Eksklusif: Intens Komunikasi, Jadi Kunci Keharmonisan Rumah Tangga Asmirandah dan Jonas Rivanno

Asmirandah dan Jonas Rivanno memiliki prinsip untuk mengomunikasikan segala hal dengan baik, termasuk saat ada masalah

10 Agustus 2021

Eksklusif Intens Komunikasi, Jadi Kunci Keharmonisan Rumah Tangga Asmirandah Jonas Rivanno
Popmama.com/Vandah Team

Tak terasa pernikahan dari Asmirandah dan Jonas Rivanno di tahun 2021 ini akan memasuki usia ke-8. Pasangan yang menikah sejak 22 Desember 2013 ini selalu menjaga keharmonisan rumah tangga mereka dan jauh dari gosip. 

Pernikahan Asmirandah dan Jonas pun bertambah lengkap, setelah dikaruniai anak pertama bernama Chloe Emmanuelle Van Wattimena yang lahir saat perayaan Natal pada 25 Desember 2020 lalu. Mereka berdua pun sering sekali mengunggah foto-foto keluarga di media sosial masing-masing, bahkan saling mengucapkan rasa syukur kepada sang Pencipta. 

Ketika telah mempunyai anak, baik Asmirandah dan Jonas saling berkolaborasi bersama dalam mengurus Chloe. Apalagi usia Chloe mau masuk 8 bulan dan sudah mulai mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI.

Walau fokus mereka berdua sudah berbeda karena harus mengurus dan menjaga Chloe, namun Asmirandah serta Jonas saling membangun sebuah kehidupan rumah tangga yang hangat. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita dari Asmirandah terkait kehidupan pernikahannya sekarang setelah memiliki anak, kali ini Popmama.com telah melakukan sesi wawancara secara eksklusif untuk Millennial Mama of the Month Edisi Agustus 2021.  

Simak rangkuman cerita dari Asmirandah terutama tentang menjaga keharmonisan bersama pasangan, walau sudah punya anak!

Editors' Picks

1. Pandangan Asmirandah tentang keluarga bahagia 

1. Pandangan Asmirandah tentang keluarga bahagia 
Popmama.com/Vandah Team

Setiap pasangan suami istri tentu ingin menciptakan sebuah keluarga yang bahagia, bahkan mempunyai hubungan yang benar-benar berkualitas. Asmirandah sebagai seorang istri pun punya pendapat tersendiri terkait cara pandangannya mengenai sebuah keluarga yang bahagia. 

"Menurut saya pribadi, di dalam keluarga itu perlu ada komunikasi yang baik, komitmen, saling melengkapi dan yang pasti kalau berdoa itu nggak boleh beda-beda. Jadi, kita punya satu doa yang sama," ucap Asmirandah. 

Prinsip-prinsip itulah yang bisa membantu rumah tangga Asmirandah dang Jonas Rivanno mempunyai fondasi kuat, apalagi selalu mengutamakan sebuah komunikasi. 

2. Menurut Asmirandah, permasalahan dalam rumah tangga bisa membuat pasangan suami istri saling belajar 

2. Menurut Asmirandah, permasalahan dalam rumah tangga bisa membuat pasangan suami istri saling belajar 
Popmama.com/Vandah Team

Asmirandah berpendapat bahwa rumah tangga yang bahagia itu, bukan berarti tidak ada saling beda pendapat atau pertengkaran kecil di dalamnya. Apalagi masalah yang terjadi antara pasangan suami istri itu wajar terjadi, bahkan bisa dibilang sebagai bumbu-bumbu di dalam sebuah pernikahan. 

"Kalau tidak pernah berantem justru kita sebagai pasangan tidak bisa saling belajar satu sama lain. Menurut saya, penting sekali untuk melihat akar dalam membangun rumah tangga. Ketika akarnya sudah kuat pasti rumah tangga itu juga akan lebih kokoh dengan sendirinya, apalagi ketika ada masalah," jelas Asmirandah. 

"Ketika akar ini terus tumbuh menjadi pohon, maka nanti akan tumbuh buah. Buah-buah inilah nanti bisa dipetik oleh pasangan suami istri menjadi sebuah kebahagiaan, apalagi kalau buah yang dipetik itu manis," lanjutnya. 

3. Bagi Asmirandah dan Jonas Rivanno masalah dalam rumah tangga itu harus dikomunikasikan dengan baik

3. Bagi Asmirandah Jonas Rivanno masalah dalam rumah tangga itu harus dikomunikasikan baik
Popmama.com/Vandah Team

Setiap kehidupan rumah tangga tentu ada saja permasalahan yang terjadi, baik itu hal kecil atau sesuatu masalah yang besar. Asmirandah pun berpendapat bahwa masalah yang terjadi dalam rumah tangga itu harus dikomunikasikan dengan baik bersama pasangan. 

"Masalah itu tidak boleh didiamkan saja, tetapi benar-benar harus dikomunikasikan. Apalagi komunikasi paling penting dalam kehidupan pernikahan. Kalau kita tidak berani berkomunikasi atau memilih untuk memendam perasaan sendiri justru itu akan berbahaya di kemudian hari," tutur Asmirandah. 

Selama menjalani hubungan bersama, Asmirandah dan Jonas pun mempunyai kesepakatan tersendiri untuk mengomunikasikan apa saja yang terjadi. 

"Apa saja yang saya atau suami lakukan itu sama-sama kita berdua saling berkomunikasi dan tukar pikiran. Setiap kali ada masalah bukan berarti ada pihak harus terus mengalah, tetapi komunikasi itu menjadi hal penting karena salah satu pihak bisa minta maaf terlebih dahulu," jelasnya. 

Saat menyelesaikan sebuah masalah di dalam pernikahan, Asmirandah mempunyai sikap untuk tidak gengsi untuk minta maaf terlebih dahulu. Apalagi kalau memang kondisinya, ia yang berbuat salah. 

"Kalau yang namanya pernikahan itu nggak boleh ada gengsi karena bagaimana juga, kita sudah harus siap menerima pasangan apa adanya. Selain itu, bisa menerima sikap baik dan buruk dia. Saat berumah tangga juga harus ditanamkan sebuah pola pikir, di mana kita akan hidup bersama pasangan untuk selamanya. Dalam artian menikah satu kali untuk selamanya," tutup Asmirandah. 

Nah, itulah beberapa pembelajaran yang bisa didapatkan dari sosok Asmirandah ketika sedang berbicara soal pernikahan. 

Semoga pengalaman dari Mama Asmirandah ini bisa menjadi inspirasi tersendiri dalam membangun hubungan pernikahan bersama pasangan ya, Ma!

Millennial Mama of the Month Edisi Agustus 2021 - Spesial Pekan ASI: Asmirandah

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib
Photographer - Vandah Team
Photo Editor - Razka Ramadhan
Fashion Stylist - Ade Rio 
Asmirandah’s Wardrobe - Barli Asmara

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Asmirandah
Millennial Mama

Asmirandah

"Sejak hamil, saya sudah siap untuk tenang dan bahagia di masa menyusui"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.