Eksklusif: Niken Anjani Ungkap Pentingnya Sebuah Komitmen sebagai Fondasi Pernikahan

Walau sudah punya anak, Niken Anjani dan suami justru tambah mesra

30 Juni 2021

Eksklusif Niken Anjani Ungkap Penting Sebuah Komitmen sebagai Fondasi Pernikahan
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Pernikahan Niken Anjani dan Adimaz Pramono semakin diwarnai dengan kehadiran anak pertama mereka yang lahir pada 20 Maret 2021 lalu. Anak perempuan bernama Anaia Alodie Adimaz semakin membuat Niken dan Dimaz saling berkolaborasi bersama untuk menjadi orangtua. 

Tak terasa usia pernikahan Niken dan Dimaz di 2021 ini sudah memasuki tahun pertama. Pasangan yang resmi menikah pada 6 Juni 2020 ini, setelah memiliki anak punya cara tersendiri untuk menjaga hubungan mereka agar tetap romantis. 

Ketika diwawancarai secara eksklusif untuk Millennial Mama of The Month Juni 2021, Niken mengatakan bahwa penting sekali untuk tidak menyia-nyiakan waktu ketika sedang punya momen berdua bersama suami. Apalagi saat ini, waktu luang sangat sulit dimiliki karena harus mengurus si Kecil setiap harinya. 

Dalam menjalani hubungan bersama Dimaz, Niken pun menganggap bahwa komitmen sebagai pasangan suami istri menjai hal terpenting dan nomor satu. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita detail dari Niken Anjani terkait komitmen sekaligus kehidupan pernikahannya, kali ini Popmama.com telah melakukan sesi wawancara secara eksklusif untuk Millennial Mama of the Month Edisi Juni 2021.  

Simak rangkuman cerita dari Niken Anjani terutama tentang menjaga komitmen dalam pernikahan bersama pasangan yuk, Ma! 

1. Bersama suami, Niken Anjani saling punya komitmen dan kesiapan mental saat sudah memiliki anak

1. Bersama suami, Niken Anjani saling pu komitmen kesiapan mental saat sudah memiliki anak
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot Millennial Mama of The Month dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Kesiapan setiap orang ketika diberikan kepercayaan oleh sang Pencipta untuk memiliki anak tentu akan berbeda-beda, begitu juga dengan Niken Anjani.  

Sebelum anak pertamanya lahir, Niken sudah mempersiapkan mental serta cukup banyak mencari informasi dan bertanya pada orang-orang yang sudah lebih dulu berpengalaman. 

"Bisa dibilang persiapan kita sebagai pasangan memang lumayan matang sebelum anak lahir. Jadi bukan hanya riset, tetapi saya rasa persiapan mental itu menjadi salah satu kunci yang sangat penting. Saya dan Dimaz pun sudah bukan ABG lagi, bahkan bisa dibilang bukan tipe yang orang melakukan sesuatu terus kita jadi ikut-ikutan," jelas Niken saat diwawancarai pada Sabtu (5/6/2021).

Menurut Niken, ia dan suami termasuk tipe pasangan yang cukup santai sejauh ini ketika mengurus anak. 

"Kita santai menjalani ini semua yang penting saya dan Dimaz saling riset. Sama-sama ikhtiar dan berusaha yang terbaik, kalau memang nanti ada yang tidak sesuai ya yaudah. Semuanya kita bawa santai saja," tambahnya. 

Kepada Popmama.com, Niken mengatakan bahwa masa-masa panik ketika baru punya anak itu sudah dilewati bersama dengan suami. Menurutnya, ini memang menjadi momen yang cocok untuk memiliki anak dari segi usia dan kematangan secara mental

Editors' Picks

2. Menurut Niken Anjani, pernikahan tidak akan kuat fondasinya tanpa ada sebuah komitmen

2. Menurut Niken Anjani, pernikahan tidak akan kuat fondasi tanpa ada sebuah komitmen
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Komitmen menjadi salah satu dasar dari hubungan pernikahan yang kuat. Setuju nggak, Ma? 

Sebagai seorang istri, Niken Anjani pun setuju bahwa komitmen dalam membina hubungan rumah tangga menjadi sesuatu yang penting. 

"Komitmen itu sangat penting dan nomor satu bagi saya dalam membina sebuah hubungan. Menurutku komitmen itu harus dilakukan oleh kedua belah pihak, jadi bukan hanya istri atau suami saja. Keduanya itu harus berkomitmen karena it takes two to tango. Kalau hanya satu yang berkomitmen ya akan bubar dan nggak bisa jalan," jelas Niken. 

Ketika diwawancarai secara eksklusif, Niken mengatakan bahwa saling percaya satu sama lain dan komunikasi memang perlu dibina dengan baik oleh pasangan suami istri. Walau terkesan sepele, namun ini menjadi dasar atau fondasi yang bisa membantu hubungan menjadi lebih berkualitas.  

"Selain dua tadi, bisa dibilang kita berdua sebagai pasangan itu saling support dan respect satu sama lain. Menurutku itu penting karena contohnya banyak sekali orang yang tidak bisa respect sama pasangannya sendiri karena merasa lebih sukses," ucap Niken.  

"Menurutku pribadi yang fondasinya harus kuat ya itu tadi. Harus ada rasa percaya, komunikasi, saling support dan respect. Saling support menjadi sangat penting karena kita sebagai suami istri harus bisa bekerja sama. Nggak bisa apa-apa dilakukan sendiri," tambahnya. 

3. Niken Anjani belajar sesuatu saat berperan sebagai Mama dalam beberapa judul film

3. Niken Anjani belajar sesuatu saat berperan sebagai Mama dalam beberapa judul film
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot Millennial Mama of The Month dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Walau baru dalam hitungan bulan menjadi seorang Mama, namun Niken Anjani sudah beberapa kali berperan sebagai orangtua di sebuah film. 

Dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI), Niken berperan sebagai seorang Mama dengan tiga orang anak. Sementara itu, Niken juga beperan sebagai seorang Mama yang cukup protektif terhadap anaknya di sebuah film pendek berjudul My Bubble Baby

Ketika ditanya soal pembelajaran yang dipetik dari karakter-karakter tersebut dan ingin diterapkan kepada anaknya kelak, Niken pun ingin membangun sebuah kedekatan dan komunikasi yang intens. Menurut Niken pribadi, komunikasi yang terus dibangun dengan baik dari kecil tentu akan memberikan kenyamanan untuk anak seiring pertumbuhannya.

"Dari film-film tersebut yang saya pelajari itu sebisa mungkin untuk bisa terus dekat sama anak. Kedekatan ini perlu dibangun agar anak pun pada akhirnya bisa bercerita tentang banyak hal. Jadi inginnya, anak tidak berusaha menutupi sesuatu karena bisa merasa dekat dan mampu berkomunikasi dengan baik atau curhat sama saya," ucap Niken. 

Menurut Niken, kedua karakter seorang Mama yang sudah diperankannya dalam film NKCTHI dan film pendek berjudul My Bubble Baby memberikan sebuah perasaan tentang rasa ketidaknyamanan seorang anak terhadap orangnya sendiri. 

"Dari yang saya rasakan di film NKCTHI khususnya, anak-anak saya tidak merasa nyaman dengan ibunya karena tidak berani jujur dan mungkin ada rasa tak mau menyakiti perasaan orangtuanya. Lalu karakter ibunya di sana juga tidak bisa terbuka dengan anak-anak dan suami karena takut menyakiti perasaan dari keluarga ini. Padahal sebenarnya kalau didiamkan terus, ini justru akan menjadi bom waktu," jelas Niken. 

"Ini jadi pelajaran untuk saya yang ingin lebih dekat sama anak supaya kita bisa sharing bersama. Saya pun pada akhirnya berdiskusi sama pasangan terkait pentingnya komunikasi dalam sebuah keluarga. Sebisa mungkin semua hal dikomunikasikan, meskipun itu pahit karena kalau dibiarkan pada akhirnya bisa jadi bom waktu," lanjutnya.

4. Niken Anjani dan suami benar-benar menjaga komunikasi dalam pernikahan  

4. Niken Anjani suami benar-benar menjaga komunikasi dalam pernikahan  
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Walau sudah punya satu anak, Niken Anjani dan suami justru tambah mesra dalam mengisi hari-hari pernikahan mereka. Dikarenakan waktu untuk berdua menjadi cukup jarang, maka saat ada waktu luang benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. 

"Mungkin karena kita pacarannya satu tahun terus menikah, lalu hamil. Jadi bisa dibilang belum benar-benar pacaran. Dengan adanya anak, kita berdua justru tambah mesra meskipun jarang ditampilkan di media sosial," ucap Niken. 

Kepada pembaca Popmama.com, Niken berpesan bahwa menjaga komitmen dan komunikasi itu sangat penting sebagai fondasi atau dasar sebuah pernikahan. 

"Selain mengurus anak, kita perlu menjaga hubungan suami istri. Intinya harus kompak dulu kalau sudah sejalan baru bisa membesarkan anak dengan baik. Jadi, saya tekankan ke Dimaz terkait menjaga komunikasi dan usahakan tidak ada yang diumpetin atau ditahan-tahan saat ingin bercerita. Jangan sampai nanti ada bom waktu," tutup Niken. 

Nah, itulah sedikit cerita dari Niken Anjani terkait sebuah komitmen yang dijalaninya bersama suami dalam membina sebuah pernikahan.

Semoga cerita dan pengalaman dari Mama Niken ini bisa menjadi inspirasi tersendiri ya, Ma!

#MillennialMama of the Month Edisi Juni 2021 – Niken Anjani

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Photographer - Michael Andrew
Stylist - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Design - Aristika Medinasari & Hilyatul Auliya Habib
Wardrobe - MORAL x Starry (Niken) & Mothercare (Anaia)

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Niken Anjani
Millennial Mama

Niken Anjani

"Apapun yang berkaitan dengan hak Anaia, akan saya lakukan."

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.