Rumah Sering Mati Lampu, Ketahui 7 Tips agar Isi Kulkas Tidak Busuk

Jauhan dari bawang-bawangan, ya!

5 Januari 2020

Rumah Sering Mati Lampu, Ketahui 7 Tips agar Isi Kulkas Tidak Busuk
Freepik/bearfotos

Lemari pendingin atau biasa kita sebut kulkas memang sangat memiliki manfaat dan fungsi yang luar biasa pada kehidupan sehari-hari.

Alat satu ini merupakan salah satu alat yang bermanfaat bagi manusia dalam hal yang penyimpanan makanan atau bahan makanan.

Jika kamu seorang ibu rumah tangga, tentu kamu sangat membutuhkan alat ini sebagai tempat penyimpanan bahan makanan sehari-hari, bukan?

Namun, masih banyak orang terlebih ibu rumah tangga yang masih salah menata isi kulkas. Baik dalam menyimpan makanan ataupun bahan makanan yang sudah siap saji.

Jika salah penyimpanan, biasanya makanan yang disimpan akan lebih cepat busuk dan menimbulkan bau yang tak sedap.

Untuk membuat makanan yang kamu simpan lebih awet dan tidak mudah busuk, yuk simak 7 tips berikut ini agar isi kulkas mu tidak mudah membusuk dan menimbulkan bau tak sedap.

1. Simpan bahan makanan dalam wadah yang tepat

1. Simpan bahan makanan dalam wadah tepat
Freepik.com

Salah satu penyebab bau busuk pada kulkas adalah karena banyak jenis makanan atau minuman yang disimpan tidak sesuai dengan penyimpanannya.

Mulai biasakan simpan bahan makanan dengan menggunakan wadah yang tepat sesuai dengan jenis makanannya.

Untuk menyimpan bahan makanan seperti daging, ayam, ikan, aneka seafood, sayuran beku, atau makanan olahan beku seperti nugget atau sosis di freezer, gunakan wadah yang tahan untuk keadaan beku.

Sedangkan untuk menyimpan sayuran, buah-buahan agar tahan lebih lama kesegarannya, gunakan wadah yang memiliki tutup yang dilengkapi katup pengatur sirkulasi udara sehingga aliran udara dapat keluar melalui katup saja.

2. Simpan buah dan sayur secara terpisah

2. Simpan buah sayur secara terpisah
Freepik/foodiesfeed

Selain memiliki wadah yang tepat berdasarkan jenis makanan yang ingin disimpan, kamu juga harus memisahkan jenis buah dan sayur secara terpisah.

Jika biasanya kamu menggabungkan keduanya dalam satu wadah penyimpanan, mulai pisahkan keduanya ya.

Hal ini karena banyak buah yang menghasilkan gas ethylene yang bertindak sebagai hormon pematangan sehingga bisa mematangkan dan merusak sayur.

Jika sudah begitu, maka tentunya akan membuat seisi kulkas menjadi bau busuk karena sayur yang rusak tersebut.

Kamu bisa memasukan sayuran dalam wadah tersendiri. Untuk sayuran berkecambah seperti tauge, kamu bisa menambahkan wadah berisi air.

Editors' Picks

3. Jangan biarkan ada sisa bahan makanan

3. Jangan biarkan ada sisa bahan makanan
Freepik.com

Jika ada bahan makanan seperti sayur atau kue yang tersisa, walaupun sepele lama kelamaan bau busuk bisa muncul lho. Apalagi jika sudah bercampur dengan air, bau busuknya semakin meningkat.

Jadi, jika sudah ada sisa makanan tak termakan lebih baik disingkirkan daripada membusuk di dalam kulkas.

4. Jangan terlalu lama menaruh makanan dalam kulkas

4. Jangan terlalu lama menaruh makanan dalam kulkas
Freepik/bearfotos

Untuk ukuran daging segar mungkin hanya akan bertahan dengan kondisi baik selama kurang lebih 3 sampai dengan 4 hari, setelah itu pasti ada perubahan rasa dan warnanya. Sayur dan buah-buahan pun demikian.

Perlu kamu ketahui sebelumnya, setiap bahan makanan tentu memiliki kadaluarsa nya masing-masing, begitu juga dengan makanan yang dimasak sendiri di rumah. 

Biasakan untuk tidak terlalu lama menyimpan bahan makanan di dalam kulkas ya. Bisa jadi kamu lupa dan membuatnya membusuk di kulkas. Duh, mubazir, bukan?

5. Bungkus dengan kertas aluminium

5. Bungkus kertas aluminium
Delish.com

Jika kamu gemar memasak, tentu kulkas mu akan penuh dengan berbagai macam bahan makanan baik daging, buah, atau sayuran. 

Namun ternyata masih banyak orang yang asal meletakan sayuran tanpa menggunakan pelindung apapun.

Hal ini membuat sayur menjadi cepat layu dan kering. Jika sudah begitu, selain kulkas tidak enak dilihat, juga bisa menimbulkan bau yang tak sedap.

Untuk beberapa jenis sayur seperti daun seledri ternyata bisa kamu simpan lebih lama dengan memanfaatkan alumunium foil lho.

Setelah proses pencucian, keringkan dan bungkus erat ke dalam alumunium foil tersebut. Dengan begitu, seledri bisa bertahan sampai beberapa minggu.

6. Jauhkan bawang-bawangan dari bahan makanan lain

6. Jauhkan bawang-bawangan dari bahan makanan lain
Freepik.com

Jenis bawang-bawang juga harus disimpan pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik, seperti di meja dapur atau kamu bisa menyimpannya dalam kantong kertas dan keranjang khusus.

Bawang memiliki bau yang cukup menyengat, jadi sebaiknya kamu tidak menyimpannya di dalam kulkas. Selain untuk menghindari baunya, suhu dingin dalam kulkas bisa membuat bawang menjadi lembek dan tidak bisa digunakan.

Namun, ada cara lain jika kamu ingin menyimpannya didalam kulkas. Kamu perlu mencuci bersih bawang lalu mengupas atau mengirisnya, baru kamu bisa menaruhnya di dalam wadah plastik yang kedap udara sebelum dimasukan ke dalam kulkas. Hal ini berguna agar gas dan baunya tidak mencemari bahan makanan lain.

    7. Aturlah suhu dengan tepat

    7. Aturlah suhu tepat
    Freepik/suksao

    Hal penting agar isi bahan makanan yang ada di kulkas mu tidak mudah busuk adalah dengan mengatur suhu dengan tepat.

    Yang perlu kamu lakukan adalah, perhatikan apakah ada jenis makanan yang perlu dibekukan seperti daging-dagingan di dalam kulkas atau tidak.

    Jika iya, kamu bisa menaikan suhu freezer lebih dingin untuk membuat bahan makanan tersebut tetap bertahan dan tidak membuatnya cepat busuk.

    Namun, jika tidak ada daging dalam kulkas mu, sebaiknya kecilkan atau kembalikan pada mode normal dinginnya kulkas.

    Hal seperti ini ternyata ampuh selain untuk mengurangi munculnya bau, juga salah satu upaya menghemat listrik.

    Itulah 7 tips untuk membuat isi kulkas tidak cepat busuk. Kamu bisa menerapkan cara-cara tersebut di rumah agar bahan makanan yang kamu simpan dalam kulkas tetap terjaga dan tidak menimbulkan bau busuk yang tak sedap. Semoga bermanfaat ya!

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.