Musim Hujan, Begini Cara Cepat Bersihkan Sepatu Kotor

Tak perlu cuci di tempat khusus, cukup lakukan langkah berikut

10 Januari 2019

Musim Hujan, Begini Cara Cepat Bersihkan Sepatu Kotor
Maxpixel.net/nikon d3200

Tak hanya membuat baju lembab dan berbau, musim hujan seperti saat ini juga bisa membuat sepatu kesayanganmu menjadi lebih cepat kotor.

Cipratan kubangan air hujan ketika mengendari kendaraan bermotor bisa saja mengenai sepatu yang sedang kamu kenakan. 

Jika sudah begini, pasti kamu merasa sangat kesal sekali, bukan?

Tenang, kamu masih bisa membersihkannya sendiri kok! 

Hanya dengan bahan-bahan mudah yang bisa kamu dapatkan di rumah, sepatumu akan bersih dalam sekejap.

Nah, penasaran bagaimana cara membersihkan 4 jenis sepatu di bawah ini dengan cepat?

Dilansir dari laman The Spruce, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa langkah mudahnya.

1. Sepatu kanvas atau kain

1. Sepatu kanvas atau kain
en.wikipedia.org

Sepatu yang terbuat dari kanvas atau kain biasanya berupa sneakers atau flat shoes.

Apapun gayanya, sepatu bahan merupakan jenis sepatu yang paling cepat kotor, apalagi terkena cipratan saat musim hujan seperti sekarang.

Meskipun begitu, ternyata membersihkannya tidaklah sulit!

Untuk membersihkannya, kamu bisa memanfaatkan beberapa bahan di rumah seperti deterjen, air hangat, sikat gigi bekas, dan handuk kering.

Setelah semuanya lengkap, maka mulailah dengan membersihkan sepatu bahan dengan handuk kering untuk menghilangkan semua cipratan ataupun tanah-tanah kering yang menempel.

Setelah itu, campurkanlah satu sendok teh deterjen dalam dua gelas air hangat. Celupkan sikat gigi ke dalam larutan sabun dan sikat sepatu bahan secara perlahan dan ringan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan biarkan sepatu terlalu basah.

Setelah noda sudah dihilangkan dengan larutan deterjen dan air hangat, bersihkanlah permukaan sepatu dari sisa sabun dengan handuk kering yang sudah dibasahi air sebelumnya.

Untuk membuat sepatu tetap seperti bentuk semula, masukkanlah tisu kering ke dalam lubang kaki atau tumit hingga sepatu benar-benar kering.

2. Sepatu kulit

2. Sepatu kulit
Pixabay/stocksnap

Untuk membersihkan sepatu kulit, mulailah dengan membersihkan sisa tanah yang menempel atau apapun dengan kain yang sudah dicelupkan ke dalam larutan air dingin dan cuka putih.

Setelah dibersihkan, biarkan sepatu mengering secara total. Untuk mengatasi gores pada sepatu kulit, kamu bisa menggunakan semir.

Cukup ikuti petunjuk penggunaanya atau bisa juga dengan membersihkannya menggunakan kain basah yang sudah dicelupkan dengan air dan sedikit baking soda.

Gosok perlahan area lecet dan bersihkan residu yang menempel dengan kain bersih. Biarkan mengering kemudian gosok lagi dengan kain bersih secara berulang.

Namun untuk mengatasi lecet pada sepatu kulit imitasi, kamu bisa mengoleskannya dengan setetes petroleum jelly, kemudian bersihkan dengan kain lembut.

Sebagi sentuhan akhir, semprotkan dengan pembersih kaca lalu gosok dengan kain lembut.

Baca juga: Tips Nyaman Menggunakan Sepatu dengan Hak Tinggi

Editors' Picks

3. Sepatu suede atau bludru

3. Sepatu suede atau bludru
Pexels/pixabay

Kunci untuk menjaga sepatu suede adalah dengan melakukan perawatan rutin.

Permukaan sepatu suede harus dijaga sekering mungkin dan dibersihkan dengan sikat berbulu halus setiap selesai dipakai untuk menghilangkan debu dan tanah yang menempel. Jika ada noda, bersihkanlah secepat mungkin.

Untuk menghilangkan bekas goresan, gosoklah bagian yang lecet dengan penghapus pensil, kemudian sikat untuk mengembalikan alurnya.

Untuk menghilangkan noda berminyak, taburilah area tersebut dengan bedak bayi atau tepung jagung untuk menyerap minyak.

Biarkan bedak berada di atas noda setidaknya selama satu jam, kemudian bersihkan. Ulangi sampai semua minyak terserap dan kemudian sikat kembali untuk mengembalikan alurnya.

Untuk menghilangkan noda basah, bersihkan dengan handuk kertas atau kain untuk menyerap kelembapan. Biarkan sepatu mengering secara total. Sikat untuk menghaluskan alurnya.

4. Sepatu olahraga

4. Sepatu olahraga
Pxhere/canon eos 60d

Kebanyakan sepatu olahraga dapat dengan mudah dibersihkan dengan mesin cuci. Namun sebelumnya, jangan lupa untuk melepaskan sol bagian dalam dan talinya secara terpisah.

Setelah bersih, jemurlah sepatu olahraga hingga benar-benar kering. Namun jangan pernah menjemurnya di terik panas matahari secara langsung.

Untuk mengatasinya dari bau dan jamur, bersihkanlah sol bagian dalam dengan pembersih disinfektan sebelum dimasukkan kembali ke sepatu. Agar lebih praktis, kamu juga bis menggantinya dengan pelapis baru.

Nah, itulah cara membersihkan beberapa jenis sepatu yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah.

Mudah, murah, dan pastinya membuat sepatumu bersih seperti baru kembali!

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Akibat Jamur Pada Sepatu

Baca juga: Tips Merawat Tas dan Sepatu Kulit agar Awet dan Tidak Mudah Mengelupas