8 Fakta Fasad Rumah Titi Kamal dan Christian Sugiono yang Mewah

Fasad rumah baru Titi Kamal dan Christian Sugiono menggunakan material yang tak biasa

26 November 2021

8 Fakta Fasad Rumah Titi Kamal Christian Sugiono Mewah
Instagram.com/csugiono

Pembangunan rumah milik pasangan artis Titi Kamal dan Christian Sugiono sudah selesai. Usai membuat vertical garden pada halaman belakangnya, kini mereka telah selesai membuat fasad pada sisi depan dinding rumah mewahnya tersebut. 

Pembuatan fasad ini menggunakan material yang tidak biasa karena Tian memiliki konsep yang berbeda dari fasad pada umumnya. Pasangan ini memang tampak detail dalam perencanaan fasad tersebut, mulai dari pemilihan material hingga warna sesuai keinginan mereka.

Seperti apa proses pembuatan fasad di rumah mewah Titi Kamal dan Christian Sugiono? Berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya melalui unggahan video pada saluran YouTube Titi dan Tian. 

Disimak yuk, Ma!

1. Material yang digunakan tidak berasal dari kayu asli

1. Material digunakan tidak berasal dari kayu asli
Youtube.com/Titi dan Tian

Fasad yang sebenarnya diinginkan Titi Kamal dan Christian Sugiono, yakni menggunakan bahan-bahan material kayu. Namun, dengan menggunakan material kayu dinilai kurang baik dalam fasad ini karena ada beberapa kekurangan jika menggunakan kayu.

Menurut Titi, jika menggunakan material kayu mudah dihinggapi rayap, sehingga kayu tersebut tidak awet untuk dijadikan fasad. Selain karena rayap, warna yang ada pada kayu akan cepat memudar. Maka dari itu, kayu dirasa tak cocok untuk fasad karena akan sering terpapar sinar matahari.

2. Mereka memilih conwood dengan material semen sebagai pengganti kayu

2. Mereka memilih conwood material semen sebagai pengganti kayu
Youtube.com/Titi dan Tian

Saat mencari material yang cocok untuk pembuatan fasad, Titi Kamal dan Christian Sugiono tertuju pada conwood yang sangat menyerupai bentuk kayu. Ternyata, conwood tersebut berbahan material semen. 

Proses terbentuknya conwood hingga menyerupai seperti kayu, yakni dengan penggabungan material fiber semen sebanyak 70 persen dan selulosa 30 persen. Nantinya conwood ini akan menyerupai semen berwarna abu-abu dan akan nampak seperti kayu jika sudah diberi warna serta proses finishing

Keuntungan yang utama dari conwood dengan material semen ini, yakni tidak akan rusak oleh rayap. Selain itu, conwood ini juga tahan terhadap api dan cuaca. Untuk sistem pemasangan conwood sendiri dengan menggunakan sekrup.

3. Motif conwood dibentuk dengan pola pattern

3. Motif conwood dibentuk pola pattern
Youtube.com/Titi dan Tian

Christian Sugiono sendiri menjelaskan kalau fasad rumahnya menggunakan pola pattern, di mana material conwood tersebut tidak memiliki susunan pola yang sama. Ada bentuk yang dibuat lebar, kecil, dan menggunakan sirip kecil yang dipasang tegak. 

Pola yang dibentuk dengan ukuran yang berbeda ini akan menambah keunikan pada fasad tersebut, sehingga menimbulkan aksen unik dan tidak terkesan biasa saja.

Editors' Picks

4. Fasad tersebut juga digunakan pada dinding halaman belakang

4. Fasad tersebut juga digunakan dinding halaman belakang
Youtube.com/Titi dan Tian

Tidak hanya pada sisi depan, di dinding area taman halaman belakang juga akan dipasang panel conwood yang berdampingan dengan vertical garden. Dengan ini, di halaman belakang rumah mereka akan terasa seperti di alam yang penuh dengan nuansa kayu dan hijau natural. 

Tian mengaku tidak ingin apabila rumah tersebut hanya terdapat sebuah beton, melainkan wajib dipasang conwood agar terdapat sentuhan kayu.

5. Memanfaatkan fasad untuk membuat pintu kamuflase

5. Memanfaatkan fasad membuat pintu kamuflase
Youtube.com/Titi dan Tian

Di halaman belakang rumah Titi Kamal dan Christian Sugiono terdapat kolam renang yang tentunya membutuhkan peralatan khusus untuk perawatannya dan peralatan tersebut harus diletakkan di sekitar kolam renang.

Ternyata, peralatan tersebut diletakkan di sebuah ruang kecil berdampingan dengan vertical garden. 

Saat pembuatan fasad ini, tiba-tiba saja Tian memiliki ide untuk membuat pintu ruangan tersebut yang juga menggunakan material conwood, sehingga pintu tersebut terlihat berkamuflase sama seperti dinding lainnya.  

6. Menggunakan tiga jenis material yang dicampur

6. Menggunakan tiga jenis material dicampur
Youtube.com/Titi dan Tian

Menurut seorang aplikator pemasangan conwood, desain fasad pada rumah Titi Kamal dan Christian Sugiono ini tidak seperti fasad pada umumnya.

Biasanya, conwood yang dipasang hanya disesuaikan dengan yang ada pada material tersebut, namun di rumah ini menggunakan jenis material campuran. 

"Kalau ini kita pasangnnya mix, mix 3 in 1. Jadi, materialnya 3 jenis dicampur dan dipasang jadi satu media. Cukup unik sih, belum pernah ada proyek kita yang dipasang seperti ini," ucap aplikator conwood. 

7. Pagar rumah yang juga menggunakan conwood

7. Pagar rumah juga menggunakan conwood
Youtube.com/Titi dan Tian

Selain dipasang pada sisi depan dinding rumah, conwood ini juga dipasang pada pagar rumah Titi Kamal dan Christian Sugiono. Pagar tersebut menggunakan kerangka besi yang dilapisi dengan conwood dengan warna yang sama, namun sistem pemasangannya berbeda. 

Conwood khusus untuk pagar ini menggunakan material yang lebih tebal. Alasannya agar bisa menjaga pagar lebih kokoh, apalagi jika tertabrak mobil atau suatu hal lain yang dapat merusak pagar. 

"Jadi nggak gampang rusak karena ini materialnya keras," tutur Tian. 

8. Fasad conwood juga terpasang sebagai interior rumah

8. Fasad conwood juga terpasang sebagai interior rumah
Youtube.com/Titi dan Tian

Pada bagian halaman belakang terdapat sebuah fasad pada bidang yang cukup besar. Bidang tersebut tersambung hingga dinding bagian dalam rumah, sehingga fasad dengan material conwood ini juga terpasang sebagai interior rumah

"Jadi sebenarnya bidang ini tuh kaya bagian dari luar fasad bangunan yang terekspos di dalam, sehingga di bagian dalam ini kita pakai conwood nggak hanya di eksteriornya," tutup Christian Sugiono. 

Nah Ma, itulah fakta seputar fasad pada rumah Titi Kamal dan Christian Sugiono yang menyerupai kayu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Mama yang juga sedang membangun atau berencana menggunakan fasad di rumah, ya! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk