Coba Gaya Baru! 9 Cara Ini Tingkatkan Gairah Bercinta dengan Pasangan

Nyalakan gairah bercinta dengan beberapa cara ini, yuk!

26 November 2020

Coba Gaya Baru 9 Cara Ini Tingkatkan Gairah Bercinta Pasangan
Pexels/Andrea Piacquadio

Beberapa pasangan yang telah menikah cukup lama atau baru beberapa tahun seringkali gairah seks mereka mulai menurun, dibandingkan pasangan suami istri yang baru saja menikah. Padahal kehidupan seks sangat penting untuk meningkatkan hubungan rumah tangga yang berkualitas. 

Gairah bercinta yang dulu meletup-letup perlu ditingkatkan lagi dengan berbagai cara agar frekuensi dan sensasinya tetap ada. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui beberapa cara untuk meningkatkan gairah bercinta bersama pasangan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Demi menyenangkan hati pasangan saat berhubungan di atas ranjang. Cari tahu yuk, Ma!

1. Tetap jadikan seks sebagai sebuah prioritas

1. Tetap jadikan seks sebagai sebuah prioritas
Freepik

Menurut sebuah seksolog bernama Dawn Micahel PhD, ada beberapa kesalahan yang sering terjadi terhadap pola pikir seseorang mengenai seks usai menjalani pernikahan bertahun-tahun. 

Seks seolah menjadi tidak prioritas karena beberapa alasan seperti keberadaan anak, stres terhadap pekerjaan dan berbagai masalah-masalah pernikahan lainnya. Bila pasangan sudah tidak lagi menempatkan seks menjadi prioritas, maka ini bisa menjadi salah satu permasalahan di dalam rumah tangga. 

Diskusikanlah bersama pasangan bahwa kebutuhan seks antar pasangan menjadi sebuah tanggung jawab bersama. Berdiskusilah agar seks tetap menjadi sebuah prioritas yang diutamakan untuk memahami kebutuhan satu sama lain.  

Usahakan tidak membuat kehidupan seks bersama pasangan menjadi hambar dan tak menggairahkan.

2. Pastikan untuk saling memuji lebih sering

2. Pastikan saling memuji lebih sering
Freepik

Ma, perlu diingat kalau setiap orang membutuhkan sebuah pujian. Kata-kata pujian yang tulus tentu membuat pasangan seolah diperhatikan dan berharga. 

Walau sederhana, kekuatan dari kata-kata pujian dapat mengubah segalanya menjadi lebih baik termasuk dalam menghidupkan gairah seks. Bahkan psikolog keluarga pun menyarankan untuk membuat masing-masing pasangan perlu memberikan pujian satu sama lain, sehingga memancing sebuah gairah baru saat berhubungan seks. 

Sesederhana apapun pujian yang diberikan untuk pasangan tentu akan sangat berarti. 

3. Matikan semua perangkat elektronik saat menciptakan gairah seks

3. Matikan semua perangkat elektronik saat menciptakan gairah seks
Pixabay/Pexels

Seorang seksolog bernama Claudia Six, PhD mengatakan bahwa perlu sekali menjauhkan barang-barang elektronik untuk meningkatkan gairah seks. 

Saat sedang berdua bersama pasangan, usahakan untuk tidak menganggu keintiman yang telah dibuat. Bangun gairah seks dengan baik dan hindari beberapa barang yang menganggu seperti ponsel, tablet dan sebagainya. 

Editors' Picks

4. Berusaha untuk hindari membandingkan kehidupan seks dengan pasangan lain 

4. Berusaha hindari membandingkan kehidupan seks pasangan lain 
Pixabay/Free-Photos

Kebiasaan buruk dengan selalu membanding-bandingkan kehidupan seks dengan pasangan lain hanya akan memicu rasa iri. 

Konsultan kesehatan seks Celeste Holbrook, PhD mengatakan untuk sebisa mungkin tidak menghakimi apa yang menjadi kesukaan dan ketidaksukaanmu bersama dengan pasangan, tetapi perlu sekali untuk menikmatinya bersama dan bersyukur.

Dengan cara seperti ini, setidaknya dapat membantu agar kehidupan suami istri menjadi harmonis tanpa selalu membanding-bandingkan dengan pasangan lain. 

Perlu diingat kalau setiap pasangan memiliki cerita masing-masing mengenai kehidupan seks mereka. Jadi, usahakan tidak selalu membanding-bandingkan karena ini dapat membuat hubungan menjadi tidak bahagia. 

5. Merasakan sensasi berciuman dengan busana lengkap 

5. Merasakan sensasi berciuman busana lengkap 
Freepik/Lunamarina

Usia pernikahan yang sudah cukup lama seringkali membuat banyak hal berubah salah satunya sudah tak pernah lagi berciuman layaknya awal-awal menjadi suami istri dulu. Padahal sentuhan fisik melalui ciuman termasuk bahasa cinta yang bisa diberikan kepada pasangan untuk membahagiakannya. 

Dr. Harbar mengatakan untuk cobalah untuk kembali berciuman dengan pasangan untuk mengingat kembali masa-masa indah dulu. Ciuman bisa menjadi salah satu bentuk ketertarikan dan cinta antara satu sama lain. 

Jika lebih sering berciuman dengan tanpa busana, cobalah untuk berbusana secara lengkap sebagai cara memancing gairah seks. 

Selain itu, coba lebih sering memberikan ciuman penuh perasaan sayang kepada pasangan di pagi hari sebelum beraktivitas selama sekitar enam detik. Sederhana, namun bermakna untuk membangun kualitas hubungan. 

6. Terbukalah untuk mendiskusikan mengenai fantasi seks bersama pasangan

6. Terbukalah mendiskusikan mengenai fantasi seks bersama pasangan
Freepik/Jcomp

Seorang terapis pernikahan bernama Deb Castaldo, PhD mengatakan bahwa fantasi seks sangat diperlukan dalam meningkatkan sebuah gairah.  

Fantasi seolah menjadi bagian seks yang sangat wajar untuk didiskusikan, sehingga ada sensasi baru saat berhubungan di atas ranjang.

Saat pasangan bisa saling terbuka mengenai fantasi seks dipikiran masing-masing, maka ini bisa diterapkan dan membuat kehidupan seks menjadi lebih seru untuk kedua belah pihak. 

Dr. Holbrook pun mengatakan bahwa fantasi merupakan suatu bentuk bahasa yang digunakan untuk mendeskripsikan keinginan emosional terdalam, sehingga bila ada fantasi pasangan yang dirasa kurang nyaman buatmu atau sebaliknya. 

Namun, saat menerapkan fantasi seks usahakan menyampaikannya dengan cara yang tepat tanpa menyakiti perasaan pasangan.

7. Membuat sebuah keintiman di pagi hari 

7. Membuat sebuah keintiman pagi hari 
Freepik/pressfoto

Keintiman yang dilakukan bersama pasangan bisa terjadi kapan saja. Sesuatu yang intim di pagi hari pun bisa dilakukan untuk memancing semangat dalam menjalani berbagai aktivitas. 

Seorang seksolog bernama Susan Kaye, PhD mengatakan bahwa penting sekali untuk memiliki keintiman saat bangun tidur terutama di pagi hari. Keintiman ini bisa dimulai dari sebuah kecupan kecil sekaligus bertukar kalimat-kalimat manis yang menyenangkan. 

Bahkan keintiman di pagi hari bisa memancing hubungan seks sebelum nantinya kembali pada rutinitas masing-masing.

8. Mengapresiasi kondisi fisik pasangan untuk menyenangkan hatinya 

8. Mengapresiasi kondisi fisik pasangan menyenangkan hatinya 
Freepik

Menyenangkan hati pasangan tidak perlu dilakukan dengan selalu memberikannya hadiah. Tidak ada salahnya untuk mengapresiasi kondisi fisik pasangan seperti matanya yang indah, caranya saat tersenyum dan beberapa pujian lain. 

Tak hanya akan meningkatkan kepercayaan dirinya, hal tersebut juga akan meningkatkan ikatan di antara kalian. 

Bila ada sesuatu yang salah, usahakan tidak terlalu banyak mengomentari kondisi fisik pasangan dengan kata-kata yang buruk karena hanya akan membuatnya kurang percaya diri. 

Seorang terapis seks bernama Tammy Nelson, PhD pun mengingatkan untuk memberi pujian secara spesifik dan tak ada salahnya untuk berkata terang-terangan alias tanpa metafora. Untuk membahagiakan pasangan, usahakan tidak pernah malu untuk mulai memberikan pujian ke pasangan. 

9. Alat bantu seks membantu demi meningkatkan gairah

9. Alat bantu seks membantu demi meningkatkan gairah
id.aliexpress.com

Dalam berhubungan seks, gairah bercinta bisa ditingkatkan melalui cara-cara romantis serta menciptakan kesan menantang saat berada di atas ranjang. Alat bantu seks bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan gairah. 

Sex toys sebagai alat bantu diperlukan dalam menciptakan suasana baru saat bercinta. Apalagi seorang perempuan biasanya membutuhkan koneksi secara emosional yang kuat, sehingga mampu membangkitkan hasrat seksual mereka. 

Beberapa alat bantu seks yang bisa digunakan untuk meningkatkan gairah saat bercinta seperti vibrator, cincin ereksi, penutup mata serta pengikat tangan hingga bulu penggelitik. Perlu diketahui bahwa setiap alat bantu seks memiliki manfaatnya tersendiri, sehingga menciptakan perjalanan seks yang berbeda dari sebelumnya. 

Itulah beberapa cara yang bisa meningkatkan gairah saat sedang bercinta. Selamat mencoba ya, Ma!

Baca juga: 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul: "Nyalakan Lagi Gairah Bercinta dengan Pasangan Menggunakan 8 Cara Ini"

Penulis: Stella Azasya

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.