Dear Mama, Kamu Harus Menyadari Bahwa Dirimu Berharga

Apa kamu menerima perlakuan buruk dari pasangan dan menjadi salah satu yang belum menyadari hal ini?

13 Desember 2018

Dear Mama, Kamu Harus Menyadari Bahwa Dirimu Berharga
Pixabay/pexels

Dalam sebuah hubungan suami istri, terkadang kita menemukan cerita yang tidak seindah apa yang diharapkan. Di mana perempuan diperlakukan tidak baik melalui lontaran kata-kata kasar dari sang suami. Namun, seburuk apapun itu ia tetap bertahan bersama pasangannya.

Ini tidak masuk akal, tapi benar-benar terjadi. Suami yang jahat dan tidak mengerti cara memperlakukan istrinya dengan baik, ini sebuah risiko bagi sebagian rumah tangga.

Tapi, ada hal yang paling menyedihkan adalah ketika perempuan sebagai istri merasa senang diperlakukan tidak tepat, kemudian ia berpikir dirinya tidak berharga.

Ketika seorang laki-laki gagal menyadari dirinya menyedihkan karena berperilaku tidak pantas, maka ada hal yang lebih buruk yaitu perempuan yang merasa puas diperlakukan dengan rendah dan tidak menyadari bahwa dirinya berharga.

Mama, jika kamu terlibat dalam kondisi seperti ini, yuk lihat beberapa hal berikut ini.

1. Mengapa perempuan menerima diperlakukan tidak baik?

1. Mengapa perempuan menerima diperlakukan tidak baik
Freepik/jcomp

Bagaimana seorang perempuan yang sudah diperlakukan tidak baik masih ingin bersama pasangannya? Mengapa dia tidak menuntut perubahan atas perilaku pasangannya?

Mengapa dia membiarkan rasa sakit yang disebabkan pasangannya terus berlanjut dalam hidupnya?

Alasannya karena mereka tidak mampu melepaskan diri dari pasangannya.

Mereka merasa cukup dengan hanya diperlakukan seperti itu saja. Mengapa mereka merasa terikat? Sebagian perempuan kurang menyadari makna harga diri.

“Harga diri adalah kesadaran akan berapa besar nilai yang diberikan kepada diri sendiri.” – KBBI

Editors' Picks

2. Perempuan harus memiliki harga diri

2. Perempuan harus memiliki harga diri
Freepik/bearfotos

Dear Mama, ini mungkin sulit diterima tapi agar diperlakukan dengan baik oleh pasangan, langkah pertama yang harus kamu ambil adalah mewujudkan harga diri kamu sendiri.

Kamu harus menganggap diri kamu berharga. Kamu harus menganggap diri kamu, layak diperlakukan dengan baik. Kamu harus memiliki harga diri yang tinggi dan menghormati dirimu sendiri.

Lihatlah di cermin dan katakan, “Aku tidak jelek, aku berharga, tidak bodoh, dan bisa dicintai.” Apapun hal negatif yang kamu rasakan tentang diri kamu, buanglah. Kamu harus berpikir kamu itu baik dan berharga. 

3. Buatlah pasangan kamu menghormatimu dan menyayangimu

3. Buatlah pasangan kamu menghormatimu menyayangimu
Freepik/sergeycauselove

Kamu harus tunjukan pada pasanganmu, bahwa ia wajib menghormatimu. Kamu membuat orang untuk menghormati kamu dengan cara kamu menghargai diri kamu sendiri terlebih dulu.

Lakukanlah segala sesuatu dengan benar, seperti mengerjakan tugas kantor sesuai waktunya, menyiapkan kebutuhan anak-anak dengan baik, dan cobalah belajar memasak apa yang disukai pasangan dan anak-anak.

4. Psikologi hari ini

4. Psikologi hari ini
Freepik/javi_indy

Kamu mungkin bersedia untuk menghadapi perilaku yang tidak memuaskan kamu, bahkan perilaku yang membuat kamu tertekan, karena kamu merasa beruntung memiliki seseorang yang menjadi pasangan kamu, meskipun kamu sadar kamu tidak bahagia.

Kamu harus berhenti berpikir seperti itu. Berhentilah melihat dirimu melalui sudut pandang yang rendah dan tidak semestinya. Inilah saatnya untuk mulai melihat dirimu melalui refleksi yang jelas sehingga kamu dapat melihat keindahan sejati, dan nilai pada dirimu sendiri.

Begitu kamu mulai menyadari betapa layaknya dirimu diperlakukan dengan manis dan hangat, saat itulah kamu akan mulai membawa diri kamu seperti perempuan sejati.

Begitulah caranya agar kamu dilakukan dengan baik sebagai perempuan yang berharga. Saat itulah kamu akan mulai menuntut untuk diperlakukan secara berhaga dan classy.

Baca juga: 11 Hal Kecil yang Dilakukan Setiap Hari oleh Keluarga Bahagia

Baca juga: Ingin Bahagia? Ungkapkan 5 Bahasa Cinta Ini Pada Keluarga!

5. Apa yang perlu pasangan kamu ketahui?

5. Apa perlu pasangan kamu ketahui
Freepik

Menjalani status hubungan suami istri saja, itu tidak cukup. Harus ada kehangatan di dalamnya.

  • Ia harus rela, dalam arti rela berkorban demi istri dan anak-anaknya.
  • Ia harus berani. Tentunya berani membela dan memperjuangkan harga diri istri dan anak-anaknya.
  • Ia harus tulus. Mencintai istri dan anak-anak tanpa ada hambatan apapun.
  • Ia tergila-gila padamu. Bila perlu, baginya kamu dan anak-anak selalu menjadi nomor satu di hidupnya.
  • Ia selalu ingin mengetahui segala sesuatu tentang kamu. Apa yang kamu lakukan? Apakah kamu baik-baik saja? Apakah anak-anaknya dalam keadaan nyaman?

Itulah yang perlu pasangan kamu ketahui.

Sementara jika pasangan kita bisa melihat ada perubahan baik dalam diri kita, maka perlahan ia pun akan memperlakukan kita dengan lebih baik. Mama harus melakukan perubahan besar, sehingga orang di sekitar juga ikut menyadarinya.

Itulah yang perlu Mama sadari, bahwa setiap perempuan berharga. Bersikaplah selayaknya perempuan yang berharga agar dalam hubungan suami istri, pasangan juga bisa selalu menghargai kamu.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.