11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesia

Dengan provider internet ini, tak perlu khawatir akan koneksi buruk!

12 September 2021

11 Rekomendasi Merek Provider Internet Indonesia
Pexels/anthonyshkraba

Internet Service Provider (ISP) atau yang dikenal dengan provider internet adalah suatu perusahaan yang menyediakan jasa koneksi internet kepada penggunanya. Dengan adanya ISP ini, penggunanya dapat terhubung langsung secara global melalui internet. Internet sendiri sudah menjadi hal yang sangat penting bagi masyarakat dunia.

Dengan adanya internet, segala aktivitas yang dilakukan oleh Mama dan Papa menjadi lebih mudah. Internet telah menyentuh berbagai aspek kehidupan mulai dari komunikasi, hiburan, maupun pekerjaan rumah tangga.

Saat ini ada begitu banyak pilihan provider internet yang menyediakan layanan internet terbaik.

Berikut 11 rekomendasi merek provider internet di Indonesia yang sudah Popmama.com rangkum. Yuk, disimak dengan baik!

1. Biznet Network

1. Biznet Network
Pexels/screenpost

Biznet network merupakan salah satu provider internet yang harus ada dalam pilihan Mama. Biznet sendiri telah mengembangkan jangkauan area layanan internetnya hingga ke 2.500 hunian dan 700.000 Home Pass sejak Januari 2021 yang lalu.

Tentunya mereka akan terus mengembangkan jangkauan internetnya, sehingga masyarakat di seluruh penjuru Indonesia bisa menggunakannya. 

Tidak hanya layanan internet saja, Biznet juga menyediakan layanan pusat data, cloud computing serta TV kabel. Harga yang ditawarkan Biznet mulai dari Rp 325.000 per bulan dengan kecepatan internet hingga 75 mbps.

2. CBN

2. CBN
Pexels/matheusbertelli

PT Cyberindo Aditama atau yang disingkat CBN merupakan penyedia layanan jasa internet sejak tahun 1996. Dari tahun 1996 hingga saat ini, CBN menyatakan sudah menjangkau lebih dari 300 perkantoran, perhotelan, apartemen, bahkan pusat perbelanjaan di Indonesia.

Perlu diketahui juga bahwa CBN sudah berkolaborasi dengan lebih dari 20 pembayaran elektronik. Pilihan paket yang ada di CBN cukup beragam, mulai dari Rp 299.000 per bulan dengan kecepatan hingga 30 mbps.

Paket ini cocok bagi Mama yang ingin memiliki layanan internet dan TV kabel di rumah sendiri. Jika 30 mbps dirasa kurang, Mama dapat menambah Rp 45.000 setiap bulannya untuk kecepatan hingga 50 mbps.

3. First Media

3. First Media
Freepik/karlyukav

Mama mungkin sudah tau dengan yang satu ini karena merek provider internet ini sudah cukup terkenal. First media sendiri sudah menjangkau 27 kota dan kabupaten di Indonesia termasuk kota-kota besar.

Mama dapat melakukan pengecekan apakah layanan First Media sudah ada di daerah Mama dengan fitur “cek area” pada website resminya. Paket dengan harga terendah yang ditawarkan, yakni Rp 371.000 per bulan.

Paket ini mencakup layanan internet hingga 15 mbps, 145 saluran TV luar dan dalam, bahkan juga streamtainment. Layanan internet dengan paket ini dapat digunakan oleh 2 hingga 3 perangkat sekaligus.

4. Groovy

4. Groovy
Pexels/tonyschnagl

Provider internet Groovy sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2000 lho, Ma! Layanan internet Groovy menggunakan jaringan fiber optik.

Harga yang ditawarkan adalah mulai dari Rp 192.500 per bulan untuk kecepatan internet hingga 20 mbps yang dapat dinikmati 1 hingga 4 perangkat sekaligus.

Apabila Mama ingin membeli layanan TV kabelnya juga, paket harga terendah yang ditawarkan adalah Rp 357.500 per bulan dengan tambahan 70 saluran TV gratis.

Mama juga dapat melakukan pembayaran secara tahunan dan lebih hemat hingga 33 persen. Sayangnya, provider internet ini hanya tersedia di area Jabodetabek dan Bandung.

Editors' Picks

5. GIG by Indosat Ooredoo

5. GIG by Indosat Ooredoo
Pexels/oliadanilevich

GIG adalah provider internet yang diluncurkan oleh salah satu perusahaan jasa telekomunikasi, yaitu Indosat. Sama seperti yang sebelumnya, GIG juga menyediakan 100 persen fiber opttik tanpa kabel.

Penawaran paket dari GIG Indosat mulai dari Rp 225.000 per bulan dengan kecepatan internet hingga 10 mbps. Paket ini dinilai ideal digunakan untuk 4 perangkat.

Paket ini juga dilengkapi dengan saluran TV lebih dari 70, akses langsung ke YouTube, aplikasi menonton seperti iflix serta tampilan wireless dari handphone.

6. Indihome

6. Indihome
Freepik/karlyukav

Provider internet Indihome keluaran PT Telkom Indonesia juga sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Indihome sendiri sudah menjangkau hingga ke pelosok Indonesia.

Paket yang ditawarkan juga tergolong cukup murah dengan Rp 275.000 per bulan dan kecepatan internet hingga 20 mbps. Paket ini dapat digunakan untuk 3 hingga 5 perangkat secara bersamaan.

Bagi Mama yang ingin menikmati layanan TV kabel dapat membeli dengan harga mulai dari Rp 375.000 per bulan dan dapatkan tambahan 109 saluran TV.

7. Megavision

7. Megavision
Pexels/annashvets

Beranjak ke tahun 2001, Megavision hadir sebagai salah satu provider internet di Indonesia. Megavision merupakan provider internet keluaran PT Cemerlang Multimedia. Bagi Mama yang berdomisili di Bandung, Bogor, dan Jawa Barat, provider internet ini bisa jadi pilihan.

Megavision menggunakan teknologi 100 persen fiber optik dengan penawaran internet tanpa batas (unlimited). Harga yang ditawarkan provider internet ini mulai dari Rp 229.000 per bulan untuk kecepatan internet hingga 10 mbps.

Paket ini juga dibarengi dengan layanan 60+ saluran TV baik dari dalam maupun luar negeri. Megavision akan mengembangkan area layanannya ke beberapa kota di Indonesia seperti Semarang, Malang, Medan, dan sebagainya dalam waktu dekat.

8. MNC Playmedia

8. MNC Playmedia
Pexels/ivansamkov

MNC Playmedia termasuk provider internet dengan kapasitas jaringan fiber optik yang besar hingga 10 Gbps! Layanan provider internet ini hanya tersedia di 9 kota di Indonesia.

Mulai dari Rp 230.000 setiap bulannya, Mama dapat menikmati layanan provider internet ini dengan kecepatan hingga 10 mbps. MNC Playmedia juga menyediakan paket internet ditambah TV kabel.

Dengan membayar Rp 369,000 setiap bulannya, Mama bisa mendapatkan kecepatan internet hingga 30 mbps dan 54 saluran TV. MNC juga menyediakan fitur “parental lock” dimana Mama dapat melindungi si kecil dari saluran TV dewasa menggunakan password.

9. MyRepublic ID

9. MyRepublic ID
Pexels/annatarazevich

Salah satu provider internet yang tidak kalah cepat dan baik adalah MyRepublic ID. Provider internet ini diakui sebagai ISP nomor 1 di Indonesia dalam hal streaming dan gaming.

Selain layanan internet, mereka juga menyediakan layanan TV kabel dengan saluran TV lokal maupun luar negeri. Layanan internet yang disediakan dimulai dari Rp 305.455 setiap bulan dengan kecepatan hingga 30 mbps dan cocok untuk 7 perangkat.

Harga untuk internet dan TV kabel dimulai dari Rp 362.728 dan dilengkapi dengan 75 saluran TV.

10. Oxygen.id

10. Oxygen.id
Pexels/vladakarpovich

PT Mora Telematika Indonesia meluncurkan provider internet yang dikenal dengan Oxygen.id. Mama dapat menikmati layanan internet ini mulai dari Rp 306.000 per bulan dengan kecepatan internet hingga 50 mbps.

Layanan internet ini juga dilengkapi dengan wifi modem yang dapat digunakan oleh 3 hingga 4 perangkat sekaligus. Di sisi lain, paket yang menawarkan layanan internet dan TV kabel mulai dari Rp 324.000 per bulan dengan tambahan 61 saluran TV lokal dan luar negeri.

Selain kedua jenis layanan tersebut, mereka juga menyediakan layanan bagi Mama dan Papa yang menyukai tayangan olahraga dengan eksklusif Mola TV.

11. Transvision

11. Transvision
Pexels/edwardjenner

Selain dikenal sebagai layanan TV, Transvision juga memiliki layanan provider internet.

Harga yang ditawarkan oleh provider ini mulai dari Rp 269.000 per bulan dengan kecepatan 30 mbps. Paket ini merupakan harga terendah dan dapat digunakan dengan 3 hingga 5 perangkat.

Bagi Mama dan Papa yang ingin menikmati aplikasi Mola TV juga dapat membayar mulai dari Rp 319.000 setiap bulannya, bahkan mendapatkan 69 saluran TV juga. Layanan internet Transvision Hi-speed masih terbatas hanya untuk Pulau Jawa.

Itulah 11 rekomendasi merek provider internet di Indonesia yang bisa menjadi pilihan di rumah.

Kira-kira, provider internet mana yang cocok dengan keluarga Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.