5 Hal yang Bikin Suami Stres dan Marah-Marah di Rumah

Terkadang kita sering merasa menjadi yang paling lelah, tapi pernahkah terpikir lelahnya pasangan?

9 Maret 2019

5 Hal Bikin Suami Stres Marah-Marah Rumah
Pexels/tim gouw

Menjadi seorang Mama memang bukan suatu pekerjaan yang mudah. Baik itu yang memutuskan untuk menjadi stay at home mama maupun working mama memiliki tantangan masing-masing.

Jika Mama lebih banyak waktu di rumah memiliki tantangan berupa kejenuhan, maka Mama yang bekerja memiliki tantangan menahan perasaan sedih ketika hendak meninggalkan anak bekerja.

Banyaknya tugas seorang Mama membuat Mama merasa paling lelah di rumah, bahkan dibandingkan dengan Papa yang bekerja di kantor. Tapi tahukah Mama kalau Papa juga lelah seharian berkegiatan di luar rumah?

Apa saja sih yang membuat Papa lelah? Berikut ini Popmama.com merangkumnya ke dalam 5 hal sebagai berikut:

1. Mencari nafkah demi anak istri

1. Mencari nafkah demi anak istri
Pexels/pixabay

Pergi pagi pulang malam menjadi rutinitas sehari-hari seorang Papa. Tidak sedikit yang bekerja di kota berbeda menyebabkan Papa harus berangkat saat hari masih gelap dan kembali pulang saat sudah gelap pula. Perjalanan yang cukup jauh bahkan hingga beberapa jam, ditambah dengan kemacetan lalu lintas bisa menjadi salah satu penyebab rasa lelah Papa yang bisa menimbulkan badmood. Makanya kalau Papa baru saja pulang kerja, Mama jangan ngomel dulu ya!

2. Banyaknya beban kerjaan di kantor

2. Banyak beban kerjaan kantor
Pexels/bruce mars

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap pekerja memiliki beban pekerjaan masing-masing. Pada waktu-waktu tertentu pekerjaan ini lebih banyak dari biasanya bahkan menuntut waktu lembur.

Seorang Mama pasti lelah dengan urusan rumah tangga, tetapi Papa juga lelah dengan banyaknya pekerjaan kantor lho Ma. 

Editors' Picks

3. Masalah dengan kolega atau atasan

3. Masalah kolega atau atasan
Pexels/nappy

Selama berkarir atau meniti usaha pasti ada saja rintangannya. Salah satunya yaitu masalah dengan kolega atau atasan. Ketidakcocokan sifat seringkali menjadi penyebab utamanya.

Terkadang Papa tidak mau menceritakan perihal masalah di kantor kepada Mama di rumah karena tidak ingin menambah beban pikiran Mama.

Selain itu Papa juga ingin menikmati waktu bersama anak istrinya sehingga tidak ingin membicarakan masalah kantor sama sekali, terlebih jika itu bisa membuat Papa badmood.

Baca juga: Tips Bersikap Profesional Saat Sekantor dengan Pasangan

4. Kepikiran cicilan bulanan

4. Kepikiran cicilan bulanan
dreamstime.com

Salah satu penyebab rasa lelah Papa adalah kepikiran cicilan bulanan!

Iya lho Ma, paling tidak Papa harus memastikan biaya cicilan rumah terbayar agar Mama dan anak-anak memiliki tempat berteduh yang aman dan nyaman.

Kalau Papa memiliki lebih dari satu cicilan, maka rasa lelahnya bisa bertambah beberapa kali lipat!

Baca juga: Haruskah Kita Membeli Rumah Setelah Menikah? Pertimbangkan Hal Ini

5. Memikirkan biaya belanja bulanan untuk rumah tangga

5. Memikirkan biaya belanja bulanan rumah tangga
Pexels/kaboompics.com

Siapa yang setiap tanggal gajian sudah nodong Papa saat pulang kantor dengan kalimat "Mana jatah belanja bulan ini?" Tunggu Papa istirahat dulu, tidak ada salahnya menyiapkan secangkir teh hangat untuk melepaskan segala lelahnya sepulang bekerja.

Setiap bulan Papa harus memikirkan biaya belanja bulanan untuk rumah tangga. Tidak hanya itu, Papa juga harus memastikan si Kecil mendapat pendidikan terbaik. Papa juga ingin lho membahagiakan Mama dan keluarga kecilnya dengan berlibur ke suatu tempat. Tapi semua itu bisa terwujud bila ada uang lebih diluar semua kebutuhan wajib. Makanya, Mama harus bantu Papa mengelola keuangan dengan baik ya!

Nah, itulah 5 penyebab kelelahan seorang Papa. Tidak hanya lelah fisik tapi juga lelah pikiran ya ternyata.

Yuk peluk Papa sesampainya di rumah nanti setelah seharian lelah bekerja.

Pelukan Mama dan si Kecil bisa menjadi obatnya lho!