5 Aplikasi Membuat Kartu Lebaran untuk Dibagikan di WhatsApp

Share e-card keren di grup WA, bisa dibuat dari ponsel

20 Mei 2020

5 Aplikasi Membuat Kartu Lebaran Dibagikan WhatsApp
Pexels/Bruce Mars
Sedih rasanya Lebaran tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal ini karena kita nggak bisa berkumpul dengan sanak keluarga akibat penyebaran virus corona yang terus berkembang. 
Tapi, silahturahmi sebaiknya tetap terjaga meskipun suasana seperti ini. Kita bisa tetap saling tukar kartu ucapan sebagai perekat hubungan di Hari Raya. 
Saat ini, berkirim ucapan Lebaran sudah tidak lagi melalui SMS. Biasanya, akan berupa e-card yang akan dibagikan ke kontak teman atau keluarga. Popmama.com punya rekomendasi aplikasi untuk membuat kartu Lebaran.
Membuat kartu Lebaran elektronik atau e-card ternyata tidak sesulit yang dikira. Dengan beberapa aplikasi yang bisa diunduh gratis di ponsel, kamu bisa membuat ucapan menarik dan keren untuk dibagikan ke kontak ataupun grup chat
Apa saja aplikasinya? Mari cari tahu!

1. Canva jadi platform desain grafis populer

1. Canva jadi platform desain grafis populer
canva.com
Yang pertama adalah Canva, sebuah platform desain grafis populer. Canva sering dijadikan pilihan untuk membuat desain grafis di sosial media yang tidak butuh ukuran besar. 

Selain untuk membuat presentasi, poster, dan iklan, aplikasi ini juga bisa untuk membuat konten visual e-card Lebaran.
Caranya sangat mudah. Pilih template desain yang disukai dan tinggal masukan teks yang diinginkan. Di aplikasi ini, kamu bisa memilih aneka font, ukuran, dan warna tulisan agar hasilnya lebih keren. 
Aplikasi ini memiliki nama lengkap Canva: Graphic Design, Video, Collage & Logo Maker. Bisa ditemui di Playstore untuk Android atau App Store untuk pengguna iPhone.

Editors' Picks

2. PicsArt ​​​​​​​bisa membuat kartu ucapan penuh warna

2. PicsArt ​​​​​​​bisa membuat kartu ucapan penuh warna
businesswire.com
Seringnya, PicsArt menjadi aplikasi untuk mengedit foto. Dengan kreasi sendiri, kamu juga bisa membuat e-card Lebaran dari aplikasi ini. 
Aplikasi ini memiliki beberapa fitur foto gratis. Carilah yang bertema masjid, Ramadan, atau foto dengan nuansa sejenis. Jika ingin lebih personal, bisa juga mencari foto sendiri dan mengeditnya di PicsArt. 
Setelah memutuskan menggunakan foto yang mana, mulailah mengedit tulisannya. Di aplikasi ini, tersedia beragam font dan warna. Nantinya, kamu bisa menempatkan tulisannya di tempat yang diinginkan. 

3. Adobe Spark Post punya banyak templete desain yang keren

3. Adobe Spark Post pu banyak templete desain keren
spark.adobe.com

Adobe Spark Post lebih mirip dengan Canva. Aplikasi turunan dari perusahaan desain perangkat lunak komputer, Adobe, ini menyediakan template desain yang bisa diedit.

Kamu bisa memodifikasi template yang tersedia di sana untuk membuat e-card Lebaran. Di sini juga tersedia beberapa template bertema Ramadan dan Idul Fitri. 

Setelah memilih yang paling cocok, mulailah menuliskan kata-kata yang diinginkan. Aplikasi yang bernama lengkap Adobe Spark Post: Graphic Design & Story Templates ini punya banyak fitur dan pilihan font yang cukup lengkap.

4. KineMaster bisa bantu buat kartu ucapan dalam bentuk video

4. KineMaster bisa bantu buat kartu ucapan dalam bentuk video
play.google.com

Selama ini, aplikasi KineMaster dikenal untuk membuat video terutama di Youtube dan TikTok. Jika tak ingin mengirimkan e-card saja, maka kamu bisa membuat video di aplikasi ini.

Aplikasi ini memungkinkan kamu merekam video dan mengeditnya dengan mudah. Banyak fitur editing yang mirip dengan software editing video yang ada di komputer. 

Sempatkan untuk membuat video dan kirimkan e-card video kamu yang tidak biasa untuk Lebaran kali ini.

5. Muslim Cards Pro memiliki desain dan font bahasa Arab

5. Muslim Cards Pro memiliki desain font bahasa Arab
play.google.com

Aplikasi ini mengkhusukan diri untuk membuat kartu ucapan Ramadan dan Idul Fitri. Kamu bisa mendesain dan memilih sendiri latar e-card Lebaran. 

Setelah itu, bisa tentukan juga pilihan kata yang akan digunakan. Nilai plus dari aplikasi ini adalah pilihan font bahasa Arab yang bisa digunakan. 

Aplikasi ini memungkinkan kamu bisa langsung mengirimkan hasilnya ke sosial media. Mudah, kan?

Itulah 5 referensi aplikasi membuat kartu Lebaran yang bisa dibagikan di grup chat atau chat pribadi kepada teman kantor, teman dekat, dan juga keluarga. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.