10 Jenis Tanaman di Rumah Nadine Chandrawinata, Ada Bunga Mawar Batik

Rumah Nadine Chandrawinata dipenuhi tanaman hias yang bikin mata adem!

18 September 2021

10 Jenis Tanaman Rumah Nadine Chandrawinata, Ada Bunga Mawar Batik
Instagram.com/nadinelist

Tanaman di rumah Nadine Chandrawinata punya banyak jenis dan sangat beragam. Dari tanaman kaktus hingga philodendron, Nadine merawat mereka dengan penuh cinta.

Dimas Anggara sebagai suami juga membantu istrinya untuk merawat koleksi tanaman di rumah mereka. Kekompakkan pasangan ini dalam merawat tanaman patut dicontoh dan diacungi jempol nih, Ma.

Penasaran ada apa saja tanaman di rumah Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara? Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya. 

1. Fittonia

1. Fittonia
Instagram.com/nadinelist

Tanaman di rumah Nadine Chandrawinata pertama, yakni fittonia. Tanaman ini memiliki beberapa jenis, yang dimiliki Nadine dari foto Instagram pribadinya da fittonia mini red vein dan vittonia snow white.  

Nadine juga menuliskan caption menyentuh soal tumbuhnya bunga kecil di tanaman fittonia miliknya.

"Nerve plant (#fittonia) ini sangat imut.Berikan aku kelembapan dan aku akan tunjukkan warna duniaku," tulisnya di Instagram pada 5 Agustus 2020.

Fittonia adalah tanaman dengan dedaunan berpola mencolok. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini cukup mudah dirawat dan dapat mentolerir berbagai kondisi pencahayaan. 

Fittonia mudah hidup dan menyukai lingkungan yang lembap. Jika suka merawat tanaman yang harus sering diurus maka fittonia adalah tanaman yang tepat. Di tempat asalnya, tanaman fettonia tumbuh di hutan hujan tropis sebagai penutup tanah di bawah kanopi pohon.

2. Pakis dinding

2. Pakis dinding
Instagram.com/nadinelist

Dari foto di atas terlihat Nadine Chandrawinata memiliki tanaman pakis dinding di temboknya. Tanaman pakis itu termasuk ke dalam tumbuhan paku. 

Paku hias antara lain, yakni berbagai paku pedang, paku epifit seperti tanduk rusa, kadaka, Davallia, Drynaria, Suplir Adiantum, paku pohon, dan paku air untuk penghias akuarium.

Selain menjadi tanaman hias, beberapa jenis paku dapat diolah menjadi sayur yang bisa dimakan. Salah satunya paku sayur atau Diplazium esculentum, kadaka di Taiwan, dan Cyathea yang dikonsumsi oleh orang Maori di Selandia Baru.

3. Keladi wayang

3. Keladi wayang
Instagram.com/nadinelist

Tanaman di rumah Nadine Chandrawinata selanjutnya, yakni keladi wayang.

Keladi wayang adalah tanaman hias yang masuk ke dalam genus caladium. Bentuknya yang unik membuat tanaman ini dikenal juga dengan nama keladi batik. Bukan tanpa sebab nama itu ada, karena memiliki motif atau corak yang seperti pola batik yang membuatnya tampak eksotis. 

Warna yang dimiliki daun tanaman ini yaitu warna pink dan hijau dengan bentuk seperti hati. Dipadukan dengan batang yang berwarna kecokelatan, keladi wayang memiliki daya tarik tersendiri. 

Di foto Instagram Nadine terlihat keladi wayangnya masih dalam proses pertumbuhan. Oleh karenanya, Nadine menulis corak merah dari jenis keladi ini belum keluar.

"Si wayang yang masih malu-malu tunjukin warna pinknya! Tak apa, itu namanya PROSES. #keladiwayang #tamanND," tutur Nadine. 

4. Sukulen

4. Sukulen
Instagram.com/nadinelist

Selain tanaman hijau, di rumah Nadine Chandrawinata juga ada sukulen. Banyak yang belum bisa membedakan antara sukulen dan kaktus. 

Sukulen adalah tanaman yang menyimpan air hanya di batang dan tidak punya daun. Jika punya daun ukurannya sangat kecil. Bedanya dengan kaktus, yakni sukulen bukan nama sebuah famili tumbuhan. Sementara itu, kaktus merupakan nama famili tumbuhan. 

Secara fisik sukulen memiliki kelopak seperti daun meski kecil.  Sedangkan, kaktus mengganti  jaringan daun dalam bentuk duri.  Jadi semua kaktus merupakan tanaman sukulen. Namun, tidak semua sukulen merupakan jenis kaktus.

Editors' Picks

5. Bunga mawar batik

5. Bunga mawar batik
Instagram.com/nadinelist

Siapa bilang bunga mawar hanya berwarna merah saja? Rupanya bunga yang sering dikaitkan dengan tanda cinta ini punya beragam warna yang cantik. Salah satu yang dimiliki Nadine Chandrawinata, yakni bunga mawar batik.

Mawar batik adalah bunga mawar dengan motif polkadot atau menyerupai batik dan dengan paduan warna-warna yang menarik. Maka dari itu, mawar ini di Indonesia disebut dengan mawar batik. Mawar batik terdiri dari beberapa varian beberapa diantaranya yaitu mawar batik oranye, mawar batik pink dan mawar batik kuning.

Mawar batik juga memiliki sedikit duri dibandingkan mawar biasanya. Mawar ini akan lebih indah jika ditanam di dataran tinggi dengan suhu sejuk. Walau begitu, tanaman ini juga bisa tumbuh di dataran rendah dengan suhu yang agak panas.

6. Kaktus

6. Kaktus
Instagram.com/nadinelist

Tanaman di rumah Nadien Chandrawinata beraneka ragam. Dari tanaman hijau biasa hingga kaktus ukuran besar ada di sana. Dari salah satu unggahan Instagram pribadinya, Nadine tampak senang saat salah satu tanaman kaktusnya bertumbuh bunga.

"Akhirnya kamu berbunga juga kaktus koboiku. Memang harus dijaga dengan gaya koboi nih! Tidak sia-sia dipantengin terus, tiap hujan diselimutin sama plastik," ujar Nadine.

Kaktus adalah tumbuhan yang termasuk dalam famili cactaceae. Kaktus memiliki lebih dari 2000 varietas dengan berbagai warna dan bentuk. Habitat alami kaktus ada di gurun atau padang pasir. 

Tanaman kaktus memiliki keunikan yaitu dapat hidup dan tumbuh tanpa air dalam waktu yang sangat lama. Sehingga tumbuhan ini akan banyak ditemui di daerah kering seperti gurun atau padang pasir.

7. Alocasia reginae

7. Alocasia reginae
Instagram.com/nadinelist

Alocasia reginae adalah tanaman hias yang digolongkan dalam keluarga talas-talasan atau nama latinnya araceae. Hampir mirip dengan tanaman hias alocasia lainnya, bedanya tanaman ini memiliki ciri tersendiri di bagian daun. 

Alocasia reginae memiliki warna tulang yang lebih gelap dari lembaran daunnya. Kelebihan dari tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat dan subur, meski waktu tanamnya singkat. 

Indonesia yang memiliki iklim tropis cocok untuk pertumbuhan tanaman ini. Namun, karena alocasia reginae ini tergolong tanaman hias maka cara penanamannya tidak bisa sembarangan. 

Nadine Chandrawinata pernah menunjukkan foto alocasia reginae miliknya. Pada Mei 2021 lalu, tanaman alocasia reginae Nadine tumbuh tunas baru, lho.

"#AlocasiaReginae ku kasih bonus banyak #tamanND jadi tambah ramai," tuturnya.

8. Oxalis triangularis

8. Oxalis triangularis
Instagram.com/nadinelist

Oxalis triangularis atau tanaman calincing kupu merupakan jenis tanaman hias dari genus oxalis dan famili Oxalidaceae yang paling banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Tanaman ini disukai pecinta tamana karena mudah perawatannya. Tanaman ini dikenal berkembang lambat, tetapi mudah menyebar. 

Kelebihan lain dari tanaman hias ini memiliki ragam warna dan ukuran. Nadine sendiri memiliki oxalis triangularis berwarna ungu. Ia sangat senang saat tanaman miliknya bertunas bunga putih.

"Pagi ini dikejutkan oleh bunga kupu-kupu (#oxalistriangularis) ini. Dan bunga putih ungu muncul..Selamat datang," tulis Nadine pada 3 Agustus 2020 lalu. 

9. Philodendron melanochrysum

9. Philodendron melanochrysum
Instagram.com/nadinelist

Tanaman di rumah Nadine Chandrawinata selanjutnya, yakni philodendron melanochrysum. Tanaman ini berasal dari Kolombia.

Philodendron melanochrysum adalah jenis tanaman berbunga dalam famili Araceae. Tanaman ini dahulu tumbuh di negara asalnya di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Saat ini tanaman ini banyak dibudidayakan di seluruh dunia sebagai tanaman hias. Sekilas mirip dengan tanaman philodendron yang lain, ada beberapa ciri khas dari tanaman ini di antaranya bentuk daun, batang dan panjang tanamannya.

Philodendron melanochrysum milik Nadine Chandrawinata memiliki daun yang besar dan daunnya menjulur vertikal ke bawah. 

10. Pisang varigata

10. Pisang varigata
Instagram.com/nadinelist

Ada jenis tanaman yang mungkin sering kita dengar, yaitu pisang. Bedanya, pisang milik Nadine Chandrawinata bukan tanaman biasa. Di rumah istri Dimas Anggara ini ada pisang varigata yang daunnya instagenik.

"Teristimewa untukmu, pisang. Diperjuangkan dan dirawat," tutur Nadine di Instagram pribadinya. 

Pisang varigata atau disebut juga musa variegata adalah tanaman yang berasal dari Florida. Namun, kini sudah banyak dibudidaya di berbagai daerah termasuk di Indonesia. Tanaman tropis ini punya bentuk mirip seperti pohon pisang biasa, bedanya ada pada warna daun dan buahnya. Daun pisang jenis ini tidak berwarna hijau polos melainkan bergradasi.

Tak hanya daunnya, bagian buah pisang varigata juga tak kalah menarik. Buah pisang varigata ini belang hijau putih dengan bentuk garis memanjang.

Selain cantik, buah pisang varigata diakui punya rasa yang manis. Sayangnya pisang jenis ini sangat jarang berbuah dan terbilang sensitif. Jadi buah pisang ini masih sangat sulit ditemui di pasaran.

Di Indonesia, tanaman pisang jenis ini populer menjadi tanaman hias. Sebab, pohonnya berukuran kecil dan bisa dimasukkan ke dalam pot sebagai hiasang di taman rumah. 

Itulah tadi tanaman di rumah Nadine Chandrawinata yang cantik dan terawat. Banyaknya ragam tanaman yang ada di sana membuat kita betah nih kalau main ke rumah aktris ini karena bisa refreshing mata!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.