5 Bahasa Tubuh Ini Menandakan Pernikahan yang Sehat dan Bahagia

Percaya atau tidak, bahasa tubuh ini perlu diperhatikan!

11 September 2021

5 Bahasa Tubuh Ini Menandakan Pernikahan Sehat Bahagia
Freepik/cookie_studio

Tanda-tanda kehidupan pernikahan yang sehat dan bahagia ternyata bisa terlihat dari bahasa tubuh seseorang lho, Ma. Para ahli telah menjelaskan bahwa tindakan dan bahasa tubuh bisa menggambarkan bagaimana seseorang memperlakukan pasangannya. 

Bahasa tubuh seseorang yang sudah menikah dapat menggambarkan kehidupan rumah tangganya. Apakah mereka bahagia, sedih atau justru sedang terjebak dalam hubungan yang tidak sehat.

Ingin tahu bahasa tubuh apa saja yang menandakan kehidupan pernikahan sehat dan bahagia? Dikutip dari Times of India, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. Disimak yuk, Ma! 

1. Melakukan kontak mata saat sedang mengobrol

1. Melakukan kontak mata saat sedang mengobrol
Freepik

Apakah Mama dan suami melakukan kontak mata saat sedang berdiskusi atau sekedar mengobrol ringan? Walau terkesan sederhana, namun hal ini menandakan kalau kalian saling terbuka dan mau mendengarkan satu sama lain.

Sebaliknya jika suami terlihat mengalihkan pandangannya, maka ini perlu dipertanyakan. Bisa jadi ini mengartikan bahwa ia tidak tertarik dan ingin buru-buru menyelesaikan pembicaraan. Kalau sudah begitu perlu dicurigai nih, Ma. 

Editors' Picks

2. Memberikan sentuhan lembut tanpa disengaja

2. Memberikan sentuhan lembut tanpa disengaja
Pexels/cottonbro

Saat sedang mengobrol atau melakukan aktivitas bersama, apakah suami selalu memberikan sentuhan kecil?

Sentuhan tersebut bisa bermacam-macam bentuknya misalnya menyentuh wajah, lengan atau mengusap punggung dengan lembut. Perlu diketahui juga bahwa sentuhan menjadi salah satu ungkapan rasa cinta yang dalam di antara pasangan suami istri.

Sebuah sentuhan dapat meningkatkan keintiman, gairah sekaligus perasaan kasih sayang.

3. Meniru kebiasaan satu sama lain

3. Meniru kebiasaan satu sama lain
Freepik/drobotdean

Pasangan suami istri yang sudah lama menikah, secara tidak sadar akan saling meniru kebiasaan satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja bisa terlihat dari gerak-gerik atau ekspresi wajah.

Hal ini artinya Mama memiliki kepercayaan yang besar terhadap suami, begitu juga sebaliknya. Alam bawah sadar seolah membuat Mama secara tidak sadar meniru semua kebiasaan suami. 

4. Tubuh condong ke depan ketika sedang berbicara

4. Tubuh condong ke depan ketika sedang berbicara
Freepik/nensuria

Ketika Mama sedang berbicara, apakah tubuh pasangan terlihat condong ke depan? Kalau iya, maka ini artinya ia benar-benar bersemangat dan tulus untuk mengetahui apa yang sedang pasangannya bicarakan.

Sebaliknya, jika suami memalingkan tubuhnya atau bahkan tidak ada kontak mata saat berdiskusi. Ini bisa mengartikan bahwa ia berusaha menjaga jarak atau tidak terlalu tertarik dengan pembicaaraan tersebut. 

5. Telapak tangan yang terbuka 

5. Telapak tangan terbuka 
Pixabay/Pexels

Saat sedang melakukan pembicaraan serius, perhatikan apakah telapak tangan pasangan terlihat terbuka? Telapak tangan yang terbuka menandakan keterbukaan dan kejujuran. Ini seolah menjadi salah satu pondasi terpenting dari hubungan pernikahan. 

Hal juga mengartikan bahwa ia cukup nyaman untuk mencurahkan segala pikiran dan isi hatinya kepada Mama. Dari sisi lain, ia juga sangat terbuka dengan segala kritik dan saran yang diberikan pasangan.

Nah, itu tadi beberapa bahasa tubuh yang menandakan pernikahan yang sehat dan bahagia. Semoga Mama dan suami memiliki kehidupan pernikahan yang selalu bahagia. 

Baca Juga

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.