7 Alasan Pentingnya Membicarakan Masalah dengan Pasangan

Dapat mengurangi kesalahpahaman antara kamu dan pasanganmu

22 Februari 2020

7 Alasan Penting Membicarakan Masalah Pasangan
Freepik/Rawpixel-com

Dalam menjalani hubungan percintaan dengan seseorang, pasti ada suka duka yang membuat hubungan tidak selamanya berjalan dengan mulus. Tidak jarang, terdapat sebuah konflik dengan pasangan, entah dari salah paham atau ketidakcocokan pendapat.

Perbedaan merupakan hal wajar dalam hubungan, menyatukan dua pikiran memang bukan hal mudah.

Namun bukan berarti tidak dapat diselesaikan dengan baik, untuk melanjutkan hubungan tersebut.

Salah satunya dengan meluangkan waktu untuk berkomunikasi. 

Sekadar mengobrol untuk mencari solusi jika terdapat permasalahan, seperti kesalahpahaman atau merasa tidak cocok dengan sifat pasangan

Berikut ini Popmama.com berikan 7 alasan mengapa komunikasi adalah hal yang penting untuk menyelesaikan masalah dengan pasangan.

1. Menyadari bahwa pasangan merupakan salah satu orang terdekat kita

1. Menyadari bahwa pasangan merupakan salah satu orang terdekat kita
Freepik/katemangostar

Dari kecil, kita sudah diajarkan kalau manusia itu adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri. Sebelum memulai hubungan, pasti masa-masa pendekatan membuat kamu semakin akrab dan dekat dengan pasangan. 

Dalam hubungan percintaan, memang tidak selalu dipenuhi kebahagiaan, canda, dan tawa.

Namun dengan menjalin rasa percaya satu sama lain membuat kamu seharusnya tidak sungkan untuk membicarakan apa yang kamu rasakan dalam hubungan tersebut.

Walaupun mungkin kamu merasa lebih dekat dengan orangtua atau sahabat, namun perlu diingat kalau yang menjalani hubungan adalah kamu dan pasanganmu. Sehingga permasalahan dalam hubungan seharusnya dibicarakan berdua.

2. Membicarakan permasalahan dengan pasangan membuat kamu tidak memendam sendiri

2. Membicarakan permasalahan pasangan membuat kamu tidak memendam sendiri
Freepik

Tidak ada salahnya untuk mengungkapkan apa yang kamu rasakan dengan pasangan, selama tujuannya untuk kebaikan lho! Walaupun merasa bisa mengatasinya sendiri dan menyimpan dalam hati, hubungan dapat bertahan jika keduanya saling terbuka satu sama lain. 

Bahkan memendam masalah sendiri, dapat membuat kamu mengungkitnya kemudian hari jika terjadi permasalahan yang sama. Bisa saja dalam suatu hari kemarahanmu akan meledak karena masalah sepele.

Menyimpan masalah sendiri juga tidak membuat hubungan berjalan dengan mulus, ketika kamu membiarkan masalah yang seharusnya bisa diselesaikan bersama.

3. Menyadari jika pasanganmu tidak dapat membaca isi pikiranmu

3. Menyadari jika pasanganmu tidak dapat membaca isi pikiranmu
Freepik

Mulai saat ini hindari jawaban "gapapa" disaat pasanganmu bertanya tentang kondisimu. Secerdas apapun pasanganmu, ia tidak bisa membaca pikiran seseorang, termasuk kamu lho.

Hindari menunggu ia peka ada perubahan sikapmu. Mulailah mengajak ngobrol pasangan jika sudah mulai ada perasaan kurang enak di dalam hati.

Justru dengan membuka obrolan dengan cepat, masalahmu juga akan lebih cepat terselesaikan.

Editors' Picks

4. Untuk menghindari munculnya kesalahpahaman dalam hubungan

4. menghindari muncul kesalahpahaman dalam hubungan
Freepik

Dalam setiap hubungan dengan pasangan, biasanya berasal dari kesalahpahaman. Apalagi jika dialami oleh pasangan jarak jauh yang sulit untuk bertemu langsung dalam waktu yang lama, sehingga harus berkomunikasi via chat.

Kesalahpahaman memang sulit diselesaikan jika tidak dikomunikasikan dengan baik dan benar. Karena dalam hubungan tentunya dihadapkan oleh dua pola pikir yang berbeda, dan belum tentu bisa sepaham terus menerus.

Ajak pasangan untuk berdiskusi secara langsung, atau bagi kamu yang menjalani hubungan jarak jauh, sempatkan waktu untuk telefon agar pembicaraan lebih jelas dan mudah dipahami.

5. Dengan membicarakan masalah dapat membuat kamu lebih mengenal pasanganmu

5. membicarakan masalah dapat membuat kamu lebih mengenal pasanganmu
Freepik/prostooleh

Jarak pendekatan yang sebentar, mungkin sulit untuk mengetahui seperti apa sifat asli pasanganmu. Sehingga membuat kamu belum mengenal 100 persen bagaimana pasanganmu dalam menyikapi masalah.

Dengan membicarakan masalah dengan pasangan, membuat kamu lebih mengenal pasanganmu dan bagaimana caranya dalam mencari solusinya. Inilah yang pada akhirnya kamu dapat menilai apakah pasanganmu merupakan orang yang tepat atau tidak.

Mengenal satu sama lain dengan baik juga dapat membuat kamu lebih memahami bagaimana caranya menghargai keputusan pasanganmu.

6. Membahas permasalahan langsung dengan pasangan untuk menghidari opini liar orang lain

6. Membahas permasalahan langsung pasangan menghidari opini liar orang lain
Freepik/katemangostar

Seringkali beberapa orang suka curhat dengan sahabatnya tentang masalah percintaannya. Namun, kamu harus memastikan jika sahabatmu ini dapat dipercaya dan memberikan saran yang baik dan membangun.

Namun sebaiknya untuk membahas permasalahan dengan pasangan secara langsung, karena setiap orang tentunya memiliki pandangan masing-masing pada masalah, yang justru akan membuat kamu bingung untuk bagaimana menyikapi masalah tersebut.

Dan yang jadi masalah jika kamu menceritakan hubungan percintaanmu pada orang yang memiliki niat tidak baik. Bukannya membantu, nanti malah menikung!

7. Bersama-sama untuk mencari solusinya yang terbaik untuk hubungan kedepannya

7. Bersama-sama mencari solusi terbaik hubungan kedepannya
Freepik/Yanalya

Setiap permasalahan dengan pasangan tentunya ingin mendapatkan titik terangnya bukan? Dengan membicarakan dengan pasangan secara langsung akan membuat kalian mencari solusi atas permasalahan yang dialami.

Kamu juga bisa mengetahui apa penyebab dari permasalahan tersebut sehingga dapat menghindari kejadian yang terulang lagi. Pada akhirnya kalian bisa menemukan solusi yang baik untuk hubungan kalian kedepannya!

Suka duka dalam hubungan tentu akan selalu ada, namun dengan berkomunikasi dan memahami satu sama lain dapat membuat kamu lebih mengenal pasangan demi kelancaran hubunganmu selanjutnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.