6 Tips Tidur Bersama Pasangan untuk Meningkatkan Kemesraan

Yuk, mulai dapatkan tidur yang nyenyak bersama pasangan saat malam hari!

25 September 2021

6 Tips Tidur Bersama Pasangan Meningkatkan Kemesraan
Freepik

Siapa sangka, ternyata cara kita tidur bersama pasangan bisa memengaruhi kualitas hubungan pernikahan. Ada beberapa hal yang memengaruhi kebiasaan tidur seseorang.

Entah itu karena ranjang yang tidak nyaman, sehingga tidur kurang nyenyak. Bisa juga posisi dan jarak tidur yang tidak tepat, atau bingung menentukan pakaian tidur. 

Mempelajari cara tidur yang tepat menjadi cara terbaik untuk menjadi lebih intim dengan pasangan kita.

Mengutip dari laman Your Tango, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa tips saat tidur bersama pasangan untuk meningkatkan kualitas hubungan. 

Disimak ya, Ma!

1. Tidur tanpa pakaian

1. Tidur tanpa pakaian
Freepik/gpointstudio

Cotton USA melakukan penelitian di mana mereka bertanya kepada pasangan jenis pakaian apa yang dikenakan untuk tidur dan seberapa puas mereka dengan hubungan mereka. 

Hasil penelitian menunjukan, sebanyak 57 persen pasangan suami istri yang tidur tanpa berpakaian lebih bahagia, dibandingkan dengan 48 persen pasangan yang memakai piyama. 

Cotton USA percaya bahwa pasangan yang tidur tanpa busana lebih bahagia dan memiliki hubungan yang sangat intim.

2. Tidur dengan jarak berdekatan

2. Tidur jarak berdekatan
Freepik/gpointstudio

Cobalah untuk tidur dengan jarak berdekatan. Apabila Mama dan Papa selama ini tidur berjauhan karena mudah kepanasan, pakailah seprai yang lebih tipis dan naikan suhu AC.

Sebuah survei yang dilakukan di Edinburgh International Science Festival menemukan bahwa dari jumlah 1.000 orang, pasangan yang tidur kurang dari satu inci cenderung lebih bahagia dengan hubungan mereka.

Bisa dibilang, tidur dengan jarak berdekatan dapat membuat pasangan suami istri memiliki hubungan yang bahagia

Editors' Picks

3. Berikan sentuhan lembut sebelum tidur

3. Berikan sentuhan lembut sebelum tidur
Freepik/drobotdean

Sebuah survei yang dilakukan oleh Profesor Richard Wiseman, seorang psikolog University of Hertfordshire di Inggris mengungkapkan bahwa sentuhan memengaruhi kualitas tidur dan hubungan pasangan.

94 persen pasangan yang menghabiskan malam dengan melakukan kontak fisik, merasa bahagia dengan hubungan mereka, dibandingkan dengan 68 persen dari mereka yang tidak saling menyentuh.

Siapa yang tidak dapat tidur dengan nyaman saat diberi sentuhan lembut dari orang yang paling kita cintai. 

4. Tidurlah dalam durasi waktu yang ideal

4. Tidurlah dalam durasi waktu ideal
Freepik/Yanalya

Cobalah untuk tidur malam dengan nyenyak. Durasi tidur yang ideal adalah sekitar 7-9 jam setiap harinya. 

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh University of California Berkeley, jam tidur yang kacau dapat menyebabkan konflik rumah tangga.

Hal ini karena kurang tidur bisa meningkatkan perasaan negatif. Selain itu, kita jadi kurang peka terhadap emosi pasangan. Dengan kata lain, kita cenderung sangat sensitif jika kurang tidur.

5. Lakukan posisi tidur tertentu yang disukai

5. Lakukan posisi tidur tertentu disukai
Freepik/wayhomestudio

Apakah Mama dan Papa memiliki posisi tidur tertentu, misalnya saling berhadapan atau membelakangi? 

Studi dari University of Hertfordshire menemukan bahwa 42 persen pasangan tidur saling membelakangi sementara 31 persen menghadap ke arah yang sama. 

Posisi tidur saling membelakangi sebetulnya tidak masalah, yang penting kalian tetap dekat dan bersentuhan.
 

6. Ketika semuanya gagal, tidurlah secara terpisah

6. Ketika semua gagal, tidurlah secara terpisah
Womansday.com

Untuk memiliki tidur yang nyenyak dan kualitas hubungan yang baik, pasangan suami istri tidak harus tidur dalam satu ranjang yang sama.

Apabila kalian berdua telah mencoba berbagai cara untuk tidur bersama, tetapi hasilnya justru kualitas tidur jadi menurun. Tidak ada salahnya untuk tidur di ranjang yang berbeda.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ryerson Toronto mengungkapkan bahwa 30 hingga 40 persen pasangan tidur terpisah di malam hari. 

Dapatkan tidur malam yang berkualitas, sehingga pasangan suami istri tidak sensitif dan saling membentak saat bangun tidur. 

Nah Ma, itulah beberapa tips tidur bersama pasangan untuk meningkatkan kualitas hubungan. Semoga Mama dan Papa semakin intim serta harmonis.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.