TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Cara Titi Kamal dan Christian Sugiono Merawat Rumah Mewahnya

Ikuti cara Titi Kamal dan Christian Sugiono ketika merawat rumah yuk, Ma!

31 Maret 2022

6 Cara Titi Kamal Christian Sugiono Merawat Rumah Mewahnya
Instagram.com/titi_kamall

Perawatan rumah menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan agar kondisi rumah tetap awet, tahan lama, dan tak mudah rusak. Terlebih jika di rumah menggunakan bahan material yang membutuhkan perawatan khusus. 

Hal ini juga dilakukan Titi Kamal dan Christian Sugiono di rumah barunya yang mewah. Mengingat mereka menggunakan material yang mewah dan membutuhkan perawatan khusus, Titi dan Tian membagikan cara mereka dalam merawat setiap sisi rumah barunya. 

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya mengenai beberapa cara Titi Kamal serta Christian Sugiono dalam merawat rumah mewahnya yang dilansir dari unggahan video Youtube Titi dan Tian. 

Bisa jadi inspirasi tersendiri nih, Ma! 

1. Titi Kamal bagikan cara merawat tanaman hias di rumah

1. Titi Kamal bagikan cara merawat tanaman hias rumah
Youtube.com/Titi dan Tian

Titi Kamal yang dikenal sebagai pencinta tanaman meletakkan koleksi tanaman hiasnya di beberapa sisi rumah. Kebanyakan dari tanaman tersebut diletakkan di lantai dua semi outdoor, tetapi ada beberapa tanaman yang kepanasan hingga terlihat layu. 

Maka dari itu, tanaman tersebut dia pindah dan diletakkan di bawah tangga rumahnya. Menurutnya tanaman tersebut masih dalam proses adaptasi dari rumah lama ke rumah baru, sehingga dibutuhkan perawatan khusus.

"Jadi setiap pukul 6 pagi aku keluarin supaya dia berjemur, abis itu pukul 7 dia sudah masuk lagi," ungkap Titi. 

Salah satu tanamannya yang terlihat layu ialah Janda Bolong Variegata. Nantinya tanaman yang kurang sehat tersebut akan diberikan pupuk, serum, dan bahan perawatan lainnya.

2. Pikirkan perawatannya sebelum memilih material

2. Pikirkan perawatan sebelum memilih material
Youtube.com/Titi dan Tian

Dalam membangun rumah tentunya dibutuhkan beberapa material sebagai bahan utamanya. Christian Sugiono mengungkapkan bahwa sebelum memilih material harus memikirkan perawatannya terlebih dahulu. 

Terutama material di area outdoor, karena posisinya yang di luar ruang membuatnya jadi cepat kotor. Di rumah Titi dan Tian area outdoor di halaman belakangnya menggunakan batu paras jogja putih. 

"Di tiga bulan pertama pasti putih bagus. Tapi kalau sudah hujan dan mulai tumbuh lumut, itu mulai pusing. Jadi memang milih material harus pikirin maintenance-nya dari awal," tutur Tian. 

Misalnya dalam pemilihan batu alam bisa dilakukan coating terlebih dahulu. Tapi perlu diingat bahwa beberapa coating ada yang membuat warna batu menjadi pudar. 

Editors' Picks

3. Mengganti lampu dengan alat khusus 

3. Mengganti lampu alat khusus 
Youtube.com/Titi dan Tian

Dikarenakan siling rumah terbilang tinggi dan susah dijangkau, Christian Sugiono pun menggunakan alat khusus ketika ingin mengganti lampu. Tujuannya agar bisa menjangkau siling hingga tiga meter.

Bentuknya menyerupai galah yang di ujungnya punya pegangan khusus agar lebih mudah melepas lampu. Namun, karena siling di rumah Titi dan Tian tingginya hingga tujuh meter, mereka pun menggunakan bantuan scaffolding untuk menjangkau silingnya.

4. Lantai berbahan kayu punya perawatan khusus

4. Lantai berbahan kayu pu perawatan khusus
Youtube.com/Titi dan Tian

Christian Sugiono menuturkan bahwa perawatan lantai berbahan kayu tergantung jenisnya. Tetapi dia menyarankan agar lantai kayu cukup di vacum cleaner dan beberapa bulan sekali dirawat dengan mengolesi minyak pada kayunya. 

Sesekali boleh dibersihkan dengan kain lembap, tetapi jangan menggunakan kain yang sangat basah. 

5. Beberapa perawatan membutuhkan tenaga ahli khusus 

5. Beberapa perawatan membutuhkan tenaga ahli khusus 
Youtube.com/Titi dan Tian

Dalam perawatannya, Titi Kamal dan Christian Sugiono tidak hanya mengandalkan asisten rumah tangganya untuk merawat segala sisi rumah. Bagi area yang sulit dijangkau akan dirawat oleh tenaga ahli khusus yang merupakan temannya. 

Beberapa di antaranya ada yang dirawat setiap dua minggu sekali dan perbulan, tergantung kebutuhannya. 

"Kalo mbak-mbak di rumah sehari-harinya cuma merapikan aja, paling sesekali nyapu sama ngepel sedikit. Tapi kalau untuk maintenance-nya, kita ada orangnya langsung," kata Titi. 

6. Saling kompak menjaga kebersihan rumah

6. Saling kompak menjaga kebersihan rumah
Instagram.com/titi_kamall

Rumah baru mereka terbilang lebih luas dari rumah lama, tetapi itu bukan menjadi alasan mereka untuk menambah jumlah asisten rumah tangga. Sebagai pemilik rumah mereka disiplin dalam menjaga kebersihan rumah, mengingat material yang digunakan memerlukan ekstra kehati-hatian agar tak cepat rusak. 

Terutama meja yang berbahan marmer. Ketika sudah menggunakan meja dengan bahan yang rentan, maka dibutuhkan inisiatif untuk menjaganya dengan sepenuh hati.

Dengan aktif menjaga kebersihan di rumah, mereka pun sekaligus menjadi teladan dan panutan bagi kedua anak mereka. Titi menceritakan bahwa Kai dan Juna selalu inisiatif membersihkan jika ada kotoran yang tumpah di meja. 

Dengan begitu, mereka mempunyai kesadaran akan kebersihan sejak dini. 

Nah Ma, itulah beberapa cara Titi Kamal dan Christian Sugiono dalam merawat rumah mewahnya agar tetap indah dan terhindar dari kerusakan. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi Mama dan Papa, ya! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk