10 Makna Emoji Hati Berdasarkan Warnanya, Tidak Hanya Cinta

Emoji lambang cinta ini memiliki berbagai makna yang berbeda

23 Desember 2023

10 Makna Emoji Hati Berdasarkan Warnanya, Tidak Ha Cinta
Pexels.com/Molly Champion

Berbagai emoji memiliki arti atau makna tersendiri. Maka dari itu, Mama perlu mengetahui beberapa makna emoji agar tidak menjadi salah paham saat sedang berkomunikasi. 

Emoji sendiri kerap kali disematkan pada akhir saat bertukar pesan atau di sebuah deskripsi pada media sosial. Berbagai lambang yang tersedia pada emoji umumnya berkaitan dengan pesan karena ingin disampaikan kepada orang lain. 

Salah satu emoji yang memiliki banyak makna ialah emoji hati. Tidak melulu melambangkan tentang cinta, di dalam emoji hati terdapat berbagai warna dengan makna yang berbeda-beda. 

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum makna emoji hati berdasarkan warnanya. Yuk, simak informasi berikut ini! 

1. Makna emoji hati warna putih

1. Makna emoji hati warna putih
Canva.com/Dwi Oktaviani

Warna putih sendiri identik dengan arti yang suci atau bersih. Dengan emoji berwarna putih polos ini mengesankan hati yang suci. 

Penggunaan emoji putih ini bisa digunakan untuk mendukung seseorang yang baru saja kehilangan orang terkasihnya. Selain itu, emoji ini juga bisa digunakan untuk memperindah caption di media sosial. 

Perlu diingat bahwa emoji ini tidak bisa digunakan untuk seseorang yang baru saja ditinggalkan oleh hewan peliharaannya. Di sisi lain, sesuai dengan konteks pesannya, emoji berwarna putih ini tidak bisa digunakan untuk menunjukkan rasisme atau membicarakan keistimewaan yang berkaitan dengan warna kulit seseorang.

2. Makna emoji hati warna cokelat

2. Makna emoji hati warna cokelat
Canva.com/Dwi Oktaviani

Biasanya orang-orang yang menggunakan emoji hati berwarna cokelat ini untuk menandakan sebuah rasa solidaritas.

Sebaiknya tidak menggunakan emoji hati berwarna cokelat ini jika tak memiliki warna kulit yang sama. Apabila ingin menunjukkan dukungan, bisa menggantinya dengan emoji hati warna merah yang klasik. 

3. Makna emoji hati warna merah dan flat

3. Makna emoji hati warna merah flat
Canva.com/Dwi Oktaviani

Emoji hati yang satu ini tampaknya familier karena seperti lambang hati di sebuah kartu atau deck. Emoji hati warna merah ini memiliki makna yang sama dengan emoji warna merah klasik. 

Keduanya memiliki makna untuk menunjukkan perasaan cinta dan baik. Disarankan agar penggunaan emoji ini tidak terlalu sering karena masih terasa asing untuk beberapa orang. 

4. Makna emoji hati 'Ariana Copy Paste Heart'

4. Makna emoji hati 'Ariana Copy Paste Heart'
Canva.com/Dwi Oktaviani

Emoji hati berwarna putih yang mempunyai garis hitam di luarnya memiliki nama 'Ariana Copy Paste Heart'. Biasanya emoji ini memiliki makna jiwa muda, rasa cinta yang estetik, dan menunjukkan rasa cinta ke sahabat seperti Ariana Grande. 

Sebaiknya penggunaan emoji ini jangan dikirimkan kepada hubungan kasual atau hubungan yang terlihat kasual. 

Editors' Pick

5. Makna emoji hati merah klasik

5. Makna emoji hati merah klasik
Canva.com/Dwi Oktaviani

Emoji hati merah klasik sangat sering digunakan dalam berkirim pesan dan menjadi salah satu emoji yang paling romantis.

Makna lain dari emoji hati merah klasik ini ialah memiliki pesan cinta yang platonis dan tidak lekang waktu, di mana emoji ini digunakan untuk mendukung seseorang yang sedang kehilangan atau berduka. 

Tak masalah mengirimkan emoji ini kepada pasangan di awal-awal menjalin hubungan. Tetapi, sebaiknya jangan mengirimkan emoji ini pada gebetan yang baru dikenal. 

6. Makna emoji hati warna jingga atau oranye

6. Makna emoji hati warna jingga atau oranye
Canva.com/Dwi Oktaviani

Makna emoji hati warna jingga atau oranye ini biasanya dimaksudkan oleh seseorang yang belum bisa berkomitmen untuk menyatakan perasaannya, tetapi ingin tetap dekat dengan gebetannya.

Sebaiknya jangan menggunakan emoji ini untuk seseorang yang benar-benar dicintai. Lain hal jika memang tidak ingin menjalin hubungan dengannya lebih dari seorang teman.

7. Makna emoji hati warna kuning

7. Makna emoji hati warna kuning
Canva.com/Dwi Oktaviani

Makna untuk emoji hati warna kuning ini umumnya dipakai dalam hubungan kekeluargaan, pertemanan, atau hubungan asmara yang telah berubah status menjadi pertemanan.

Salah satunya digunakan dalam momen Hari Ibu Internasional atau dalam percakapan dengan orang lain yang sudah akrab. Kamu bisa menunjukkan rasa kasih sayang tanpa perlu takut terlihat agresif dengan mengirimkan emoji hati warna kuning ini. 

8. Makna emoji warna hijau

8. Makna emoji warna hijau
Canva.com/Dwi Oktaviani

Emoji hati warna hijau ini maknanya lebih menggambarkan perasaan pengirim pesan daripada penerimanya. Warna emoji yang satu ini dapat digunakan untuk orang yang kamu kenal, namun tidak menganggapnya sebagai teman akrab. 

Sebaiknya jangan menggunakan emoji ini pada orang yang sama sekali tidak dikenal. 

9. Makna emoji warna hitam

9. Makna emoji warna hitam
Canva.com/Dwi Oktaviani

Makna emoji hati warna hitam biasanya digunakan dalam mengekspresikan bentuk kesedihan, dark humor, kondisi secara fisik yang tidak baik, mental, dan sosial. Di sisi lain, emoji warna hitam juga bermakna cinta yang mendalam dan sangat romantis. 

Maka dari itu, emoji warna hitam cocok digunakan untuk mengirim pesan kepada seseorang yang paling dicintai. 

10. Makna emoji hati warna biru

10. Makna emoji hati warna biru
Canva.com/Dwi Oktaviani

Emoji hati berwarna biru memiliki makna sebagai hubungan pertemanan yang standar, bukan sebagai sahabat atau teman curhat seperti keluarga sendiri. Jadi, emoji ini bisa digunakan untuk tambahan pesan di grup yang berisi teman-teman biasa.

Itulah emoji hati yang memiliki makna tersendiri sesuai warnanya. Terlepas dari maknanya, emoji hati ini juga bisa digunakan tanpa mengisyaratkan sesuatu hal. 

Namun, tak ada salahnya untuk mengetahui maknanya bukan, Ma? 

Baca juga:

The Latest