5 Cara Mengatur Apartemen Studio agar Nyaman menurut Feng Shui

Menerapkan Feng Shui di apartemen studio memang membutuhkan keterampilan dan ketelitian

22 November 2021

5 Cara Mengatur Apartemen Studio agar Nyaman menurut Feng Shui
Unsplash/Jpa

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli apartemen, di antaranya biaya, lokasi apartemen, hingga Feng Shui. Feng Shui memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan, terutama ketika memilih atau mendekorasi hunian. 

Feng Shui adalah filosofi China kuno yang digunakan untuk meningkatkan energi dengan cara mengatur tata letak benda, furnitur, hingga dekorasi hunian. Secara umum, Feng Shui apartemen dan rumah tidak jauh berbeda karena keduanya tetap bertujuan untuk mendatangkan energi positif. 

Hanya saja Mama perlu memutar otak ketika ingin mengatur tata letak furnitur untuk apartemen studio. Sebelum menerapkan konsep Feng Shui di apartemen studio, Mama perlu mengetahui terlebih dahulu area Yin dan Yang di apartemen. 

Pasalnya, area Yin dan Yang akan memudahkan dalam mengatur tata letak furnitur di apartemen studio agar lebih nyaman ketika ditinggali. Area Yin adalah area publik yang sering dimasuki tamu seperti ruang tamu dan ruang TV, sedangkan area Yang adalah ruangan yang bersifat pribadi, yakni tempat tidur. 

Kali ini, Popmama.com telah merangkum beberapa cara mengatur apartemen studio agar lebih nyaman berdasarkan Feng Shui. Semoga informasi di bawah ini bisa membantu ya, Ma!

1. Lokasi apartemen studio

1. Lokasi apartemen studio
Unsplash/Alfie_chapman

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika memilih apartemen studio, yakni letak unit apartemen. Mama sebaiknya memilih unit apartemen di lantai yang lebih tinggi. Sebab, semakin tinggi lantai, maka semakin sedikit unit apartemen. 

Artinya, energi menjadi lebih ringan untuk unit apartemen dan lebih banyak energi positif yang masuk ke apartemen. Selain itu, lokasi unit apartemen yang lebih tinggi bisa memaksimalkan pencahayaan yang masuk ke unit apartemen. 

Editors' Picks

2. Perhatikan pintu apartemen

2. Perhatikan pintu apartemen
Unsplash/3dottawa

Selanjutnya, perhatikan pintu masuk utama apartemen. Pintu masuk yang bersih dan terang akan memaksimalkan energi positif yang terserap. 

Selain itu, perhatikan pula tata letak pintu unit apartemen studio. Dalam Feng Shui, Mama sebaiknya menghindari unit apartemen yang pintunya berhadapan langsung dengan lift atau pintu tangga. Pintu utama yang jauh dari kesibukan akan mendatangkan lebih banyak energi positif bagi penghuninya. 

Pastikan juga pintu masuk unit apartemen dapat terbuka lebar tanpa ada yang mengganjal saat pintu dibuka. Luas apartemen studio yang terbatas mengharuskan Mama mengatur furnitur sedemikian rupa, sehingga tidak ada yang menghalangi energi yang masuk melalui pintu.

3. Perhatikan posisi tempat tidur

3. Perhatikan posisi tempat tidur
Unsplash/Spacejoy

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa tempat tidur adalah bagian dari energi Yang dalam Feng Shui. Mama harus menciptakan privasi pada apartemen studio dengan memperhatikan kenyamanan tempat tidur. 

Buatlah area tempat tidur yang jauh dari televisi maupun gadget, sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur. Mama bisa meletakkan tanaman hijau di sekitar area tempat tidur untuk meningkatkan suasana hati sekaligus menjaga kualitas tidur. 

Pastikan posisi tempat tidur tidak terlihat langsung dari pintu masuk. Selain itu, bisa juga memasang tirai atau pembatas untuk membuat area tempat tidur lebih nyaman dan privat. 

4. Beri pembatas ruangan

4. Beri pembatas ruangan
Unsplash/Andreaedavis

Meski luas apartemen studio sangat terbatas, Mama tetap perlu memisahkan ruang beraktivitas dan area pribadi. Ruang beraktivitas meliputi ruang makan, ruang tamu, maupun ruang TV. Mama bisa memisahkan ruang beraktivitas dan area pribadi dengan partisi atau garis pemisah. 

Mama tidak perlu menyediakan area yang luas untuk ruang beraktivitas. Mama hanya perlu menyediakan area kecil yang bisa ditempati sofa kecil, bean bag, atau karpet dan meja TV.

Pastikan ukuran TV telah disesuaikan dengan luas apartemen studio, ya. 

5. Pasang cermin

5. Pasang cermin
Unsplash/Kikki_s

Terakhir, Mama bisa menggunakan cermin berukuran besar sebagai pembatas ruangan. Selain sebagai pembatas, cermin bisa memberikan efek luas pada apartemen studio yang sempit. 

Cermin juga dapat menarik lebih banyak cahaya sehingga mendatangkan energi positif ke dalam ruangan. Penempatan cermin yang bagus menurut Feng Shui, yakni menghadap timur, tenggara, dan utara. 

Nah Ma, itulah cara membuat apartemen studio lebih nyaman untuk ditinggali berdasarkan Feng Shui. Menerapkan Feng Shui di apartemen studio yang memiliki luas terbatas memang membutuhkan keterampilan dan ketelitian. Selamat mencoba dan semoga informasinya bisa bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.