Pecinta Sashimi, Inilah 5 Tips Memilih Ikan Salmon Segar

Kesegaran ikan salmon akan memengaruhi rasa dan teksturnya

14 Februari 2020

Pecinta Sashimi, Inilah 5 Tips Memilih Ikan Salmon Segar
manettas.com.au

Bagi Mama yang sering mengonsumsi sushi dan sashimi, Mama pasti sudah tidak asing dengan ikan salmon. Bahkan mungkin, ikan ini menjadi salah satu ikan favorit Mama.

Ikan salmon memang memiliki rasa lezat yang menyegarkan. Dikonsumsi mentah ataupun diolah terlebih dahulu, ikan salmon selalu menggugah selera.

Apalagi, ikan salmon termasuk salah satu ikan dengan nutrisi tinggi. Ia mengandung DHA dan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak. Kandungan merkuri di dalamnya pun termasuk rendah jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

Nah, daripada hanya mengonsumsi ikan salmon di restoran, mengapa tidak coba mengolahnya sendiri di rumah? Ada banyak resep yang bisa dicoba. Bahkan, ikan salmon juga bisa diolah menjadi MPASI lho, Ma.

Agar rasa ikan salmon yang Mama olah tidak kalah dengan rasa restoran, Mama perlu tahu cara memilih ikan salmon segar. Pasalnya, kesegaran ikan salmon akan memengaruhi rasa dan teksturnya. Untuk itu, perhatikan tips-tips berikut ya, Ma:

1. Ketahui perbedaan salmon liar dan salmon ternak

1. Ketahui perbedaan salmon liar salmon ternak
bigcommerce.com

Sebelum membeli ikan salmon, Mama perlu tahu, ikan salmon yang dijual di pasar terdiri dari dua kategori, yaitu ikan salmon liar dan salmon ternak. Keduanya dapat dibedakan dari warna daging.

Daging ikan salmon liar memiliki warna oranye cerah, sedangkan daging ikan salmon ternak cenderung lebih pucat.

Perbedaan tempat hidup tersebut memengaruhi kualitas ikan salmon lho, Ma. Jika Mama ingin ikan salmon yang lebih bernutrisi dan rendah merkuri, pilihlah ikan salmon liar.

Editors' Picks

2. Perhatikan warna dan teksturnya

2. Perhatikan warna teksturnya
googleusercontent.com

Warna dan tekstur selalu bisa diandalkan untuk menentukan kesegaran bahan makanan.

Saat Mama memilih ikan salmon, pilihlah ikan yang warna dagingnya merata. Jika warna daging tidak merata dan bagian atasnya cenderung gelap, berarti ikan tersebut sudah tidak segar.

Perhatikan teksturnya juga ya, Ma. Jangan ragu untuk menyentuh daging ikan salmon. Pilihlah ikan yang ketika disentuh dagingnya terasa kenyal, lembut, dan langsung kembali ke bentuk awal.

3. Pilih daging ikan salmon yang tidak berlendir

3. Pilih daging ikan salmon tidak berlendir
googleapis.com

Keberadaan lendir di daging ikan salmon bisa menunjukan kesegarannya lho, Ma. Ikan yang sudah tidak segar akan dipenuhi oleh lendir. Hindari ikan yang seperti ini ya!

Nah, jika Mama membeli ikan salmon yang sudah dikemas, Mama bisa memerhatikan bagian kemasan. Apakah ada air di dalamnya? Jika iya, kemungkinan besar ikan tersebut sudah tidak segar dan kualitasnya sudah menurun.

4. Perhatikan bagian mata dan insang ikan

4. Perhatikan bagian mata insang ikan
remdeta.com

Bagian lain yang harus Mama perhatikan ketika memilih ikan salmon adalah mata dan insangnya.

Mata ikan salmon segar akan terlihat bening dan bersih. Jika ada perubahan warna, apalagi perubahan tersebut cukup mencolok, kemungkinan besar ikan tersebut sudah tidak segar.

Nah, untuk bagian insang, Mama perlu memilih ikan dengan insang berwarna merah segar. Hindari ikan dengan warna insang yang sudah memucat.

5. Hindari ikan salmon berbau amis

5. Hindari ikan salmon berbau amis
ft.com

Dikelilingi bau amis saat sedang membeli ikan memang sudah wajar. Sebagian besar ikan memang memiliki bau tersebut.

Tapi, berbeda dengan ikan salmon. Ikan salmon segar tidak akan berbau amis. Sebaliknya, aromanya cenderung asin dan segar seperti laut. Jika berbau amis, dapat dipastikan ikan salom tersebut sudah tidak segar.

Perhatikan bau ini baik-baik agar Mama tidak salah memilih ikan salmon ya!

Itulah tips yang bisa Mama ikuti agar dapat memilih ikan salmon segar. Yuk, ikuti tips tersebut agar Mama mendapatkan ikan salmon berkualitas. Sebagai informasi, bagian terbaik ikan salmon adalah perutnya. Pilihlah bagian ini jika Mama ingin mendapatkan nutrisi terbaik ikan salmon.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.