10 Rumah Paling Terkenal karena Berhantu, Bikin Merinding

Rumah berhantu paling terkenal ini menjadi tempat penyiksaan hingga tempat gantung diri

15 April 2022

10 Rumah Paling Terkenal karena Berhantu, Bikin Merinding
Youtube.com/WatchMojo.com

Meski tidak dipercayai oleh seluruh orang, nyatanya kejadian mistis yang sulit dijelaskan oleh akal sehat kerap terjadi di sekitar kita. Kejadian yang melibatkan makhluk gaib itu umumnya tidak terjadi sembarangan.

Biasanya, arwah atau hantu kerap kali hadir karena sejarah tertentu sehingga terikat dengan sebuah tempat atau lokasi seperti rumah. Keberadaan hantu yang bersemayam di sebuah rumah membuat rumah menjadi angker.

Berikut Popmama.com telah merangkum deretan rumah paling terkenal karena berhantu. Meski kisah yang membuat rumah tersebut menjadi berhantu telah terjadi puluhan bahkan ratusan tahun lalu, tetapi rumah tersebut masih berhantu hingga saat ini.

Penasaran, Ma? Lihat deretan rumah berhantu paling menyeramkan di bawah ini, yuk!

1. LaLaurie Mansion

1. LaLaurie Mansion
Youtube.com/WatchMojo.com

LaLaurie Mansion yang terletak di French Quarter menyimpan kisah kelam pemiliknya, Madame Delphine LaLaurie.

Dikenal sebagai sosialita, LaLaurie nyatanya pembunuh berantai yang mengatur ruang penyiksaan untuk budak di rumahnya sejak tahun 1831 hingga 1834.

Kisah LaLaurie bahkan diangkat dalam serial 'American Horror Story: Coven'. Menelan banyak nyawa, korban LaLaurie dikabarkan masih menghantui rumah itu. Bahkan korban mendengar teriakan, erangan, dan tangisan hingga penampakan di jendela dari LaLaurie Mansion.

2. Whaley House

2. Whaley House
Youtube.com/WatchMojo.com

Rumah berhantu lainnya berada di San Diego, Whaley House. Thomas Whaley membangun rumah di tanah terkutuk, tempat di mana hukuman gantung dilakukan kepada Yankee Jim. Itulah awal petaka Whaley House menjadi berhantu.

Kutukan tanah tempat Whaley House berdiri turut menimpa anggota keluarga Whaley. Banyak hal terjadi mulai dari kematian bayinya hingga putri Whaley bunuh diri pasca cerai. Kini, arwah keluarga Whaley dan Yankee Jim bersemayam di Whaley House.

3. The Amityville Horror House

3. The Amityville Horror House
Youtube.com/WatchMojo.com

Saking horrornya, kisah rumah berhantu di Kota Amityville ini diangkat menjadi sebuah novel hingga layar lebar. Kengerian di rumah Amityville Horror House ini bermula pasca pembunuhan anggota keluarga DeFeo.

Bukan dibunuh oleh orang asing, justru Ronald J. DeFeo Jr. yang membunuh orangtua serta empat saudaranya dengan senapan. Ketika keluarga Lutz menempati rumah tersebut selama 28 dan pergi karena tidak kuat mengalami kejadian-kejadian mistis.

4. Molly Brown House

4. Molly Brown House
Youtube.com/WatchMojo.com

Margaret “Molly” Brown adalah satu-satunya orang selamat dari tragedi Titanic pada 1912. Rumah Molly yang terletak di Denver dijadikan museum untuk mengenang kisah Molly sebagai aktivis dan filantropi hingga “Heorine of Titanic”.

Meski populer sebagai museum Titanic, nyatanya banyak pengunjung yang mengungkapkan pengalaman mistisnya ketika berada di Molly Brown House. Misalnya seperti penampakan arwah yang memakai gaun Victoria serta perabotan rumah berpindah-pindah sendiri.

Editors' Picks

5. Myrtles Plantation

5. Myrtles Plantation
Youtube.com/WatchMojo.com

Perkebunan Myrtles mendapat gelar sebagai salah satu rumah paling berhantu di Amerika. Salah satunya ialah hantu yang memakai sorban hijau di kepala, Chloe. Chloe adalah pembantu di perkebunan milik pasangan Woodruff yang berselingkuh dengan Tn. Woodruff. 

Tak ingin diusir dari rumah, Chloe berencana meracuni putri Woodruff dan menyelamatkannya agar dianggap berguna. Sayangnya, rencana Chloe gagal dan Chloe digantung oleh rekan kerjanya agar mereka tidak dituduh berkomplot.

6. Winchester Mystery House

6. Winchester Mystery House
Youtube.com/WatchMojo.com

Rumah besar yang ada di San Jose, California juga menjadi salah satu rumah berhantu terpopuler. Dikisahkan bahwa pasca kematian sang Suami, Sarah Winchester dihantui oleh arwah yang terbunuh oleh senapan perusahaan suaminya.

Ny. Winchester harus membangun ruang demi ruang untuk ‘menampung’ para arwah agar tidak mengganggunya. Ketika Ny. Winchester wafat pada 1922, rumah ini memiliki 10.000 jendela, 2.000 pintu, 47 perapian, 40 tangga, 13 kamar mandi, dan sembilan dapur.

7. Lizzie Borden House

7. Lizzie Borden House
Youtube.com/WatchMojo.com

Pada 1892, Andrew dan Abby Borden tewas dibunuh dengan kapak. Lizzie Borden, putri pasangan tersebut menjadi tersangka utama dan diadili. Meski bebas, Lizzie menghabiskan sisa hidupnya di bawah bayang-bayang rasa bersalah.

Pasca kematiannya, Lizzie menghantui rumah tempat orang tuanya tewas di Fall River, Massachusetts. Pengunjung dapat mendengar suara hantu Lizzie yang tertawa di atas tangga rumah atau jeritan pelayan yang menemukan pasangan Borden saat tewas.

8. The Sallie House

8. The Sallie House
timeout.com

Rumah lainnya yang terkenal karena berhantu berada di Atchison, Kansas. Rumah yang dibangun pada pergantian abad ini adalah kediaman seorang dokter. Rumah tersebut menjadi berhantu pasca kematian seorang pasien.

Kala itu, seorang anak berusia 6 tahun bernama Sallie melakukan operasi usus buntu. Dikarenakan menduga usus buntu segera pecah, Sallie dibedah sebelum anestesi bekerja penuh. Sallie tewas di meja operasi dan menghantui rumah tersebut.

9. Lemp Mansion

9. Lemp Mansion
timeout.com

Rumah yang berdiri tahun 1860 di St. Louise, Missouri ini adalah milik keluarga Lemp, pemilik pengusaha bir terbesar di Amerika, The Lemp Brewery. Meski sukses, nyatanya keluarga Lemp dan keturunannya mengalami nasib tragis.

Sebanyak tiga anggota dinasti Lemp yang berasal dari generasi kedua dan ketiga keluarga tersebut bunuh diri dengan pistol. Kini, para keluarga Lemp yang mati di rumah yang memiliki 33 kamar itu masih menghantui Lemp Mansion.

10. Bell Witch Farm

10. Bell Witch Farm
timeout.com

Seperti kisah rumah berhantu lainnya, Bell WItch Farm juga memiliki kisah tersendiri. Bermula dari perselisihan tetangga antara Kate Batts dan John Bell. Dikisahkan, Batts merasa ditipu oleh Bell dalam pembelian tanah.

Ketika wafat pada abad ke-19, Batts bersumpah akan menghantui keluarga Bell serta keturunannya. Sejak saat itu, perkebunan milik keluarga Bell yang berlokasi di Adams, Tennessee dihantui oleh arwah Kate Batts si “penyihir lonceng”.

Itulah deretan rumah paling terkenal karena berhantu di Amerika. Penuh kejadian mistis, rumah-rumah tersebut kini dijadikan museum atau penginapan untuk orang-orang yang mencari pengalaman supranatural.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk