TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Penyebab Tikus Masuk ke Dalam Rumah, Bisa Memicu Penyakit

Hal sepele mungkin justru diabaikan bisa mengundang tikus untuk masuk ke dalam rumah lho, Ma!

12 Agustus 2022

6 Penyebab Tikus Masuk ke Dalam Rumah, Bisa Memicu Penyakit
Unsplash/Zdenek Machacek

Tinggal di rumah yang nyaman dan aman menjadi sebuah keinginan setiap orang. Namun, seringkali keinginan itu tidak terwujud begitu saja. Terkadang, ada hewan-hewan yang tak diundang justru masuk dan mengacaukan kenyamanan di rumah.

Salah satu hewan yang cukup sering ditemui ada dalam rumah, yaitu tikus. Tikus yang masuk ke rumah tentu akan menganggu suasana yang ada, bahkan bisa meningkatkan berbagai risiko buruk. Walau terkadang tidak terlihat, suara yang dikeluarkan oleh tikus juga bisa terasa mengganggu.

Tak cukup diusir, Mama juga perlu tahu alasan dibalik masuknya tikus ke rumah. Berikut beberapa penyebab tikus masuk ke dalam rumah yang sudah Popmama.com rangkum.

Yuk, disimak!

1. Adanya sumber makanan dan air di dalam rumah

1. Ada sumber makanan air dalam rumah
Unsplash/Glen Hooper

Sama seperti makhluk hidup lainnya, tikus juga membutuhkan makanan dan air untuk bertahan hidup.

Tikus butuh mengonsumsi kurang lebih 5 gram makanan dan 60 ml air setiap harinya. Nah, sumber makanan dan air yang terbuka di dalam rumah akan dengan mudah mengundang tikus untuk masuk.

Itu bisa terjadi karena tikus memiliki sensor adanya makanan di rumah menggunakan kumisnya. Maka dari itu, sebaiknya Mama menyimpan seluruh bahan makanan yang ada di wadah tertutup agar tidak menarik perhatian tikus.

2. Area rumah yang jarang disentuh bisa jadi sarang tikus

2. Area rumah jarang disentuh bisa jadi sarang tikus
Unsplash/Tom Swinnen

Coba Mama pikirkan, di mana tempat yang biasanya digunakan tikus untuk berlindung?

Tentu saja jawabannya, yakni di area loteng atau gudang. Hal tersebut karena area ini jarang disentuh oleh pemilik rumah, sehingga menjadikannya tempat yang cocok untuk berlindung.

Tikus disebut sebagai hewan yang pemalu dan tidak suka diganggu. Maka dari itu, mereka akan memilih untuk membuat sarang di tempat yang hangat, kering, dan aman.

Pastikan Mama rajin membersihkan area ini untuk menghindari adanya sarang tikus di sekitar rumah, ya!

Editors' Picks

3. Ada lubang yang jadi akses masuk ke dalam rumah

3. Ada lubang jadi akses masuk ke dalam rumah
Unsplash/Joshua J. Cotten

Periksalah seluruh sudut yang ada di rumah, apakah sudah tidak ada celah seperti lubang?

Seekor tikus mampu menyelinap ke dalam celah dan lubang yang ada hingga akhirnya mereka berujung masuk ke dalam rumah.

Biasanya, celah itu ditemukan di sekitar pipa ataau saluran kabel listrik. Jika sudah demikian, pasti akan lebih sulit untuk mengusir mereka keluar. Maka dari itu, Mama perlu menutup setiap celah dan lubang yang ada agar tidak ada akses masuk bagi tikus.

4. Tembok di rumah yang berongga

4. Tembok rumah berongga
Unsplash/Joshua J. Cotten

Mama mungkin pernah mendengar bunyi yang dikeluarkan tikus, namun tidak bisa menemukannya dimanapun. Jangan senang dulu, mereka bisa saja sedang bersembunyi di dalam tembok.

Kejadian seperti ini bisa terjadi karena tembok di rumah memiliki rongga, seperti tembok tambahan dengan triplek. Selain itu, mereka juga bisa bersembunyi pada pipa di atas maupun bawah rumah yang tidak terpakai.

5. Tikus sudah mempunyai sarang di dalam rumah

5. Tikus sudah mempunyai sarang dalam rumah
Unsplash/Matt Seymour

Jika berpikir bahwa sarang yang dibuat tikus hanya untuk tempat berlindung, maka Mama salah. Tak hanya sebagai tempat berteduh atau berlindung, tikus juga menggunakannya untuk berkembang biak.

Tentunya dibutuhkan tempat yang hangat, kering, dan aman bagi mereka untuk membesarkan anak-anak mereka. Apalagi, tikus bisa dengan mudah membuat sarang dengan menggunakan bahan tidak terpakai di rumah.

6. Rumah jarang dibersihkan

6. Rumah jarang dibersihkan
Unsplash/Alexas_Fotos

Menjaga kebersihan rumah bisa menjadi menjamin tikus pergi dan enggan untuk masuk. Tikus cenderung menyukai tempat yang berantakan dengan bahan makanan dan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Hal kecil seperti puing kayu, kapas, koran, kardus, dan sebagainya mungkin tidak terlalu Mama perhatikan keberadaannya di rumah. Tetapi, bahan-bahan inilah yang menjadi kandidat utama dalam pembuatan sarang tikus. 

Itulah beberapa penyebab tikus masuk ke dalam rumah. Pastikan Mama menyingkirkan penyebabnya juga agar tikus tidak lagi masuk ke rumah, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk