6 Tips agar Barang pada Rak Terbuka di Dapur Tampak Rapi dan Bersih

Perlu cara yang tepat agar barang yang disimpan pada rak terbuka bersih dan enak dipandang

19 September 2020

6 Tips agar Barang Rak Terbuka Dapur Tampak Rapi Bersih
Freepik

Rak terbuka dapat membuat dapur terlihat lebih lapang dan mudah untuk mengakses barang-barang yang akan digunakan.

Berhubung rak terbuka dapat langsung terlihat maka ada baiknya Mama menata dan membersihkan secara rutin agar tetap bersih dan rapi. Pemilihan bahan dan warna terhadap barang yang akan disimpan juga perlu agar tampak lebih menarik dan enak dipandang.

Namun, butuh usaha untuk merawatnya. Rak terbuka memudahkan barang terkena debu serta berisiko terjatuh jika perawatan serta penataannya kurang baik.

Untuk itu, Popmama.com akan memberikan 6 tips agar barang pada rak terbuka di dapur tampak rapi dan bersih.

1. Simpan barang sesuai kegunaan dan jangkauan

1. Simpan barang sesuai kegunaan jangkauan
Pixabay/pexels

Agar barang pada rak terbuka tetap rapi dan bersih, letakkan atau simpan barang sesuai dengan kegunaan dan mudah dijangkau.

Sebagai aturan umum, simpan barang dapur yang sering Mama gunakan di bagian rak paling bawah agar mudah diakses. Contohnya, piring, mangkuk, dan gelas. Kemudian, simpan barang yang jarang digunakan di bagian rak tertinggi, seperti peralatan saji berukuran besar.

Pengaturan seperti ini cukup membantu penyimpanan barang pada rak terbuka. Ini juga memudahkan barang untuk diakses dan terlihat bagus.

2. Letakkan barang yang sejenis dalam satu area

2. Letakkan barang sejenis dalam satu area
Freepik

Meskipun beragam barang dapur yang disatukan dalam rak dapat menciptakan tampilan menarik, namun hal itu dapat membuat tampilan menjadi berantakan juga.

Jadi, agar barang pada rak terbuka tetap rapi dan bersih, kelompokkan item serupa menjadi satu. Misalnya, letakkan piring dalam satu tingkat rak, lalu simpan cangkir dan gelas di rak tingkat lainnya.

Hindari pula menumpuk semua barang dalam barisan yang padat, beri jarak pada item rak supaya tampilan lebih estetis.

Selain itu, pertimbangkan untuk mengambil piring atau mangkuk dari dasar tumpukan. Ini membuat piring Mama berputar secara teratur sehingga tetap bersih. Jika selalu mengambil dari bagian atas tumpukan, piring yang tidak tersentuh dapat berdebu.

Editors' Picks

3. Hindari terlalu banyak warna pada barang yang disimpan

3. Hindari terlalu banyak warna barang disimpan
Pexel/Tony Smith

Jangan mencoba memasukkan terlalu banyak warna atau gaya yang berbeda dalam satu rak karena dapat membuatnya terlihat kacau.

Lihatlah beberapa desain rak terbuka terbaik, Mama akan menemukan bahwa item yang dikelompokkan cenderung memiliki warna dan gaya yang sama.

Ini mungkin saat yang tepat untuk menyingkirkan barang-barang lama yang warna serta gayanya tidak serasi, kemudian menggantinya dengan barang yang selaras.

Selain itu, Mama juga dapat menambahkan sentuhan kayu pada item rak terbuka. Mangkuk dan peralatan dapur dari kayu akan membuat ruangan terlihat lebih gaya.

4. Hindari menyimpan item makanan pada rak terbuka

4. Hindari menyimpan item makanan rak terbuka
Pexels/Daria Shevtsova

Cara lain agar barang pada rak terbuka tetap rapi dan bersih adalah dengan tidak menyimpan item makanan. Beragam warna dan bentuk kemasan membuat tampilan rak terbuka menjadi kacau.

Simpan item makanan dan bumbu-bumbu di tempat lainnya, seperti sebuah kotak atau rak lain asal terpisah dengan piring dan gelas.

Kecuali, jika bumbu-bumbu atau teh disimpan dalam stoples kaca atau wadah yang cantik. Ini akan terlihat bagus pada rak terbuka.

5. Bersihkan dengan rutin karena debu mudah menempel

5. Bersihkan rutin karena debu mudah menempel
Freepik

Hal yang harus dilakukan agar barang pada rak terbuka tetap rapi dan bersih sudah pasti membersihkan secara rutin karena debu mudah menempel. Mama harus meningkatkan jadwal membersihkan debu ketika memiliki rak terbuka di rumah.

Bersihkan item rak Mama setidaknya setiap dua minggu atau lebih. Ingat pula untuk membersihkan rak terbuka secara menyeluruh sebulan sekali. Sisihkan mangkuk dan gelas lebih dulu sebelum menyeka permukaan rak dengan kain mikrofiber basah.

Langkah sederhana ini dapat mengubah seluruh tampilan rak Mama. Dengan begitu, barang-barang dan rak terbuka di dapur tetap enak digunakan sekaligus dipandang.

6. Jika memungkinkan, pasang pengisap asap dapur

6. Jika memungkinkan, pasang pengisap asap dapur
Freepik

Jika Mama memiliki dapur dengan rak terbuka, mungkin bisa mempertimbangkan untuk memasang pengisap asap.

Selain menjaga dapur terhindar dari asap saat memasak, pengisap ini juga dapat menarik partikel kecil atau minyak yang mungkin memercik ketika menyiapkan makanan. Percaya atau tidak, percikan dari minyak goreng dan makanan bisa sampai ke barang di rak terbuka.

Hal itu, bisa membuat barang-barang pada rak menjadi lengket seperti yang terjadi pada bagian atas kompor setelah digunakan memasak.

Nah, jika Mama ingin tampilan dapur lebih menarik dengan adanya rak terbuka. Jangan lupa untuk sering-sering membersihkan dan menatanya kembali.

Pastikan pula Mama tidak membebani rak dengan terlalu banyak barang karena akan membuat dapur terasa lebih berantakan.

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.