TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Mencuci Helm, Dijamin Bisa Kembali Bersih dan Wangi

Selain membuat bersih, mencuci helm sendiri di rumah juga menghemat pengeluaran

24 Oktober 2022

7 Cara Mencuci Helm, Dijamin Bisa Kembali Bersih Wangi
Unsplash/Gaberce

Mencuci helm sering diabaikan padahal helm termasuk barang yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Helm yang jarang dicuci, terutama pada musim hujan, bisa memunculkan bakteri atau jamur. Akibatnya, helm bisa bau apek hingga menyebabkan ketombe di kulit kepala ketika digunakan. 

Maka dari itu, penting sekali mencuci helm secara berkala untuk mencegah kerusakan pada helm sekaligus mencegah iritasi di kulit kepala. Mencuci helm ternyata bisa dilakukan di rumah lho, Ma. Selain membuat bersih, mencuci helm di rumah juga menghemat pengeluaran. 

Apabila belum cukup memahami terkait bagaimana cara mencuci helm, kali ini Popmama.com telah merangkum tips mudah mencuci helm di rumah. Yuk, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Melepas bagian kaca helm

1. Melepas bagian kaca helm
Unsplash/Neonbrand

Langkah pertama yang harus dilakukan saat mencuci helm, yakni melepaskan kaca atau visor helm. Tujuannya agar bisa memudahkan ketika sedang membersihkan helm secara keseluruhan. 

Jangan memaksakan untuk membuka kaca helm jika memang sulit dilepas. Sebaiknya cukup memastikan proses pembersihan helm yang bisa dilakukan hingga bagian dalam helm. 

2. Melepas busa helm

2. Melepas busa helm
Unsplash/Waldemarbrandt67w

Setelah melepas bagian kaca helm, maka selanjutnya perlu melepas semua busa atau padding helm, termasuk busa bagian atas. Perlu juga melepas busa secara hati-hati agar tidak merusak helm. 

Apabila busa helm tidak bisa dilepas, maka tidak perlu memaksakannya. Sebab, hal itu dapat dapat merobek hingga merusak busa helm. 

Editors' Picks

3. Membersihkan kaca dan bagian luar helm

3. Membersihkan kaca bagian luar helm
Unsplash/Arifmaulanaid

Setelah bagian kaca dan busa berhasil dilepas, saatnya masuk proses pembersihkan. Penting sekali untukmembersihkan kaca dan bagian luar helm terlebih dahulu menggunakan kain lembus. 

Hindari menggunakan kain kasar yang bisa menimbulkan goresan di kaca helm. Ketika sedang membersihkan helm, cobalah menggunakan wax untuk membuat kaca helm kembali bening. 

Apabila tidak ingin merusak kaca helm, maka cukup dibersihkan dengan air mengalir saja. Ketika helm sudah kering, lakukan pemolesan menggunakan wax untuk membuat kaca kembali mulus. 

4. Mencuci busa helm

4. Mencuci busa helm
Unsplash/Phuotcungnang

Sambil menunggu helm kering, siapkan air hangat secukupnya untuk merendam busa helm.

Selanjutnya, sikat busa atau paddling helm menggunakan sabun atau sampo. Jika kotoran di busa sulit dibersihkan, maka Mama perlu merendam busa di air hangat selama 5-10 menit. 

Setelah itu, ambil kembali busa dan gosok menggunakan sikat gigi bekas. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan noda, kotoran, maupun bakteri yang menempel di busa helm. Lalu, rendam kembali busa helm di air dingin untuk mengangkat kotoran yang mungkin saja masih mengendap.

5. Menjemur helm

5. Menjemur helm
Unsplash/Mohitpathak

Langkah selanjutnya, yakni menjemur helm dan busa yang telah dibersihkan di bawah sinar matahari. Mama sebaiknya membersihkan helm ketika cuaca cerah agar lebih cepat kering. 

Tak hanya itu, hindari memeras busa atau paddling setelah dicuci. Sebab, hal itu bisa merusak busa helm. Biarkan busa setengah kering terlebih dahulu, lalu peras secara perlahan dan jemur kembali.

6. Memasang ulang helm yang telah kering

6. Memasang ulang helm telah kering
Unsplash/Nvnsxn

Setelah semua cara di atas dilakukan, saatnya memasang kembali semua bagian helm. Pastikan semua bagian helm telah kering, sehingga tidak menimbulkan bau apek. 

Pasang helm secara perlahan agar tidak ada bagian yang rusak atau salah pasang. Pastikan setiap bagian terpasang dengan baik, sehingga lebih nyaman saat menggunakannya. 

7. Menyemprotkan pewangi

7. Menyemprotkan pewangi
Unsplash/Vanderfilms

Terakhir, semprotkan pewangi ke helm untuk mencegah bau dan berkembangnya kuman atau bakteri. Gunakan pewangi khusus helm yang mengandung desinfektan untuk membunuh kuman selama helm dipakai. 

Mencuci helm di rumah ternyata mudah, bukan? Bahan-bahan dan peralatan untuk mencuci helm pun mudah didapatkan.

Semoga tips mencuci helm ini bisa bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk