Apakah Ukuran Penis Memengaruhi Kualitas Hubungan Seksual?

Menurut kamu bagaimana? Lihat dulu beragam hasil studi ini biar tahu realitanya

5 Juni 2021

Apakah Ukuran Penis Memengaruhi Kualitas Hubungan Seksual
Dok. Jovee

Memiliki hubungan seksual yang berkualitas tentu menjadi dambaan setiap pasangan. Sayangnya ada berbagai faktor yang menyebabkan hubungan seksual menjadi kurang bergairah.

Jika terjadi secara terus menerus, hal ini akan berdampak buruk pada hubungan rumah tangga.

Berdasarkan studi yang baru-baru ini dipublikasikan oleh Journal of Urology mengklaim bahwa para laki-laki biasanya terpaku pada ukuran penis mereka ketika akan melakukan hubungan seksual.

Studi terbaru yang dilakukan di Inggris, mereka melakukan penelitian dan tinjauan sistematis diketahui bahwa beberapa kelompok etnis tertentu mengalami kekhawatiran terhadap ukuran penis mereka.

Berikut ini Popmama.com akan membahas ulasan sesuai penelitian terbaru terkait apakah ukuran penis memengaruhi kualitas hubungan seksual?

1. Kaitan kualitas hubungan seksual dengan ukuran penis laki-laki

1. Kaitan kualitas hubungan seksual ukuran penis laki-laki
Dok. Jovee

Sebenarnya kualitas hubungan seksual tidak terlalu dipengaruhi oleh ukuran penis suami. Dari segi biologis, penis berfungsi untuk mengantarkan sperma dari testis menuju vagina.

Penis berukuran kecil sebenarnya tidak menjadi masalah.

Saat ini banyak laki-laki yang masih berasumsi bahwa semakin besar ukuran penis, maka semakin baik juga kualitas hubungan seksual.

Padahal sebenarnya belum tentu demikian. Beberapa studi pada perempuan juga menghasilkan data bahwa kualitas hubungan seksual yang mereka inginkan tidak terlalu dipengaruhi oleh kualitas ukuran penis pasangannya.

Ada hal lain yang lebih menjadi perhatian bagi perempuan, bukan sekadar ukuran penisnya saja.

Secara umum ukuran penis yang lebih besar memang disukai, namun hasil kualitas tentu akan semakin berkurang jika ukuran penis menjadi semakin meningkat.

Sebagian orang mengira ukuran penis besar menjadi faktor penting pemuas perempuan.

Padahal nyatanya hal yang sangat berpengaruh dan memberikan keuntungan besar yaitu lama ketahanan hubungan seksual dan juga fungsi ereksi.

Berbagai bukti yang menunjukkan adanya hubungan antara ukuran penis dengan kesenangan hubungan seks serta orgasme yang dialami perempuan sangatlah terbatas.

Dengan kata lain, bukan itu yang menjadi penentu bagi kesenangan perempuan.

Editors' Picks

2. Respons perempuan terhadap ukuran penis

2. Respons perempuan terhadap ukuran penis
Freepik/cookie_studio

Beberapa studi yang dilakukan kepada beberapa perempuan menunjukkan bahwa orgasme yang sering dialami perempuan adalah orgasme klitoris.

Sedangkan ukuran penis tidak terkait dengan jenis orgasme tersebut. Jaringan klitoris pada perempuan sendiri berada dibawah kulit kedua sisi vagina.

Oleh karena itu ukuran penis tidak berkaitan dan tidak terlalu berperan dalam memberikan orgasme bagi perempuan.

3. Perempuan lebih suka penis tebal dibandingkan yang besar

3. Perempuan lebih suka penis tebal dibandingkan besar
Freepik/cookie_studio

Pernyataan yang dikeluarkan oleh BMC Women Health menyebutkan bahwa 45 dari 50 perempuan lebih menyukai penis yang tebal dibandingkan dengan penis yang berukuran besar.

Apa penyebabnya perempuan lebih menyukai penis dengan ukuran tebal?

Hal ini dikarenakan penis yang berukuran tebal dapat memberikan rangsangan lebih pada daerah klitoris. Artinya, penis yang tebal mampu memberikan kepuasan orgasme pada perempuan sehingga ukuran penis bukan menjadi penentu kualitas hubungan seksual.

Studi lain juga mengungkapkan bahwa wanita yang mengeluh tidak mendapat kepuasan seksual karena ukuran penis pasangan, sejatinya terjadi karena mereka tidak bisa mencapai orgasme.

Namun jika orgasme telah dicapai, maka ukuran penis yang kecil sudah bukan lagi sebuah permasalahan yang penting.

4. Bukan soal ukuran, tapi karakter laki-laki menjadi hal penting

4. Bukan soal ukuran, tapi karakter laki-laki menjadi hal penting
Freepik

Dari beberapa penelitian terbatas yang dilakukan pada preferensi perempuan juga menunjukkan bahwa sebagian besar perempuan tidak terlalu berpengaruh terhadap ukuran penis pasangan mereka.

Hal-hal yang lebih mereka depankan antara lain kepribadian, humor, dan juga kecerdasan yang dimiliki oleh pasangannya.

Hal yang sama juga dituturkan oleh dr. Fala Adinda, tim dokter Jovee, “Walau bagi sebagian orang, ukuran memang menjadi pertimbangan sendiri. Tapi sebenarnya secara medis, ukuran tidak memengaruhi kualitas kesuburan. Bila dirasa adanya ketidakpuasan dari salah satu pihak penting untuk berkomunikasi secara lebih terbuka agar bisa mendapatkan jalan tengah, misalnya dengan foreplay yang panjang atau variasi seks lainnya.”

5. Bagaimana jika pasangan malu dengan ukuran penis yang dimilikinya?

5. Bagaimana jika pasangan malu ukuran penis dimilikinya
Freepik/drobotdean

Beberapa studi menyatakan bahwa ukuran penis tidak terlalu berpengaruh terhadap kualitas hubungan seksual. Walaupun begitu kebanyakan laki-laki masih merasa malu dan minder dengan pasangannya jika ukuran penis yang mereka miliki terlalu kecil.

Jika pasangan kamu bersikap seperti itu, maka ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan rasa percaya dirinya.

Hal yang bisa kamu lakukan antara lain:

  • Ceritakan kepada pasangan bahwa kepuasan seksual yang kamu dapat tidak didasarkan dari ukuran penisnya. Namun kepuasan seksual bisa didapat dengan adanya cinta, kasih sayang, dan juga keintiman yang diberikan oleh pasangan baik sebelum maupun sesudah berhubungan seksual.
  • Ingatkan pasangan bahwa ukuran penis bukanlah faktor penentu kepuasan perempuan
  • Beri tahu juga kepada pasanganmu bahwa kepuasan seksual yang didapat karena kamu sangat mencintainya dan bukanlah sebatas pada ukuran penisnya saja.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kualitas hubungan seksual adalah kesehatan yang prima.

Ragam caranya yaitu dengan rajib berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, jalin komunikasi yang baik, tidur teratur, dan rutin mengonsumsi suplemen atau multivitamin.

Agar kesehatan tetap prima, kamu dan pasangan juga bisa menggunakan aplikasi Jovee, aplikasi yang akan membantu kamu menemukan suplemen dan multivitamin yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kamu nggak perlu khawatir dengan jenis suplemen yang direkomendasikan karena nantinya rekomendasi produk akan disesuaikan dengan pola makan, gaya hidup dan juga aktivitas olahraga yang kamu lakukan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.