15 Rekomendasi AC Hemat Listrik, Ada yang di Bawah 2 Juta

AC hemat listrik mampu mendinginkan ruangan secara lebih cepat

15 Juni 2022

15 Rekomendasi AC Hemat Listrik, Ada Bawah 2 Juta
Pexels/Max Vakhtbovych

Di daerah yang kerap mengalami cuaca panas, banyak orang yang menghadirkan pendingin rumah. Kipas angin menjadi salah satu pilihan karena biayanya yang cenderung murah daripada pendingin lainnya, meski hanya mampu menjangkau radius dekat.

Secara performa, Air Conditioner (AC) lebih mampu mengusir udara panas daripada kipas angin. Namun, banyak orang yang memilih kipas angin daripada AC karena selain harga AC yang mahal, penggunaan listrik AC juga boros. Padahal, kini, sudah banyak produk-produk AC yang berklaim hemat energi, lho.

Berikut Popmama.com telah merangkum 15 rekomendasi AC hemat listrik yang bisa jadi referensi. Yuk, disimak sebelum membeli!

1. AKARI A-05D5PLW AC Split ½ PK Low Watt Plasma

1. AKARI A-05D5PLW AC Split ½ PK Low Watt Plasma
Shopee.co.id

AKARI menghadirkan produk AC hemat listrik yang mampu membuat ruangan lebih cepat dingin karena turbo cooling function-nya yang mampu menghantarkan udara dingin dengan kecepatan kipas. Radius yang bisa dijangkaunya pun bisa mencapai 11 m² dengan ½ PK.

Jika dinyalakan sepanjang malam, AC tidak akan membangunkan orang karena kedinginan. Selain itu, AC ini juga menghasilkan udara yang lebih bersih dan sehat. Fitur mulai ulang otomatis bisa membuat AC kembali ke pengaturan mode operasi ketika listrik menyala. Lapisan yang digunakan anti karat di evaporator dan kondensor, sehingga tidak mudah bocor.

Mama bisa mendapatkan AC Akari ini dengan harga Rp3.439.000.

2. AQUA Japan Turbo Cool AC 1PK AQA-KRC10AHP

2. AQUA Japan Turbo Cool AC 1PK AQA-KRC10AHP
Shopee.co.id

AQUA juga memiliki AC 1PK yang hemat energi. Triple airflow dengan flap mampu menjadikan AC menghasilkan udara yang lebih kuar, lebih jauh, dan lebih cepat. Besaran evap dan indoor fan juga didesain untuk menghasilkan pendinginan yang maksimal.

Keseluruhan bagian dari AC AQUA menggunakan material yang tahan korosi dan diproteksi cat. Jika ada kerusakan pada LED, AC akan menampilkan kode error agar pemilik rumah tahu. Untuk ukuran AC 1PK, AC dari AQUA ini termasuk hemat energi karena mampu membuat suhu ruang lebih cepat dingin.

Untuk AC ini, Mama bisa membelinya seharga Rp3.150.000.

3. Daikin FTKC25TV Split 1 PK Star Inverter

3. Daikin FTKC25TV Split 1 PK Star Inverter
Shopee.co.id

Salah satu ciri dari AC hemat energi adalah memiliki inverter yang mampu mendinginkan ruang secara cepat. AC ini memiliki klaim mampu memberikan kenyamanan dan keamanan suhu udara di ruangan bayi.

Filter Titanium Apatite Air Purifying menjadi pembersih udara dan penghilang bau dan bakteri di ruangan. Fungsi 3D Airflow menggabungkan vertical dan horizontal auto-swing, membuat AC ini mengeluarkan udara sejuk tepat ke sudut ruangan dalam radius mencapai 16 m². Mode watt rendah memungkinkan AC lebih hemat listrik sehingga efisien.

AC dari Daikin ini bisa Mama dapatkan dengan harga Rp6.459.000.

4. Denpoo AC DDS 05 SHB ½ PK

4. Denpoo AC DDS 05 SHB ½ PK
Shopee.co.id

AC dari Denpoo mampu membuat ruangan dingin tanpa menggunakan listrik yang besar (energy saving). Terlebih, ukurannya yang besar membuat pendinginan lebih kuat.

Fitur carbon active filter mampu menyaring udara yang beracun atau mengandung bakteri di dalam ruangan. Untuk tampilannya, AC Denpoo sudah anti karat karena dilengkapi dengan fitur blue fin.

Mama bisa mendapatkan AC Denpoo ini dengan harga Rp2.929.000.

5. GREE AC Deluxe Low Watt 0,5PK – GWC-05C3E

5. GREE AC Deluxe Low Watt 0,5PK – GWC-05C3E
Shopee.co.id

AC Gree sangat rendah dalam konsumsi listrik. Dengan 4 protections, AC ini memiliki klaim anti bocor, anti api, anti korsleting, dan anti tegangan tinggi. Teknologi pengingat pintar mengingat seluruh pengaturan pada remote mulai dari suhu, kecepatan kipas, jam, hingga mode lainnya, saat listrik kembali menyala.

Filter HD di dalam AC berfungsi untuk menyaring partikel debu halus yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Selain itu, fitur DIY di dalamnya mampu membunuh bakteri yang ada di unit AC agar terhindar dari bau ruangan tak sedap.

AC hemat energi terbaru dengan Freon R32 ini dipatok harga Rp3.439.000.

6. Hisense AC Standard 1 PK – AN09CDG

6. Hisense AC Standard 1 PK – AN09CDG
Shopee.co.id

Hisense AC 1PK hadir menggunakan refrigerant freon R32 yang ramah lingkungan dan juga tidak mengandung bahan perusak ozon. LED display-nya ringkas dan mudah dimengerti bagi pengguna baru. Fitur smart mode membuat AC secara otomatis menyesuaikan ke mode terbaik sesuai dengan suhu ruangan.

Saluran udara dirancang khusus dengan teknologi kontrol canggih, menghadirkan quiet mode yang membuat AC hening dalam mode senyap. Selain itu, evaporator self-clean membuat AC menjadi bersih dengan pembersihan otomatis. Saat kebocoran terdeteksi, AC akan menunjukkan kode E9 sehingga mengingatkan pengguna untuk segera melakukan servis.

Dengan harga Rp 2.899.000, Mama bisa mendapatkan AC hemat energi dari Hisense ini.

Editors' Picks

7. LG AC New Hercules ¾ PK – H07TN4

7. LG AC New Hercules ¾ PK – H07TN4
Shopee.co.id

AC dari LG memiliki turbo cooling yang membuat ruangan lebih cepat dingin. Kemampuan untuk membuat ruang lebih cepat dingin ini menjadikan AC lebih hemat energi.

Pada evaporator, terdapat lapisan yang melindungi AC dari korosi. Kompresor AC yang digunakan khusus untuk freon R32 yang lebih ramah lingkungan dan aman.

Untuk AC dari LG ini, Mama bisa membelinya seharga Rp3.002.500.

8. Midea Fairy MSFO-05CRLN2 AC Split ½ PK Low Watt

8. Midea Fairy MSFO-05CRLN2 AC Split ½ PK Low Watt
Shopee.co.id

Midea menghadirkan AC ½ PK yang bisa mendinginkan ruangan sampai 10 m². Kompresor yang ada di dalamnya bisa diganti berkali-kali tanpa batas. Daya listrik yang dibutuhkan kompresor pun rendah, sehingga lebih hemat.

Untuk perlindungannya, evaporator dan kondensor sudah dilapisi gold fin dan berbahan tembaga sehingga anti karat dan tahan panas maupun dingin. Penyaringannya lebih baik dengan dua lapisan polimer yang membuat debu tidak menempel.

Mama bisa mendapatkan AC Midea ini dengan harga Rp3.749.000.

9. Mitsubishi Heavy Industries SRK05CR-S3

9. Mitsubishi Heavy Industries SRK05CR-S3
Shopee.co.id

Dengan desain struktur yang mencegah debu dan kotoran, AC Mitsubishi ½ PK hemat energi ini tidak mudah kotor. Teknologinya pun membuat ruangan AC lebih dingin dengan daya hematnya.

Auto flap mode membuat sudut hembusan yang optimal di ruangan. Selain itu, mode jet flow dapat menghembuskan aliran udara sejauh 11 meter.

AC hemat energi dari Mitsubishi ini bisa didapatkan dengan harga Rp4.479.000.

10. Panasonic AC 0.5PK YN5WKJ

10. Panasonic AC 0.5PK YN5WKJ
Shopee.co.id

Panasonic juga memiliki produk AC yang hemat energi. Refrigeran R32 membuat ruangan lebih cepat dingin dan ramah lingkungan dengan nol ODP (Ozone Depletion Potential). Kemampuannya juga didukung dengan intelligent auto mode yang mampu mendinginkan ruangan secara cepat saat dinyalakan. Selain itu, ia juga menjaga agar aliran hawa dingin terasa nyaman.

Rangka outdoor-nya kokoh dengan ecotough dan blue fin condensor. Ecotough adalah pendingin ruangan khusus luar ruangan yang menggunakan material SuperDyma. AC ½ PK ini memerlukan daya listrik sebesar 410 watt sehingga relatif hemat.

Untuk mendapatkan AC Panasonic ini, Mama bisa membelinya seharga Rp3.324.050.

11. POLYTRON Deluxe 2 AC ½ PK PAC 05VH

11. POLYTRON Deluxe 2 AC ½ PK PAC 05VH
Shopee.co.id

AC dari Polytron ini memiliki better cooling performance yang dilengkapi dengan refrigerant R32 untuk pendinginan yang lebih optimal dan ramah lingkungan. Konsumsi energinya pun 15% lebih hemat dibandingkan dengan generasi sebelumnya karena hanya memerlukan daya 390 watt.

Untuk kemampuannya, AC Polytron mampu membersihkan evaporator secara otomatis mencegah dan mengurangi timbulnya jamur serta bakteri. Selain itu, ada juga fitur pendeteksi kebocoran dini yang berfungsi untuk memberi tahu pengguna jika ada kebocoran pada unit AC.

Mama bisa mendapatkan AC Polytron yang hemat tagihan ini dengan harga Rp2.949.000.

12. Samsung AC ½ PK Standard R32 AR05TGHQASINSE

12. Samsung AC ½ PK Standard R32 AR05TGHQASINSE
Shopee.co.id

Samsung menghadirkan AC ½ PK yang memberikan kecepatan pendinginan yang lebih cepat dan merata. AC dari Samsung ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 350 watt. Selain kecepatan pendinginan, AC ini juga dilengkapi dengan HD filter untuk memastikan agar udara ruangan tetap bersih dan terjaga dari debu dan kotoran lainnya.

Freon yang digunakan adalah R32 yang ramah lingkungan. DuraFin+ membuat pendinginan lebih lama dalam memberikan kenyamanan. Untuk fiturnya, AC Samsung mempunyai good sleep mode, mengontrol temperatur yang ideal untuk siklus tidur pengguna.

AC hemat energi dari Samsung ini dipatok harga sebesar Rp3.282.400.

13. SHARP AH-A5UCY

13. SHARP AH-A5UCY
Shopee.co.id

AC Sharp juga memiliki kemampuan membuat ruangan lebih cepat dingin dengan fitur turbo cool. Refrigeran yang digunakan juga sudah R32 yang ramah lingkungan dan lebih cepat dingin. Radius ruangan yang bisa dijangkau AC ini bisa mencapai 10 m².

Kemampuannya yang lain adalah self-diagnosis, yakni menunjukkan kode error yang terjadi pada panel unit yang akan berkedip ketika status AC dalam keadaan tidak normal.

Untuk AC dari Sharp ini, Mama bisa mendapatkannya dengan harga Rp3.125.000.

14. TCL TAC05CSA/X5 AC Split Standard 0,5pk

14. TCL TAC05CSA/X5 AC Split Standard 0,5pk
Shopee.co.id

TCL juga menghadirkan AC yang mampu memberikan pendinginan lebih cepat. Fitur yang ada di AC ini pun beragam. Pertama, mode eco untuk membuat program tetap berada di suhu 26 derajat dengan efisiensi optimal sehingga lebih ramah lingkungan dan hemat.

Kemudian, ada juga mode tidur di mana AC akan beroperasi pada kapasitas lebih rendah agar lebih hemat energi sepanjang malam. Ada pula fitur mulai otomatis penghentian daya untuk memastikan pengaturan AC kembali ke default ketika daya tersambung kembali.

Tak sampai di situ, kecanggihan lainnya juga ada pada kemampuan AC yang membuat pengguna mampu mengontrol suhu ruangan mereka melalui konektivitas Smart App dari jarak jauh. Hal ini tentu berguna untuk Mama yang mungkin sering lupa untuk mematikan AC ketika hendak pergi.

Mama bisa mendapatkan AC hemat energi dengan banyak fitur ini seharga Rp2.598.000.

15. Toshiba AC – J Series – 1 PK – RAS-09J2KG-ID

15. Toshiba AC – J Series – 1 PK – RAS-09J2KG-ID
Shopee.co.id

Toshiba memiliki AC 1 PK yang memiliki tingkat efisiensi listrik tinggi, sehingga hemat tagihan meski dihidupkan dalam jangka waktu yang lama. Ia juga mampu membuat ruangan dingin secara lebih cepat dengan turbo function-nya.

Fitur yang dimiliki pertama adalah silence function untuk mengatur kecepatan kipas lebih rendah agar mengurangi suara hembusan angin AC. Ada pula fitur louver position memory function untuk mengingatkan pengguna untuk mematikan AC pada posisi louver.

Selain itu, terdapat juga sensor pada remote AC yang dapat mendeteksi suhu udara, sehingga AC bisa menyesuaikan suhu ruangan secara lebih akuran. Kemampuannya ini membuat pengguna bisa lebih nyaman ketika berada di ruangan dengan AC ini.

Dengan harga Rp3.129.000, Mama sudah bisa mendapatkan AC dari Toshiba ini.

Itulah 15 rekomendasi AC hemat listrik yang bisa Mama jadikan referensi untuk memasang AC di rumah. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk