5 Rekomendasi Tanaman untuk Mengurangi Radiasi, Cocok untuk di Rumah

Mama bisa menaruh tanaman berikut ini dekat meja kerja nih

2 Mei 2021

5 Rekomendasi Tanaman Mengurangi Radiasi, Cocok Rumah
Unsplash/kaufmann_mercantile

Merawat tanaman dan menaruhnya di posisi yang tepat memang bisa memberikan suasan sejuk, bahkan memperindah pemandangan di sekitar rumah.

Sebagai referensi, Mama pun perlu mencari beberapa jenis tanaman yang bisa menyerap dan mengurangi radiasi di sekitar rumah. Apalagi penggunaan berbagai alat elektronik di rumah bisa menciptakan banyak radiasi di dalam ruangan. 

Salah satu langkah yang bisa Mama terapkan untuk mengurangi radiasi, yakni dengan merawat tanaman khusus yang dapat menyerap radiasi. Cara ini tentu akan membantu kesehatan keluarga di rumah. 

Kira-kira apa saja tanaman yang ampuh mengurangi radiasi ya, Ma?

Nah, jika Mama ingin mengetahui lebih lanjut, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. Simak yuk, Ma!

1. Kaktus mampu menyerap radiasi

1. Kaktus mampu menyerap radiasi
Unsplash/gaellemarcel

Salah satu tanaman hias yang terkenal dengan durinya ini ternyata bisa berfungsi sebagai penangkal dampak buruk dari radiasi lho, Ma.

Suatu studi yang dilakukan oleh NASA mengatakan bahwa kaktus cukup mampu menyerap radiasi jika ditempatkan langsung di dekat sumber radiasi tersebut.

Maka dari itu, Mama bisa menaruh tanaman kaktus di sekitar meja kerja untuk menyerap radiasi yang memantul di sekitar ruangan.

Tak hanya menyerap radiasi, tanaman kaktus juga sekaligus bisa memperindah meja kerja. Dengan begitu, tanaman dapat menyegarkan mata karena membuat meja kerja lebih indah. 

Editors' Picks

2. Lili Paris bisa menyerap polusi dalam ruangan

2. Lili Paris bisa menyerap polusi dalam ruangan
Unsplash/abelycosta

Lili paris telah dibuktikan ampuh untuk menyerap polusi dengan jumlah besar, bahkan tanaman ini juga bisa membersihkan berbagai gas berbahaya seperti asam format dan aldehida dari udara.

Selain itu, lili paris dapat salah satu tanaman yang dipercaya efektif untuk menyerap radiasi. Tak heran kalau tanaman ini kerap ditaruh di dalam rumah karena selain bisa menghias ruangan juga dapat menjaga kualitas udara.

3. Bunga matahari membantu untuk menyerap radiasi

3. Bunga matahari membantu menyerap radiasi
Unsplash/jordancormack

Bunga matahari dikenal sebagai salah satu tanaman terbaik di dunia untuk menyerap radiasi. 

Pada tahun-tahun setelah insiden Chernobyl, ada jutaan bunga matahari yang ditanam secara sengaja untuk membantu menyerap kebocoran radiasi.

Bunga matahari memang pada dasarnya bukan merupakan tanaman yang bagus jika ditaruh dalam ruangan, tetapi setidaknya Mama perlu menaruh bunga matahari ini di sekitar jendela atau teras rumah. Dengan begitu, bunga matahari bisa efektif mengeluarkan kemampuannya dalam menyerap radiasi. 

4. Lidah buaya dapat menyerap radiasi di area sekitar

4. Lidah buaya dapat menyerap radiasi area sekitar
Unsplash/schimiggy

Menjadi salah satu tanaman yang wajib dimiliki di rumah, ternyata lidah buaya memiliki berbagai manfaat lho, Ma.

Hal tersebut dikarenakan lidah buaya mudah dirawat dan memiliki penampilan yang indah. Tanaman satu ini juga bisa menjadi pertolongan pertama untuk keadaan darurat, termasuk mengatasi luka dan gatal pada bagian tubuh tertentu.

Nah, salah satu manfaat dari lidah buaya yang tak kalah penting yakni kemampuannya menyerap radiasi di lingkungan sekitar. Tak ada salahnya kalau Mama dapat menaruh tanaman lidah buaya yang kecil di sekitar meja kerja. 

5. Ficus robusta membantu menyegarkan ruangan

5. Ficus robusta membantu menyegarkan ruangan
Plantsguru.com

Tanaman satu ini termasuk sangat tangguh, apalagi mampu tumbuh di luar maupun di dalam ruangan.

Hebatnya, jika Ficus robusta ditaruh di alam liar mampu tumbuh hingga sepanjang 100 kaki. Sementara, jika ditanam di dalam pot tanaman hanya akan tumbuh sebesar pot yang sudah disediakan.

Selain itu, Ficus robusta tidak menyukai cahaya langsung, sehingga ada baiknya jika menaruh tanaman satu ini di dekat jendela. Tetap hindari terkena cahaya langsung ya, Ma. 

Meletakkan tanaman Ficus robusta di dalam ruangan tak hanya mampu menyegarkan ruangan, tetapi dapat membantu menyerap radiasi yang dipantulkan dari komputer atau handphone.

Nah, itulah beberapa tanaman yang mampu menyerap dan mengurangi radiasi. Jadi, jangan lupa untuk menaruh salah satu tanaman tersebut di dalam ruangan atau di dekat meja kerja. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.