Eksklusif: Mengutarakan Perasaan, Jadi Cara Ampuh Daniel Mananta saat Mengatasi Konflik dengan Istri

Daniel Mananta mengaku sempat keluar dari mobil saat ada konflik dengan Viola Maria

13 September 2021

Eksklusif Mengutarakan Perasaan, Jadi Cara Ampuh Daniel Mananta saat Mengatasi Konflik Istri
Dok. Popmama.com

Kehidupan pribadi dari pasangan Daniel Mananta dan Viola Maria memang termasuk jarang diungkapkan ke publik. Daniel sendiri baru cukup intens mengungkapkan pernikahannya di kanal YouTube Daniel Mananta Network dalam sebuah program Journey To Love

Melalui Journey To Love, Daniel dan Viola seolah ingin mengajak para penonton untuk bisa semakin mengenal makna dari sebuah pernikahan. Apalagi perlu kembali diingat bahwa membangun bahtera rumah tangga menjadi proses pembelajaran hidup bagi pasangan suami istri. 

Sebagai pasangan, Daniel dan Viola pun mempunyai perjalanan rumah tangga yang tidak selalu berjalan mulus. Papa dua anak ini ingin berbagi serta menginspirasi banyak pasangan di luar sana untuk sama-sama berjuang menjalani suka duka pernikahan. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita dari Daniel Mananta terkait kehidupan pernikahannya bersama Viola Maria, kali ini Popmama.com telah melakukan sesi wawancara secara eksklusif untuk Millennial Couple of the Month edisi September 2021

Simak rangkuman cerita dari Daniel Mananta yuk, Ma!

1. Bagi Daniel Mananta, evaluasi diri penting dilakukan untuk menyelesaikan konflik 

1. Bagi Daniel Mananta, evaluasi diri penting dilakukan menyelesaikan konflik 
Dok. Popmama.com

Setiap pasangan suami istri tentu ingin menciptakan sebuah keluarga yang bahagia, bahkan mempunyai hubungan yang benar-benar berkualitas. Hanya saja sebuah pernikahan pasti tidak akan selamanya berjalan mulus dan baik-baik saja. 

Begitu juga dengan pernikahan Daniel Mananta dan Viola Maria yang sudah resmi menjadi pasangan suami istri sejak tahun 2011 lalu. Dalam program Journey To Love, Daniel pun sepakat kalau menjalani pernikahan itu tidaklah mudah karena ada banyak tantangan dan permasalahan yang harus dihadapi bersama dengan pasangan. 

Ketika ada masalah di dalam rumah tangga, Daniel yang seiring berjalannya waktu tumbuh dewasa sudah punya caranya tersendiri. 

"Saya sendiri termasuk tipikal orang yang harus diam dulu ketika ada konflik sama pasangan. Di momen itu, saya berusaha untuk evaluasi diri," ucap Daniel pada Kamis (19/7/2021). 

Ketika Popmama.com mewawancarai Daniel secara eksklusif, ia mengatakan bahwa saat ada konflik rumah tangga perlu sekali untuk memisahkan diri terlebih dahulu dari Viola. Menurut Daniel, ini dilakukan agar tidak ada salah satu pihak yang bisa tersakiti apalagi jika emosi sedang sama-sama meledak. 

Terkadang Daniel memanfaatkan waktu sendiri ini dengan berolahraga, seperti lari. Selain itu, ia memilih untuk mendengarkan dan memutar ulang podcast yang pernah dibuat. 

Editors' Picks

2. Daniel Mananta pernah turun dari mobil saat ada masalah dengan istrinya

2. Daniel Mananta pernah turun dari mobil saat ada masalah istrinya
Dok. Popmama.com

Presenter Daniel Mananta memang dikenal sangat disiplin menjalani hidup sehat beberapa tahun belakangan ini. Ia pun rutin mengikuti berbagai marathon untuk menjaga kesehatan tubuhnya. 

Sebagai seorang suami, Daniel pun punya cerita unik ketika sempat berkonflik dengan istrinya di dalam mobil. Di momen itu, Daniel memutuskan untuk keluar dari mobil dan berlari. 

"Ada satu momen ketika emosi sudah mulai tinggi dan itu kejadiannya di dalam mobil, saya keluar mobil dan lari. Ini bukan tanpa alasan justru saya paham kalau terus berada di dalam mobil, saya bisa saja teriak dan bentak. Selain itu, kemungkinan besar berbicara sesuatu yang bisa menyakiti dia," jelas Daniel. 

Demi menghindari hal-hal buruk yang bisa terjadi ketika sedang ada konflik bersama pasangan, Daniel memang memilih untuk memisahkan diri sementara waktu hingga akhirnya bisa sama-sama tenang dan saling berbicara. 

3. Di tengah pandemi Covid-19, Daniel Mananta memilih pindah ruangan saat ada konflik dengan pasangan

3. tengah pandemi Covid-19, Daniel Mananta memilih pindah ruangan saat ada konflik pasangan
Dok. Popmama.com

Selama pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, ruang gerak setiap orang menjadi sangat terbatas. Apalagi ketika diharusnya untuk tetap berada di dalam rumah dan mengurangi berbagai aktivitas yang mengharuskan pergi ke luar. 

Ketika pandemi berlangsung pun permasalahan rumah tangga pasangan suami istri semakin banyak terjadi karena berbagai faktor, bahkan tak jarang ada yang akhirnya memutuskan untuk bercerai. 

Bagi Daniel Mananta, ia punya cara sendiri ketika sedang ada konflik di rumah bersama dengan Viola Maria apalagi saat kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang. Demi memisahkan diri sementara waktu dan mengevaluasi diri, Daniel memilih untuk pindah ke ruangan lain. 

"Ketika pindah ke ruangan lain, saya bisa melakukan hal-hal yang mungkin tidak dilihat secara langsung oleh Viola. Seperti teriak-teriak di bawah bantal terus yang pastinya berdoa dan curhat sama Tuhan," ucap Daniel. 

Cara yang dilakukan Daniel ini dirasa berdampak baik untuk kesehatan mentalnya dan tidak memicu konflik berkepanjangan dengan sang Istri. 

Apalagi ketika berdoa dan curhat dengan sang Pencipta, Daniel merasa pikirannya tenang. Setelah itu, baru bisa berdiskusi kembali dengan Viola dan menyelesaikan masalah yang ada. 

4. Proses diskusi akan dilakukan Daniel Mananta dan Viola Maria ketika pikiran sudah sama-sama tenang 

4. Proses diskusi akan dilakukan Daniel Mananta Viola Maria ketika pikiran sudah sama-sama tenang 
Dok Popmama.com

Cara setiap orang dalam menyelesaikan masalah rumah tangganya bersama pasangan ketika ada konflik memang berbeda-beda ya, Ma. 

Daniel Mananta dan istri pun memilih untuk saling berdiskusi kembali ketika pikiran masing-masing sudah lebih tenang dari sebelumnya. 

"Pada akhirnya ketika sudah kembali ngobrol sama Viola, itu sebisa mungkin jantung udah nggak deg-degan lagi dan pikiran juga lebih rileks. Setelah itu, baru akan mengutarakan apa yang benar-benar saya rasakan bukan perlakuaan Viola," jelas Daniel. 

"Tadi ketika kamu berbicara itu kepada saya. Saya merasa kalau kamu lagi tidak menghormati dan dihargai. Saya pun merasa kalau kamu justru terkesan merendahkanku," lanjut Daniel ketika memberikan sebuah contoh diskusi kepada Viola. 

Ketika sudah bisa duduk bersama dengan pasangan, Daniel mengatakan bahwa penting sekali bisa berkomunikasi dengan baik dan dalam keadaan kepala dingin. Daniel dan Viola akan mengutarakan perasaan masing-masing dari sisi kacamata mereka pribadi. 

Hal tersebut pun sangat penting untuk dilakukan karena bisa membantu menyelesaikan masalah di dalam rumah tangga. 

5. Menurut Daniel Mananta, komunikasi bersama pasangan sangat penting untuk menyelesaikan masalah

5. Menurut Daniel Mananta, komunikasi bersama pasangan sangat penting menyelesaikan masalah
Dok Popmama.com

Komunikasi yang baik dan benar menjadi salah satu dasar dalam sebuah pernikahan, sehingga fondasi bahtera rumah tangga bisa semakin kuat dan harmonis. Ketika ada masalah atau konflik di antara pasangan suami istri, komunikasi pun sangat berperan penting.

Menurut Daniel Mananta, komunikasi bersama pasangan saat ada masalah sangat penting dilakukan. Selanjutnya, pastikan juga untuk tidak lagi membicarakan tentang ego. 

"Perlu diingat juga ketika sudah berbicara dengan pasangan, bukan lagi membicarakan tentang ego dan cenderung menyalahkan," ucap Daniel. 

"Jadi akan lebih baik membicarakan tentang perasaan saya pribadi, ketika ada hal yang memang sedang terjadi. Bukan sesuatu yang Viola lakukan kepada saya sebagai suami. Sebisa mungkin saya menghindari kata-kata yang terkesan menyakitkan hati pasangan," tutupnya. 

Nah, itulah sedikit cerita dari Daniel Mananta sebagai seorang suami ketika sedang mengatasi konflik rumah tangga bersama Viola Maria. 

Dari cerita di atas, Mama dan pasangan pun bisa belajar untuk menyelesaikan masalah rumah tangga dengan baik. 

Semoga pengalaman dari Papa Daniel Mananta ini bisa menjadi inspirasi tersendiri ketika sedang mengatasi konflik rumah tangga ya, Ma!

Millennial Couple of the Month Edisi September 2021 - Daniel Mananta & Viola Maria

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib & Shania Tabina Anandanoe
Foto Editor - Razka Ramadhan

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Daniel Mananta & Viola Maria
Millennial Mama

Daniel Mananta & Viola Maria

"Kami ingin orang mencintai hidupnya dan memiliki harapan baru"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.