana.

2. Gunakan warna-warna netral

2. Gunakan warna-warna netral
mydomaine.com

Konsep minimalis menciptakan suasana yang menenangkan dan warna adalah salah satu faktor yang menciptakannya.

Seperti yang telah disebutkan, Mama bisa menggunakan warna lain selain hitam, putih, dan abu-abu. Namun sebaiknya, gunakan warna-warna netral agar tetap terlihat sederhana dan tenang ya, Ma. 

Editors' Picks

3. Padukan warna-warna hangat dan dingin

3. Padukan warna-warna hangat dingin
mydomaine.com

Selain kesederhanaan, konsep minimalis juga menitikberatkan keseimbangan, termasuk keseimbangan warna yang digunakan.

Mama tentu sudah tahu bahwa warna terbagi menjadi warna hangat dan warna dingin bukan? Nah, penggunaan warna hangat yang terlalu dominan akan membuat ruangan terasa panas, begitu juga sebaliknya.

Oleh karena itu, padukan warna-warna hangat dan dingin agar suasana ruangan terasa seimbang ya, Ma.

4. Gunakan tempat tidur rendah

4. Gunakan tempat tidur rendah
mydomaine.com

Selain warna, furnitur juga memainkan peran penting dalam konsep minimalis. Oleh karena itu, pastikan Mama memilih perabotan yang warnanya sepadan dengan dinding kamar dan juga memiliki desain yang sederhana.

Umumnya, konsep minimalis menggunakan furnitur-furnitur rendah, seperti tempat tidur yang terlihat pada foto. Tempat tidur rendah tersebut akan membuat ruangan terlihat lebih luas.

5. Manfaatkan karpet sebagai titik fokus

5. Manfaatkan karpet sebagai titik fokus
mydomaine.com

Jika Mama membayangkan konsep minimalis akan membuat kamar Mama terlihat polos dan membosankan, Mama salah besar. Konsep minimalis juga dapat dipadukan dengan beragam ornamen untuk menciptakan tekstur yang tidak membosankan.

Sebagai contoh, Mama bisa menambahkan karpet bulu agar lantai Mama tidak terlalu polos. Tempatkan karpet tersebut di bawah tempat tidur yang merupakan inti dari kamar Mama. Karpet ini pun akan menjadi titik fokus yang mencuri perhatian.

6. Beri banyak open space

6. Beri banyak open space
thespruce.com

Terkadang, ornamen ataupun pigura tidak terlalu dibutuhkan pada konsep minimalis. Bahkan, tidak masalah jika Mama menciptakan open space dengan membiarkan dinding putih Mama kosong. Kekosongannya akan menciptakan kesan sederhana, bersih, dan luas.

Meski demikian, menempatkan ornamen atau pigura bukanlah hal yang tabu. Mama boleh menempatkannya selama mempertimbangkan open space dan keseimbangan ruangan secara keseluruhan.

7. Seimbangkan semua furnitur dan ornamen di kamar

7. Seimbangkan semua furnitur ornamen kamar
thespruce.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, konsep minimalis menitikberatkan keseimbangan. Hal ini juga berlaku pada furnitur dan ornamen yang Mama gunakan.

Gunakan furnitur dan ornamen dengan ukuran yang pas dengan ukuran ruangan. Sebisa mungkin, hindari ukuran yang terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Jika terlalu besar, ia akan membuat ruangan terlihat sempit dan jika terlalu kecil, furnitur atau ornamen tersebut akan terlihat 'salah tempat'.

Itulah inspirasi untuk membuat kamar minimalis. Yuk, terapkan pada kamar Mama agar Mama semakin nyaman saat beristirahat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.