5 Tanaman Pengusir Ular yang Wajib Ditanam di Rumah

Bisa untuk percantik taman hingga hindari keluarga dari serangan ular di musim hujan!

19 September 2021

5 Tanaman Pengusir Ular Wajib Ditanam Rumah
Pixabay/Kapa65

Musim hujan kini telah tiba, selain meningkatnya ancaman banjir, hewan liar seperti ular pun dapat menjadi ancaman di rumah. Ya, fenomena kemunculan ular memang sering terjadi saat musim hujan, karena ular mencari tempat untuk mereka berlindung.

Sebelum hal ini terjadi pada kamu dan keluarga, alangkah baiknya untuk mengetahui cara tepat untuk mencegah ular tak masuk rumah. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan menanam tumbuhan pengusir ular di halaman rumah.

Terdapat sejumlah tanaman yang ternyata tidak disukai ular karena baunya yang menyengat. Aroma yang kuat pada sejumlah tanaman akan menjauhkannya karena organ jacobson pada ular akan bereaksi.

Nah, kira-kira apa saja tumbuhan yang bisa kamu tanam di sekitar rumah agar ular pergi menjauh? Berikut Popmama.com telah merangkum 5 tanaman pengusir ular yang dapat kamu tanam di rumah!

1. Marigold yang cantik namun dibenci ular

1. Marigold cantik namun dibenci ular
Unsplash/Wes Hicks

Melansir dari laman pests.org, tanaman pengusir ular pertama yang dapat kamu tanam di rumah adalah marigold. Selain cantik untuk menjadi tanaman hias di rumah, ternyata marigold juga mengeluarkan bau yang kuat dan mampu mengusir tikus maupun ular.

Bau tersebut berasal dari akar yang menyengat sehingga mencegah hama menetap. Terlebih lagi, bunga yang indah pada marigold membuat halaman rumah terlihat bagus.

Cocok untuk ditanam di halaman depan rumahmu!

Editors' Picks

2. Lidah mertua, tanaman jadul yang dibenci ular

2. Lidah mertua, tanaman jadul dibenci ular
Pexels/Владимир Гладков

Siapa yang tak kenal dengan lidah mertua? Tanaman yang satu ini termasuk tanaman jadul yang disukai oleh banyak orang karena bentuknya yang unik.

Namun sayangnya, belum banyak yang tahu bahwa tanaman lidah mertua mampu mengusir ular. Daunnya yang tajam membuat ular merasa takut.

Tanaman ini juga tampak menarik untuk ditanam di sekitar halaman sebagai penghalang terhadap ular. Perawatan lidah mertua juga cukup mudah dan tidak perlu disiram setiap hari.

3. Agaphanthus, tanaman dengan aroma yang dibenci ular

3. Agaphanthus, tanaman aroma dibenci ular
tokopedia.com

Melansir dari laman Nurserylive, tanaman pengusir ular lainnya adalah agaphanthus. Agapanthus adalah tanaman dari keluarga bawang. Seperti marigold, tanaman indah ini cocok untuk taman karena bunganya cantik berwarna merah muda.

Fungsi agapanthus benar-benar bisa mengusir ular dan hama lainnya. Agapanthus memiliki bau yang kuat sehingga ular tidak menyukainya. Menariknya, tanaman ini juga bisa mengobati infeksi sinus untuk manusia.

4. Kaktus, tanaman berduri tajam yang dibenci ular

4. Kaktus, tanaman berduri tajam dibenci ular
Unsplash/jxk

Selain dipercaya menjadi tanaman pembawa keberuntungan, katus yang indah dan estetik ini juga ternyata dapat mengusir ular. Ya, ular akan menjauhi tanaman yang memiliki duri dan tajam seperti kaktus.

Oleh karena itu, kaktus adalah tanaman yang bisa kamu andalkan untuk menjauhkan mereka dari rumah dan kebun. Selain berfungsi untuk mengusir ular, kaktus juga kini menjadi tanaman hits yang banyak dijadikan tanaman hias di rumah.

5. Kecubung pendek memiliki aroma menyengat yang dibenci ular

5. Kecubung pendek memiliki aroma menyengat dibenci ular
tokopedia.com

Tanaman pengusir ular yang terakhir adalah kecubung pendek. Tanaman ini dikenal juga sebagai apel duri, jerat setan, atau jimsonweed. Tanaman yang satu ini termasuk dalam keluarga nightshade.

Kecubung pendek mengandung alkaloid tropane dengan efek halusinogen. Selain itu, tanaman kecubung pendek juga menghasilkan bau busuk dan pahit yang mencegah ular memasuki taman atau rumah.

Nah, itulah kelima tanaman pengusir ular yang wajib ditanam di rumah saat musim hujan seperti saat ini. Selamat berkebun dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.